Diary Berkebun #7 - Uji Coba Benih Tidak Produktif Lagi, Apakah Berhasil?

in Indonesia3 years ago

02 Mei 2021

IMG20210505120618.jpg

Beberapa hari sebelum menulis diary ini saya sempat menyemai beberapa benih. Saya mencoba peruntungan saya kembali menyemai tiga benih idaman saya, caisim, selada hijau, dan selada merah. Usaha kali ini saya lakukan berbeda karena saya menggunakan media tisu dan menyemai di dalam rumah. Hal ini saya lakukan karena kegagalan bertubi tubi yang dialami beberapa bulan kemarin. Dan ternyata usaha saya membuahkan hasil, terdapat beberapa tunas baru yang muncul. Perlu beberapa hari sebelum bisa dipindahkan jadi saya tetap merawat di dalam rumah terlebih dahulu.

IMG20210505120712.jpg

Kemudian beralih ke tanaman pandan tercinta saya di luar rumah. Daunnya beberapa mulai menguning. Kemungkinan besar karena usia yang memang sudah tua dan kekurangan nutrisi sehingga mudah sekali menguning. Saya menambahkan pupuk NPK dan beberapa sekop tanah ke dalam pot. Seharusnya dalam beberapa hari ke depan, tanaman pandan akan kembali pulih.

Ada juga beberapa tanaman baru seperti bunga matahari dan kacang panjang. Pertumbuhan kedua tanaman ini cukup pesat sehingga saya harus memperhatikan media dan juga kadar air. Terlebih kacang panjang adalah tanaman merambat, jadi saya menyediakan kayu rambatan khusus. Tinggal menunggu waktu yang tepat untuk memasang sekaligus memindahkannya ke media yang lebih besar.

IMG20210503124601.jpg

IMG20210503124611.jpg

Oh ya, teringat juga akan microgreens kemarin. Saya ingat pernah menanam microgreen wijen putih namun gagal karena benih yang sudah terlalu lama disimpan. Alhasil saya memutuskan untuk menyangrai saja biji wijennya untuk dikonsumsi. Alhasil dapatlah dua botol munggil berisi biji wijen siap pakai. Sekedar informasi tambahan saja, biji wijen ini belum kadaluarsa sebagai bahan makanan ya, jadi aman untuk dikonsumsi.

Sedikit cerita singkat dari saya kali ini. Senang sekali akhirnya bisa update kembali bercerita di sini. Terima kasih semuanya.

Penulis : Edwin

Sort:  

Aku penasaran...pohon wijen seperti apa🤔

batangnya kecil seperti tomat tapi tinggi kak, saya juga ada tanam sih, tapi masih mungil hehe
Mungkin kalau sudah gede bakal saya share di sini

Siiippp.. ditunggu, ntar kalau banyak sekalian share cara bikin minyak juga 😃 ooppss... Nggak kok

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 56934.21
ETH 3091.02
USDT 1.00
SBD 2.38