Perkembangan Indonesianers | Total 405 SP Delegasi dan usulan aturan main, keanggotaan

in Indonesia11 months ago

"Melanting menuju tampuk, berkata menuju benar"

Salam Damai Komunitas Indonesia!

Sudah 6 hari sejak akun ini dibuat pada 24 Juli 2021, baru satu postingan yang sempat diposting kalau bikin tiap hari dan dapat vote booming melulu ntar yang lain nggak kebagian kan, hahaha? dan belum ada yang ikutan dalam kontes "beri saya foto profile". Kontesnya masih berlangsung sampai 5 Agustus 2021. Mungkin teman-teman anggota komunitas sedang banyak kesibukan dan masih butuh waktu buat nyari ide yang 'nyelip' di awan, hehehe.


Betapa seringnya kita membuat postingan di KSI ini hanya karena kita tidak tahu harus menempatkan dimana tulisan bebas kita itu. Tidak banyak komunitas yang memberi perhatian pada tulisan bebas seperti di KSI. Sayangnya tulisan bebas kita itu tidak dianggap "layak" mendapat perhatian dari steemcurator yang lain. Hanya booming yang sampai hari ini memberikan perhatian dan sungguh berat tugas moderator menemukan tulisan yang layak diajukan. Kami harus melakukan pengecekan "plagiarisme" dan banyak membaca sumber-sumber lain untuk memastikan bahwa para ahli "paraphrasing" tidak terpilih. Padahal keahlian parafrasa ini bukan main-main pentingnya bagi seorang penulis. Tapi kalau yang anda lakukan hanyalah menyampaikan ide orang lain dengan menggunakan "gaya bahasa anda" tanpa menyebut sumber aslinya, yaaahh 11-12 lah dengan plagiasi. Kenapa kalau menulis ditempat lain anda bisa menyertakan link, atau menulis daftar pustaka, sedangkan di KSI tidak?

Moderator tidak punya energi untuk berdebat soal itu. Mari kita bangun komunitas yang sehat dan tidak beracun untuk kepentingan bersama. Akun komunitas ini harus bisa mendukung anggota hingga "mandiri", dan anggota juga harus memahami bahwa Akun komunitas juga tidak punya "kewajiban" mendukung anggota kan? Kecuali bila anggota turut andil bersama-sama sesuai dengan kapasitas dan keikhlasan masing-masing. Kita akan bahas soal ini pada kesempatan lain nanti.


Lalu apa yang seharusnya diposting? kita bukan orang baru kemarin bergabung dengan steemit, kita adalah komunitas indonesia pertama di steemit yang sangat berpengaruh di masa lalu, bisa meet up dan bikin aneka kegiatan promo steem serta kegiatan sosial lainnya. Kenapa sekarang jadi banyak sekali aturan?

Sebenarnya tidak banyak aturan, Karena sudah bertukar penghuni dan aturan, mari kita menyesuaikan dir tanpa kehilangan "kemerdekaan" kita sebagai pembuat konten berkualitas. Bila sudah bertahun-tahun menulis dengan konsisten dan tidak juga mendapat perhatian kurator, apakah itu salah kuratornya?

Ahh kami menulis karena senang menulis, tidak peduli pada hasil vote atau isi dompet!

Tentu saja kami sangat bahagia bila orang-orang seperti ini adalah bagian dari KSI. Orang-orang seperti ini kan tidak murung bila tidak dapat vote dari booming atau steemcurator, jadi memudahkan kerja moderator juga (hahahha, cok sineuk/ambil sebiji!). Asal semua orang bisa menulis dengan bahagia dan bermanfaat bagi dirinya juga bagi steemit dan orang lain, maka itu sebuah keberhasilan dari komunitas juga.

Aturan main yang tidak pernah ada, tidak bisa diikuti!

