SEC-S12W4: "Decide, Act And Release"

20230925_222515_0000.pngCanva

Suatu kebahagiaan bagi saya bisa kembali berpartisipasi di "Steemit Engagement Challenge S12-W4" dalam sebuah tema "Decide, act and release" yang mencuri perhatian saya untuk dapat meramaikan topik kali ini. Dan dengan senang hati, saya mengundang beberapa teman lainnya agar dapat bergabung bersama saya di sini! @harferri @irawandedy dan @ridwant tamu spesial saya supaya bisa berpartisipasi dalam subtema menarik Minggu ini.


What does forgiveness mean to you?

Menurut saya, pengampunan adalah tindakan atau proses memberikan maaf dengan menghilangkan hukuman terhadap seseorang yang telah melakukan kesalahan maupun pelanggaran bagi seseorang dan sebagai bentuk perdamaian atau penyelesaian konflik antar individu yang kerap terjadi kesalahpahaman satu sama lain dan diantaranya ada beberapa faktor berkaitan dengan sisi Negatif. Ya, diantara kasus kesalahpahaman/ bermain Fisik sehingga di berikan hukuman oleh pemerintah atau otoritas hukum Negara meskipun pengampunan bisa datang berbagai bentuk ia salah satu pengampunan secara pribadi jika langkah tersebut berisi sifat atau berkaitan permasalahan individu yang umumnya terjadi.

In your childhood, do you remember your parents forgiving you for any mischief? Tell us about it.

Bernostalgia membuat saya kembali mengingatkan pada masa kanak-kanak yang penuh dengan warna tanpa memikirkan beban hidup dan segala kebutuhan finansial dapat terpenuhi dengan menyampaikan kepada orang tua. Seiring berjalannya waktu usia yang mulai tumbuh dewasa seperti sekarang tidak luput peranan utama dari sosok kedua orang tua dengan memberikan nasehat dan beberapa edukasi untuk saya jalankan di masa depan.

Namun, sebagai seorang anak-anak lazimnya pasti memiliki berbagai kenakalan seperti remaja pada umumnya dan diantaranya pernah saya alami walaupun tidak begitu nakal seperti generasi-generasi sekarang ini yang banyak terjerumus di luar nalar orang tua kita. Mungkin dari banyaknya kesalahan yang saya lakukan dan paling berat adalah, bolos sekolah berawal mengundang kemarahan dari orang tua saya. Itupun diajak oleh teman sebangku sekolah sisi lain faktor aturan dari rumah sekolah "setiap murid yang datang terlambat akan mendapatkan hukuman" hingga pada hari itu, saya terjebak razia polisi sampai di berhentikan, dengan raut wajah takut, gemetar sudah bercampur aduk.

Karena saya tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM) dengan terpaksa menerima surat tilang pertama kalinya dan membuat saya terlambat sampai ke sekolah. Namun entah mengapa! Dalam perjalanan menuju sekolah bertemu dengan teman sebangku sekolah hingga beliau menegur saya agar tidak masuk sekolah karena sudah terlambat...

Rayuan pun maupun tiba...ala-ala anak nakal pada umumnya pun keluar dari mulut manisnya sehingga saya mengiyakan untuk bolos sekolah dan nongkrong di tepi pantai dengan membeli beberapa Snack makanan dan apesnya lagi, saat bolos bertemu seorang yang tak lain tentagga saya sehingga beliau memberi tahukan hal ini kepada orang tua saya dan dalam hitungan menit saya menerima panggilan telepon dari ibuku untuk segera pulang ke rumah.

Berbagai ceramah saya dengarkan walaupun tidak ada kekerasan fisik, tetapi sebagai seorang anak tentu saja sangat menakutkan ketika mendapatkan teguran keras dari orang tua hingga berakhir saya tidak mendapatkan kendaraan plus uang jajan ia efek kenakalan saya sendiri dan ini adalah mutlak salah dan sudah sepatutnya saya meminta maaf kepada orang tua yang membuat mereka kecewa atas kejadian ini.

Do you consider yourself to be a grudging person?

