Catatan Harian Game Splinterlands: Kita Kipas Semua!

in Indonesia3 years ago

Salam Indoensianers!

Sudah seminggu lebih tidak bikin postingan sendiri kecuali postingan menggunakan akun @indonesianers dan saya benar-benar tidak berdusta bila saya katakan sangat "tenggelam" dalam permainan splinterlands sekarang. Meskipun saya sudah tidak memainkan battle setiap hari namun kesibukan menjawab pertanyaan dan membimbing pemain baru di server SPL-Indonesia yang saya buat, benar-benar menyita waktu dan perhatian.


Saya masih tetap berusaha "mengeruk" sedikit keuntungan dengan membuat postingan mengenai aktifitas itu di hive dan splintertalk.io hanya untuk mendapatkan seidkit tambahan token SPS yang harganya belum juga menetap di angka yang ditetapkan sejak awal. Game server juga sering mengalami masalah karena serbuan ribuan pemain baru setiap harinya dan saya yakin benar bahwa tim pengeloal game sudah merencanakan hal-hal yang lebih besar dan lebih baik dari yang terjadi selama ini.

image.png
ini adalah gambaran pertempuran yang dilakukan oleh akun game saya, bisa ditonton ulang di link ini

image.png
ini akan muncul pada akhir pertandingan memuat informasi berapa rating naik bila menang (turun bila kalah) dan berapa angka pendapatan DEC dari pertandingan tersebut. DEC ini sekarang berada di kisaran $4/1000 DEC.


Game ini sudah diberi tanda sebagai "playtoearn" atau main untuk menghasilkan nafkah, LOL. Dari yang awalnya dikenala sebagai "PayToPlay", meskipun sebetulnya memang masih Pay to Play kok. Main aja memang gratis kalau cuma memilih berlatih. Sedangkan untuk bisa "to earn" harus keluar modal $10 untuk membeli spellbook (buku mantera)nya. Saya sarankan belinya pakai Kripto seperti Eth, BTC atau BIDR saja. Bisa juga beli pakai SBD (sekitar $1.5 SBD) dan beberapa jenis kripto lainnya.

image.png

Musim baru berakhir 10 hari lagi, namun akun saya sudah berada di liga Gold 2, menuju Gold 1 dan bila menuntaskan tugas harian yang hari ini adalah bertempur menggunakan Splinter Water, saya akan mendapat hadiah gratisan sebanyak 7 peti yang isinya bisa jadi cuma kartu biasa bernilai $0.1 atau 10 DEC, bisa jadi "potions" dan sejumlah DEC juga

Lalu dimana "earn"nya?

image.png
dari 16 perrtempuran, hanya menang 7, jadi pendapatannya cuma 500-an DEC hari ini. Kalau bisa menang semua sudah dapat 1000-an DEC, hahahaha. Bot saya tidak lemah sebenarnya, tapi lawan memang punya kartu dan strategi lebih baik!


Kalau saya mau kan tinggal jualin aja DEC-nya tiap hari buat dirupiahkan? tapi saya tidak melakukannya karena setiap DEC yang saya simpan dapat menghasilkan SPS Token yang meskipun harganya tidak seberapa mana, namun senang saja bisa melihatnya bertambah setiap detik dengan cara "stake" atau menyimpannya dalam bentuk Stock/saham. Simpannya tidak perlu jauh-jauh ke "exchange" tapi cukup in-game (dalam akun game saja). SPS juga bisa dijualin siyh, tapi sekarang harganya cuma $0.3, mendingan simpan aja dulu kan?

Hari pertama SPS mulai dibagikan, saya sempat juga meng-uangkannya, saat itu harganya $0.8, dan saya menjual 75% saja sehingga hasilnya cuma kurang dari $360 dalam bentuk BUSD. Gara-gara itu saya jadi harus belajar membuat Trust Wallet. Mendaftar di Binance.com (yang nggak bisa diakses karena jaringan telkomsel mengingatkan agar berhati-hati) sehingga saya memilih mengunduh aplikasi Trust Wallet. Namun kemudian saya juga berhasil membuat akun di Binance Smart Chain setelah mengunduh Aplikasi Toko Crypto.

image.png

ternyata memang harus teliti benar kita saat melakukan transaksi, karena masing-masing wallet punya afiliasi dan "pool" sendiri-sendiri. Sempat kalang-kabut karena DEC yang saya kirim dari akun game ke BSC ternyata tidak muncul seketika, sebab harus melalui satu exchange lain yang berjudul pancake.swap. Nah si Pancake ini ternyata ada link phisingnya. Saya hampir saja kehilangan DEC itu bila saja saya tidak teliti membaca Binance Smart Chan yang digunakan sebagai akun intercept sedangkan yang benar adalah Binance Smart Chain.


