Diary Berkebun #8 - Herbs Baru dan Alat Baru

in Indonesia3 years ago

11 Mei 2021

Kalau ditanya asal tanaman saya darimana. Saya akan jawab kebanyakan saya beli secara online. Entah beli tanaman jadi atau masih dalam bentuk benih. Cara ini adalah cara paling mudah bagi saya mendapatkan tanaman dengan harga bersahabat dan tidak repot.

Kok tiba-tiba cerita begini? Iya karena saya baru saja menambah koleksi tanaman saya. Sekedar info saja, saya suka koleksi tanaman yang bisa dikonsumsi. Dan koleksi tanaman baru ini saya sebut para herbs.

img20210512115718.jpg

Saya sebutkan beberapa herbs baru saya. Pertama adalah tanaman yang sering dipakai untuk makanan itali, yakni oregano. Lalu di pot putih bagian tengah terdapat tanaman yang sering dipakai untuk memasak steak, yaitu rosemary. Lalu diujung terdapat dua pot hitam berisi tanaman mint. Terakhir di dalam gelas, bukan tanaman baru tapi saya tanam untuk memperbaharui yg lama, itu adalah bawang daun.

Menanam herbs dalam jumlah banyak seperti ini baru pertama kali bagi saya. Sehingga saya cukup berhati-hati dalam melakukan perawatan. Meskipun banyak referensi yang mengatakan tanaman herbs adalah tanaman yang tidak butuh perawatan setiap hari.

Selain tanaman baru yang saya tanam ini. Saya juga memperbaharui beberapa alat berkebun saya. Salah satunya adalah sekop yang sudah saya gunakan dua tahun. Mungkin karena sudah sering terkena tanah yang basah akhirnya menjadi berkarat dan rapuh. Meskipun sudah menyiapkan yang baru, saya akan tetap menggunakan sekop tua ini sampai memang sudah tidak dapat digunakan lagi.

img20210505120951_1_.jpg

Hari ini pun saya mulai merapikan sebagian kebun saya. Saya menambahkan tanah kepada beberapa tanaman yang memang saat dipindah kekurangan tanah. Kemudian saya memindahkan kacang panjang saya ke sebuah pot yang jauh lebih besar. Di pot tersebut saya juga menambahkan sebuah tiang bambu dengan serabut pula sebagai media rambat.

img20210505120659_1_.jpg

Kemudian saya tambahkan juga pupuk. Pupuk yang saya pakai di sini adalah NPK. Dengan kadar seimbang untuk setiap komponennya. Saya biasa menggunakan jenis NPK ini untuk tanaman yang memang dalam masa pertumbuhan tahap awal.

Terima kasih untuk teman-teman yang sudah membaca cerita saya hari ini. Semoga tidak bosan dengan cerita saya. Saya akan mengupdate kembali cerita berkebun saya dalam diary ini. Saya terbuka untuk masukkan dan saran. Mungkin ada masukkan juga soal tanaman lain, siapa tahu saya belum tanam hehe.

Salam Berkebun.

Penulis : Edwin

Sort:  

Aduuhh... Dikau tetap bisa posting dari KSI tapi pake tagar betterlife dan growyourown bro Edwin🤦🏽‍♀️ biar dapat expose yg cukup, kalau bikin tagar yg nggak jelas komunitasnya.. nggak ada yg baca

ok terima kasih kak sarannya

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 56924.47
ETH 3086.51
USDT 1.00
SBD 2.41