Dulu tanpa banyak aturan kita bisa bersenang-senang di steemit (tapi tetap ada yang menjerit karena selalu 0.00), sekarangpun apa bedanya? Apa dengan adanya aturan main, bisa membuat $0.00 jadi $0.5 hingga $70?
Belum tentu!, sebab bisa jadi ada banyak kreator konten yang lebih baik dari kita, ya kan? Mari berhenti membandingkan, mari duduk bicara dengan tenang dan santai, tidak saling curiga. KSI tidak menuntut anda mengerjakan semua tugas-tugas achievement bagi newcomer, namun setidaknya sertakan satu link saja ke "tentang diri anda". Biar Kenal Biar Sayang, cieeee.

Ini rancangan aturan yang nanti akan dibahas serius demi memajukan komunitas.

  1. Postingan hanya dalam Bahasa Indonesia. Bila ada bahasa daerah atau bahasa asing, harap beri tanda |bilingual-apa dan apa|
  2. Postingan wajib dipasang #steemexclusive, sebagai tanda bahwa ini adalah tulisan asli anda sendiri dan belum pernah dipulikasi dimanapun selain steemit (apalagi cross post dari hive)
  3. Minimal 350 kata dan 2 foto milik sendiri yang sesuai tema, dengan kualitas yang layak publiskasi tentu saja. Bila menggunakan foto pihak lain dicari yang tidak memiliki copy right tertentu atau dari #photostocks yang sudah dijamin bebas pakai, namun tetap menyertakan sumber.
  4. Setiap kutipan harus jelas perbedaannya dengan "paraphrasing" dengan mengikuti aturan-aturan anti-plagiarisme
  5. Kami menggunakan plagiarism checker untuk memeriksa postingan anda, bila ditemukan akan mendapat "teguran" dari akun komunitas dan bila masih terjadi akan dilaporkan pada @ endingplagiarism
  6. Wajib mengatur minimal 10% rewards untuk @indonesianers bagi anggota, moderator wajib 25%, tentu saja bagi postingan yang diposting melalui ksi.

Bagaimana dengan Keanggotaan?

Kami merencanakan akan memberikan nomor identitas pada setiap anggota yang sudah diverifikasi akunnya, minimal sudah melakukan Achievement 1 yaitu Perkenalan Diri di Newcomers' community. Apakah itu berarti akun lama juga harus melakukannya? Tidak wajib, tapi lebih baik lakukan saja bila sempat. Sebagian besar kita sudah saling tahu sejak lama, namun banyak anggota baru yang tidak kenal kan?

Contoh Nomor Identitas yang nanti akan disematkan pada akun anda setiap kali posting di KSi adalah sebagai berikut:

id (Indonesia)
A(aceh), B(Banten) JB(jawa barat), Jk (jakarta), dst (provinsi asal atau domisili)
10(nomor)mana yang kelihatan duluan, jadi tidak ada yang lebih mulia karena nomornya kecil atau besar-A (anggota),
A (anggota)
M (Moderator)
D (Delegator)
F (Founder)

Jadi kira-kira untuk @akukamaruzzaman nomornya adalah id-A10m, @kemal13 id-A11m, @cicisaja id-B12m, @dipoabasch id-B50d, dst


Daftar Nomor anggota bisa dipublikasikan pada beberapa kesempatan dan tentu saja, ini belum "tetap" masih berupa usulan dan masih bisa diubah sebelum ditempelkan di dinding komunitas.


Berikut ini adalah informasi mengenai Akun ini.
Sejak dibuat dan resmi menjadi akun komunitas, kita sudah menerima delegasi berjumlah 405 (15 dari steemit tidak dihitung, karena itu otomatis) dan akun belum melakukan perkenalan pada newcomers' community karena masih kurang foto diri dan foto pendukung lainnya yang diharapkan berasal dari hasil kontes.
Daftar Delegator dan jumlahnya seperti tertera pada gambar berikut ini yang ditangkap layar dari https://steemworld.org/@indonesianers

image.png

Demikian saja untuk hari ini, sampai lain kali dan Terima Kasih.

Salam Damai Indonesianers!

foto diatas belum mendapat izin dari modelnya, nanti saya belikan eskrim saja.
Peribahasa diatas bermakna setiap perkbuatan itu harus mempunyai tujuan yang baik dan mengutamakan kejujuran dalam segala tindakan, dikutip dari Kamus Lengkap Peribahasa Indonesia, Penulis/penyusun: Nur Arifin Chaniago dan Arief Budiman, No.3797, halaman 378, penerbit: Pustaka Grafika, 2003.