Game ini akhirnya bisa memaksa saya untuk belajar tentang menggunakan dompet kripto dan melakukan transakasi sederhana seperti menjual BUSD dan membeli BIDR, membeli TKO dengan BIDR, mentransfer BUSD dari Trust Wallet ke dompet Toko Crypto dengan memperhatikan "chain"nya. Saya belum mencoba cara memindahkan asetnya ke Rekening Bank, karena memang belum punya rekening yang "supporting" untuk proses ini. Mau pakai BRI, nanti rekening saya ngambek, hahaha. Sudahlah belum disyariahkan, dimasukkan pula uang hasil main game kan? bercampur-campur, hilang berkahnya pulak.

image.png

Jumlah SPS yang saya stake, sekitar 4ribu lembar, namun tiap detiknya angka 4 ribu itu bertambah 0.01 sesuai angka APR (Annual Percentage Rate) yang angkanya masih besar banget karena tidak banyak pemain yang "staking" SPS tokennya dan sedang menunggu harganya naik untuk dijual tentu saja. Kenapa di stake ngga dijual aja?. Saya berencana untuk main lama dengan game ini dan ada beberapa fitur baru yang akan diluncurkan yang memberikan syarat "hanya bisa diakses apabila punya sejumlah Staked SPS". Lagi pula kalau "kepepet" kan ada yang bisa bantuin cepat karena SPS tokennya sehari sama nilainya dengan SPS token saya kumpulin selama 10 hari.

  • Main dapat DEC, tukar jadi duit
  • Main dapat DEC, simpan dapat SPS
  • Main dapat kartu, jual kalau perlu
  • Main dapat kartu, simpan dapat SPS
  • Main dapat kartu, kartunya diburn jadi DEC
  • Main dapat kartu, kartu disewakan, dapat DEC dan tetap dapat SPS
  • SPS dapat tiap hari, Jual jadi duit
  • SPS dapat tiap hari, simpan dapat SPS lagi.

Jadi, main memang dapat DEC yang merupakan Currency/mata uang dalam game yang bisa langsung dijual jadi Fiat (mata uang asli) bisa juga disimpan sehingga menghasilkan token SPS yang bisa dijual juga jadi Fiat.
Jangan tanya bagaimana proses jual beli itu dilakukan dan dimana, karena Saya belum pernah mencoba satupun dari skenario jual-beli itu sendiri. Mainnya susah nggak? Kalau dipikir susah, kalau sekedar main tanpa mikir bakal dapat apa dan berapa, mungkin jadi lebih mudah. Setidaknya begitulah pengalaman saya selama ini. Saya suka kartunya saja, saya kumpulin dari setiap hadiah hasil bertempur dan biasanya saya kombinasi sampai mencapai level maksimal dan sisanya saya pinjamkan kepada teman yang butuh atau sekarang saya sewakan saja untuk sekedar mendapatkan 0.1-1 dec/hari dari jasa penyewaan kartu yang sudah tersedia.

image.png
Saya menyimpan kartu yang tidak terpakai untuk bertempur diakun @dipoabasch dan menyewakan kartunya kepada pemain lain melalu https://peakmonsters.com dan begitu lah hasilnya. Sudah menghasilkan 112 DEC/hari yang masuk langsung ke akun, Alhamdulillah. Daripada kartunya berdebu, diam cuma menghasilkan 0.00, 112 DEC per-hari itu sungguh lebih baik.

Saya sudah lebih mirip pengusaha sekarang yaa? hahahaha.. jujur saja, selama 3 tahun main game, saya memang belum sekalipun merasakan "uang"nya dalam dunia nyata ini. Mungkin nanti akhir tahun saja, saat dapat bagi hasil dari beberapa aset yang saya simpan di akun milik orang lain, hehehe. Saya tidak punya kesibukan lain, juga tidak punya banyak keahlian selain mengurus suami dan berkomentar. Jadi mendapat penghasilan pasif dengan main game begini, memang sesuatu hal yang luar biasa buat saya. kan ada hasil dari steemit?, ya ada dan sudah pernah saya nikmati hasilnya sedikit saja (itu sesuai dengan modal yang saya investasikan dulu), tapi sisanya saya biarkan saja dalam akun sama seperti yg di akun hive. Menulis dan bermain kan beda rasanya.

TLDR niyh...hahahahaha

Sort:  

That brat Hana faham kak..!

hanya untuk penggemar game, bang muhammad.. bek neu baca that postingan loen, hahaha TLDR nyan arti jih Too Long Don't Read

Hahaha ,suwah long les ile bak yang ahli inoe..meuhan lage cima e saman

abeih watee neuh, neu seumeubeut mantong bang... bah aneuk miet nyang meu'en game nyo

kajeut ikot e-sport sang..hehe

loen manajer mantong, hana semangat kompetisi dalam tuboh.. jadi nggak cocok jeut keu atlit

Ini game nya ya yang mbak Cici omongin ??? Hehehe

yoiii... mana ada aku main game lain, cuma ini aja

Mbak Cici Gimana Nih kalau mau ikutan main, cara regristrasi nya gmn nih, agak bingung hehehe

ini nggak bisa registrasi biasa, kalau mau main serius harus beli spellbook. tapi tidak disarankan kalau belum paham cara main, rugi nanti. sebaiknya belajar do di how to play dan bikin akun hive sebelum beli spellbook dan pastikan pake metamask dan BSC wallet biar lbh gampang nggak pake lama.

Oalah tadi udah coba main baru naik ke bronze emang masih rada bingung sih gimana gitu mainnya

saranku ... kamu baca semua how to playnya dan search juga di youtube tentang cara mainnya, sudah ada yang versi indonesia buatan anak2 baru kok.. gampang kalau udah terbiasa nanti awal-awal memang membingungkan.. karena banyak kartu yang harus dihafal kemampuan dan manfaatnya dalam battle

Iya Siap Mbak Cici Pelan-pelan Saya akan Pelajari

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 67978.59
ETH 3270.89
USDT 1.00
SBD 2.65