Tidak, saya bukanlah karakter orang-orang yang mempunyai sifat pendendam karena orang tua selalu memperingatkan tentang hal ini agar menjadi orang yang selalu memberikan maaf kepada siapapun walaupun itu kesalahan besar. Karena menjadi orang dendam tidak menemukan kebahagiaan kelak akan menjadi hidup tidak terasa nyaman dan saya sangat percayai hal tersebut sebagai mana yang telah diajarkan dalam agama saya Islam seperti hadist tersebut.

وَاِنْ عَاقَبْتُمْ فَعَاقِبُوْا بِمِثْلِ مَا عُوْقِبْتُمْ بِهٖۗ وَلَىِٕنْ صَبَرْتُمْ لَهُوَ خَيْرٌ لِّلصّٰبِرِيْنَ

Artinya: surat, An-Nahl ayat 126. Dan jika kamu membalas, maka balas lah dengan (balasan) yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang yang sabar. Sumber

Tell us a brief story or anecdote, where it was your turn to ask for forgiveness or, on the contrary, where you were asked for forgiveness.

Hal ini sering terjadi pada hari-hari lebaran Idul Fitri yang menjadi budaya kami sebagai umat muslim untuk saling bermaafan baik itu kesalahan sengaja ataupun tidak di sengaja yang kerapkali terjadi pada individu. Terkadang ada perkataan kata kurang menyenangkan membuat seseorang merasa sakit hati meskipun itu, bukanlah unsur kesengajaan dan sebagai insan biasa pastinya kita memiliki berbagai kesalahan yang tidak pernah kita sadari. Jadi kami pada moments lebaran kami melakukan hal itu untuk tidak saling benci antar umat muslim dan selalu hargai satu sama lain sebagai mana Allah SWT menyukai umatnya untuk saling bermaafan dan saling menghargai satu sama lain.

Sort:  
 10 months ago 

Saludos amigos.

Es el perdón una gran herramienta que tenemos a nuestro favor para librarnos de todas las cosas que internamente pudieran están afectando nuestro ser, por acciones que cometieron otros en nuestra contra.

Cuando aprendemos a perdonar nos hacemos más fuertes de espíritu y nada puede hacernos daño, está en nosotros dejar ir todo el rencor de nuestro ser además muy necesario.

Cuando somos niños es normal que hagamos travesuras, lo mejor de todo es que siempre nuestros padres. nos van a perdonar. Es bueno no seré una persona rencorosa, eso nos llena el corazón de alegría permanente.

Buena suerte con tu participación

Thank you for this comment and I hope you will succeed, friend.?

Congratulations! Your Comment has been upvoted through steemcurator07. We support good comments anywhere..

comentario.png

Curated by : @wilmer1988

TEAM 4

Congratulations! Your post has been upvoted through steemcurator07. Good post here should be..


post.png

Curated by : @wilmer1988

Konsekwensi karena bolos sekolah mendapat teguran keras hingga diblokir uang jajan oleh orang tua adalah pembelajaran berharga, dan tidak akan didapat dari siapapun kecuali dari mereka yang peduli dan penuh cinta.

Sukses selalu kanda!

Loading...

Generalmente pensamos que al albergar rencor u odio contra alguien es a el que lo dañamos, estamos en un gran error porque realmente somos nosotros los contaminados. Igual al perdonar, los mas benefiados somos nosotros quienes nos liberamos. Felicidades por tu exitosa entrada.

@mariami...
It's true what you said, that being vindictive is not a good thing and will even hurt yourself in the sense that forgiving each other between individuals is a very noble act. Thank you for your response on this article!

That's nice to read about what is forgiveness, and how well you described that.
As the childhood where parents forgives us, or not on our mistakes can be different because of the quality of mistakes I mean how large or small is the mistake.
As you added that you got angry response for your school side. Also you got caught because of License that shows in start that was not too better experience for you.
But that helped you to learn much, I believe.

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.12
JST 0.026
BTC 56849.09
ETH 2508.12
USDT 1.00
SBD 2.32