-cicisaja-

Sort:  

Tetap merdeka dalam berkarya....👍👍

tentu saja.. dan sipa dengan segala konsekuensinya, tidak boleh murung karena kita baru saja dapat medali emas olimpiade..eehh

mungkin perlu ditambah tentang prinsip dan nilai yang diusung komunitas yang bisa tercermin lewat postingan anggotanya, seperti : keberagaman, kesetaraan, kepedulian sosial?

meski selama ini tanpa dibuatpun sudah demikian, tapi komunitas memang perlu memiliki visi dan misi dengan keberadaannya, kan?

 11 months ago 

terima kasih atas masukannya, mudah-mudahan nanti bisa dimasukkan dalam bagian yang yg tepat dalam aturan mainnya

Salam hangat kepada admin @indonesianer.
Sedikit masukkan dari saya, mengenai plagiarism checker sama2 kita tahu memang sangat teruji teknis kerjanya, akan tetapi dalam beberapa kasus saya bersama @resyiazhari pernah menemukan plagiarism checker menampilkan laporan sebuah tulisan yang dikatagorikan phishing 40-50% yang ternyata setelah ditelusuri sumber plagiatnya ternyata berasal dari akun steemit pemilik tulisan itu sendiri. Nah belajar pada kasus yang kami temukan ini dengan seluruh kerendahan hati kami para member di indonsianer memohon agar kiranya pihak admin maupun mod indonesianer apabila menemukan laporan plagiat di plagiarism checker sudi kiranya menguliti dengan tuntas tulisan dari mana dan sumbernya di mana asal yang diceplak itu. Siapa tau setelah diselusuri ternyata berasal dari tulisan postingan itu sendiri.

Untuk lebih mudah dimengerti, coba admin memasukkan tulisan postingan anda ini ke plagiarism checker kemudian tiba-tiba plagiarism checker melaporkan bahwa tulisan ini 40% hasil plagiat yg ternyata setelah ditelusuri itu berasal dari potingan pemilik asli yang ditulis indonesiner itu sendiri.

Terimakasih

terima kasih atas masukkannya dan berikut ini hasil pemeriksaan kami

IMG-20210731-WA0001.jpg

begini bang @nasrol, memang ada lucu2nya itu tools pengecek plagiarism, biasanya kalau sudah 2 hari baru diperiksa memang begitu dia. yg dijiplak adalah postingan itu sendiri, sebagai orang yg melakukan pemeriksaan, apakah kita memutuskan itu adalah plagiarisme?

ya nggak langsung ambil keputusan begitu dong. alat itu cuma salah satu metode saja. yg gratisan ya gitu terbatas daya jelajahnya sedangkan kita manusia punya tools yg lebih keren asli buatan Yang Maha Pencipta.

saya sebelum posting biasanya ngecek sendiri juga, apakah tulisan saya ada unsur plagiarisme nya🤭 iseng kali kan?

Kak @cicisaja terimakasih tas pencerahannya. Saya selaku anggota KSI sangat puas dengan jawaban serta tanggapan baik dari MOD Indonesia, sekalipun yang kita bahas aplikasi orang(plagiarism checker) mod siap memberikan keterangan yang terang benderang. Seandainya comentar ini ada penilaiannya, saya akan berikan bintang lima untuk Mod indonesianers 😃

sama-sama, kan kita harus saling mendukung dan berbagi pengalaman biar maju bersama

Bukan hanya untuk kak @cicisaja mendapatkan bintang 5, untuk anda @nasrol harus diberikan bintang 4 karna selalu setia pada Komunitas Indonesia (KSI) heheheh

@rerifelanai_Han katamah si neuek teuk keu long.

