Steemit Engagement Challenge S12W4 | Decide, act and release.

in Reflexiones de Vida11 months ago

Assalamualaikum, teman semua!!

burnsteem25.jpg

Apakabarmu hari ini?, Semoga selalu dalam keadaan baik-baik saja. Pada hari ini, saya akan mengikuti sebuah tantangan yang luar biasa di komunitas ini, dengan tema "Decide, act and release". Saya mengundang orang dekat saya seperti sahabat @cymolan kemudian juga senior-senior yang seperti pak @muzack1 pak @ridwant @elrazi dan lain-lain.

ada beberapa point yang harus kita jawab dalam kontes ini, diantaranya yaitu :

Apa arti pengampunan bagi Anda?

image.pngsumber : pixabay

Menurut saya pengampunan itu adalah sebuah tindakan mengikhlaskan ataupun memaafkan sebuah permasalahan atau kebencian bahkan kedendaman terhadap seseorang. Sehingga dengan adanya pengampunan kiranya dapat memperbaiki sebuah hubungan yang rusak ataupun bisa kembali akur. Terkadang sebuah pengampunan itu tetap menyisakan sebuah dendam, jika pengampunan itu tidak dari hati yang dalam dan benar-benar ikhlas. Disis lain pengampuanan itu di anggap sebagai awal dari perdamaian demi menciptakan sebuah kenyamanan dan ketentraman dalam hidup.

Jika sebuah masalah tanpa diselesaikan dengan jalur pengampuanan, masalah itu tidak akan pernah ada ujungnya untuk kebaikan Yang ada hanyalah sebuah kebencian. Masalah kecil saja harus ada pengampuanan atau kemaafan, apalagi masalah yang besar.

Di masa kecilmu, apakah kamu ingat orang tuamu memaafkanmu atas kenakalanmu? Beritahu kami tentang hal itu.
Orang tua adalah manusia yang paling ikhlas yang ada di dunia ini. Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Di masa kecil, Hampir setiap hari saya melakukan kesalahan yang membuat mereka kesal dengan saya, bahkan membuat mereka marah dan merugikannya. Namun mereka tidak pernah menyimpannya dan selalu memaafkan kita, tanpa ada syarat selain berharap supaya kita menjadi lebih baik. Siang malam mereka selalu mendoakan kita supaya menjadi pribadi yang baik dan bertanggung jawab. Mereka rela mengorbankan segalanya demi kita, walaupun banyak dari anak-anaknya tidak memahami itu. Semoga kita menjadi orang yang mendapatkan hidayah yang akan memikirkan jasa orang tua.

Apakah Anda menganggap diri Anda sebagai orang yang pendendam?

image.pngsumber: pixabay

Dendam adalah sebuah perilaku tercela dan di larang dalam ajaran kami. Dalam Islam mengajarkan saya bahwa kita harus saling memaafkan karena Allah SWT itu Maha Pengampun. Kita menjadi manusia harus saling memaafkan dan tidak menjadi sombong. Maka dari itu, semua kesalahan yang di lakukan kepada saya, maka saya selalu memaafkan mereka, meskipun itu berat bagi saya. Jika orang yang pernah berbuat sebuah kejahatan kepada saya maka selalu memaafkannya, tetapi jika kesalahan tersebut terlalu mendalam maka saya akan sedikit mengingatnya dan tidak lagi mendekatinya. Sekalipun saya tidak dendam dan tidak ingin membalas kejahatan yang dilakukan kepada saya, tetapi saya akan menjahuinya dan tidak lagi mendekatinya. Jika yang melakukan kejahatan pada diri saya adalah teman dekat, maka saya memilih untuk menjahuinya dan tidak ingin membalas kejahatan yang dilakukan kepadaku.

Ceritakan kepada kami sebuah cerita singkat atau anekdot, di mana giliran Anda meminta maaf atau sebaliknya, di mana Anda dimintai maaf.

image.pngsumber:pixabay

Suatu ketika pernah kejadian menyimpa diri saya dan saya tidak ingin menyebut orangnya dan organisasinya. Saat itu saya mendapatkan sebuah hukuman kepada diri saya yang padahal tidak wajar dilakukan kepada saya. Mereka tidak tahu bahwa saya sudah mendapatkan izin untuk melakukannya, tetapi mereka malah menghukum saya seperti orang yang lainnya yang tidak ada izin sama sekali. Ketika saya dihukum, saya berusahan menjelaskan yang bahwa sudah ada izin untuk saya, namun mereka seperti emosi dan tidak mau mendengarkan penjelasan saya. Wajar saja mereka tidak mau mendengarkan saya, karena ketika itu saya masih kecil dan bukan siapa-siapa. Maka dengan rela saya menjalani hukuman seperti orang lain yang melakukannya.

Singkat cerita, keesokan harinya orang yang menghukum saya tersebut datang menjumpai saya untuk meminta maaf, karena sebelumnya mereka sudah mendapatkan teguran dari atasan karena menghukum saya. Maka dengan hati yang lapang saya selalu memaafkannya, saya hanya sedikit merasa sakit hati ketika dihukum namun itu semua sudah saya ikhlaskan. Saya berharap untuk tidak terulang lagi kesalahpahaman seperti ini untuk kedepannya.

Sekian postingan kali ini Terima kasih buat teman-teman yang telah membaca dari pertama dan sampai habis.


baawah.png
Wassalam
@walictd

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Loading...

Una accion tan liberadora y sublime como el perdon, es la verdadera esencia del amor de Dios, Dios que fue el primero en perdonarnos cuando no somos merecedores de tanta misericordia; es nuestra eleccion vivir en libertad o prisioneros del rencor y otros nefastos sentimientos. Exitos en tu estupenda entrada

Terimakasih banyak teman, atas dukungan yang anda berikan

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 57951.76
ETH 2347.51
USDT 1.00
SBD 2.36