Menurut saya ini ide yang sangat baik dengan memberikan Payouts postingan 10% kepada akun kurasi komunitas, ini minimalnya bukan?
Siapa tau ada yang baik memberikan Payouts 50% dari hasil postingan mereka, hehehe.
Semoga komunitas Indonesia semakin maju kedepannya.

iya, minimal saja biar tidak merasa dipalakin 🤣😂. biar moderator aja yg kita palak😁🤭 tentu tidak dilarang "berinfak" untuk kepentingan bersama.

terima kasih dukungannya

Hehehe iyaaa kak, kita bangun lagi komunitas KSi kak 👍

A (anggota)
M (Moderator)
D (Delegator)
F (Founder

Untuk Lebel nya sudah final seperti ini??

Muslihat!!!

Aku padamu KSI ❤️

foto profile jok sion

Yaya...semakin meusaneut @indonesianers, i love you. Patut didelegasi biar kuat seperti geugasi.

teuma meunan lah bacut, karena dua kaki di sana dan di sini, agak hek bacut loen utk tukar-tukar akun berkomentar.. hahaha, secara moderator yang bertugas cuma 2 ..jadi kadang-kadang tuwo bukan akun nyan kecuali utk peugot postingan

Sejak KSI mandek, aku keliling cari komunitas yang enak buat ngeluarin unek-unek. Jujur belum nemu yang sreg di hati, entahlah kalau hatiku yang belum terbuka sepenuhnya. ( curhaaat ni yeee 😂) Padahal ga PD sih aslinya

Syukurlah kalau KSI mau lagi nampung cerewetku, baperku, norakku biar kata 50% tak bayar lunas deh disetiap postingan, karena utamanya aku nulis itu buat penyeimbang jiwa, ketika kata tak dapat terucapkan, maka jari tangan yang mencurahkan dan imbasnya pembacalah yang harus sabar 😂

Saya sebagai perempuan perlu ruang bicara, karena sudah setumpuk aturan yang melilit di tubuhnya semenjak lahir sampai beranak pinak. Andai KSI dapat menjadi ruang suara perempuan kayak na asiiik nih, dari pada jadi tukang gosip dan di gosipin terangga. Gibaaah....gibaaah...!

Soklah deeeer!!!
Bangun lagi KSI dengan suasana baru, biar pada melek lagi menata masa depan. Kita udah cape sama pertengkaran di media sosial Si Mark. Semoga KSI membuat kita jadi manusia waras lahir, batin, dunia dan akhirat.

Masalah plagiatisme Insya Allah, Aku usahakan gak yaaa.... asli tulisan sendiri sih, kalau copas juga pake sumber na. kecuali copas tulisan sendiri dari media lain itu pernah. 😁

kita penyesuaian aja teteh, kadang memang sulit bagi kita untuk mengikuti aturan baru di lingkungan yang sudah berganti tangan dengan kebijakan yang berbeda dari yang biasa kita lalui. karena ini, KSI cuma bisa survive kalau mau melakukan beberapa perubahan dan mengarah pada komunitas yang dikelola dengan transparan juga partisipatif.

tidak ada ketergantungan pada satu orang saja atau pada seorang "whale" saja, dengan semangatnya gotong royong-nya Indonesia itu, kita harus bangun akun komunitas yang bisa dipercaya dan mendapat dukungan anggotanya juga.

saat ini mungkin belum banyak yang bisa dibuat kecuali maju terus dengan perbaikan di sana-sini. ada beberapa program yang mungkin bisa disusupi semangat komunitas utk menulis dengan baik dan berkualitas saja tidak cukup, tapi setidaknya itu langkah awal. Komunitas yang mandiri, itu saja yang kita perlu sekarang.

Ok Semangat terus yaaak
Doaku menyertai semua Team Indonesia untuk terus maju membangun KSI lebih baik lagi dari sebelumnya.

Emang ada komunitas yang toxic kak di Steemit kita ini? Hihi

Kk @cicisaja mohon araha cara delegasi sp, terima kasih sebelumnya

sepertinya sudah mulai ada penampakan ni....

Coin Marketplace

STEEM 0.23
TRX 0.07
JST 0.030
BTC 20358.95
ETH 1152.46
USDT 1.00
SBD 3.20