Title as: SEC-S16W2 | My Trip to a Museum or Zoo | [Aceh Museum]

in Traveling Steem2 months ago

1000137038.jpg

Saya selalu menunggu topik baru di komunitas Traveling Steem untuk edisi kontes Steemit engagement challenge karena saya sangat suka membagikan cerita perjalanan saya kepada teman-teman semua disini.

Nah, untuk menyempurnakan entry saya pada tema kontes minggu ke 2 ini, saya ingin membagikan cerita perjalanan saya saat saya pergi ke Museum Aceh.

Hari itu saat saya masih berada di Kota Banda Aceh, saya menyempatkan waktu untuk jalan-jalan ke salah satu tempat wisata yang paling favorit di Kota Banda Acah yang bernama Museum Aceh, lokasi nya berasa di Jalan Sultan Mahmudsyah No 10, Peuniti, Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh.

Untuk masuk ke Museum Aceh ini, saya hanya perlu membeli tiket seharga Rp 3.000 atau setara dengan 0.5 STEEM. Setelah masuk ke dalam Museum saya sangat takjub melihat setiap benda-benda yang di pamerkan disini.

Pertama saya melihat disini ada pameran satu bangunan klasik yang merupakan sebuah Rumah Panggung yang kami sebuat dengan nama Rumoh Aceh. Ini adalah rumah adat masalah Aceh di masa lalu, di bagian bawah rumah Aceh juga terdapat pameran beberapa alat yang di gunakan oleh Masyarakat untuk membantu mobilitas mereka.

1000137068.jpg

Disini ada satu alat yang di namanakan dengan Jeungki, ini adalah alat yang di gunakan oleh masalah Aceh di masa lalu untuk menghaluskan beras menjadi tepung.

1000137039.jpg

Kemudian disini juga terdapat Kroeng Pade, ini adalah alat yang di gunakan oleh Masyarakat Aceh untuk menyimpan padi setelah mereka memanen padi di ladang mereka.

1000137040.jpg

Kemudian disini juga terdapat sebuah gerobak yang di pasangkan pada kerbau atau kuda untuk membawa barang-barang dari satu tempat ke tempat yang lain.

1000137041.jpg

Saat saya masuk kedalam Rumah Aceh, saya pun langsung di kejutkan dengan berbagai pameran barang-barang antik masa lalu yang di gunakan oleh Masyarakat Aceh di masa lalu.

Rumah Aceh ini sendiri terdiri dari 3 runagan, pertama ruang tamu, kamar dan juga dapur. Nah, pada ruang tamu ini saya melihat banyak sekali pameran barang-barang peninggalan Masyarakat Aceh di masa lalu seperti kopiah aceh, perhiasan wanita, keranjang rotan, kain songket dan pakaian adat Aceh.

1000137042.jpg

1000137043.jpg1000137044.jpg
1000137045.jpg1000137046.jpg

Di ruang tamu saya melihat ada dua jenis pameran yang di pamerkan disini, pertama adalah pameran sebuah kamar yang di gunakan oleh Masyarakat Aceh di masa lalu.

1000137048.jpg

Kemudian di sisi lainnya saya melihat ada sebuah pelaminan yang di gunakan oleh Masyarakat Aceh untuk merayakan Acara Pesta resepsi pernikahan.

1000137047.jpg

Dan di ruangan terakhir saya dapat melihat pameran dapur kayu yang di gunakan oleh Masyarakat Aceh di masa lalu untuk memasak, kemudian disini saya juga melihat ada pameran barang-barang peralatan dapur klasik yang digunakan oleh masyarakat aceh untuk memasak dan menyimpan barang baku masakan.

1000137049.jpg1000137050.jpg
1000137051.jpg1000137052.jpg

Dan disini juga terdapat satu kasur kecil untuk tempat beristirahat orang-orang Aceh di masa lalu saat mereka pulang dari sawah atau dari kebun.

Berada di dalam Rumah Aceh ini rasanya sangat Adem karena rumah ini terbuat dari kayu serta memggunakan atap daun rumbia yang bisa menyerap panas.

1000137053.jpg

Yang membuat saya sangat suka jalan-jalan ke Musum Aceh adalah karena disini saya bisa melihat berbagai jenis benda peninggalan Masyarakat Aceh di masa lalu yang merupakan nenek moyang saya.

Inilah entry saya untuk tema kontes minggu ini, saya juga ingin mengundang saudari @eliany, @chant dan @f2i5 untuk berpartisipasi bersama di kontes ini.

Sort:  

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 2 months ago 

Gettings dear friend.
Thank you so much for creating a beautiful engagement challenge post in the traveling community. I see that you have beautifully illustrated some of the museum. He has published beautiful comments based on those sources. You mentioned the reasons why these are the most beautiful of yours which I also like very much. Thank you for writing a nice post. Good for you Good luck.

 2 months ago 

Terimakasih kawan, semoga anda bisa pergi ke Museum Aceh suatu hari nanti

 2 months ago 

thank you for replied 🥰

 2 months ago 

You have visited Banda Acah City which basically called the Aceh Museum here is in Acehnese house and have different tools used by the local people for their mobility and accessibility. It was great experience to visit and seek informative historical ornaments used by the old people. Hopefully you will be enjoyed your trip. Good luck.

 2 months ago 

Terimakasih saudari, semoga suatu saat nanti anda bisa pergi ke Museum Aceh Juga

Ache museum tickets are really cheap as you have shared that their cost is just 0.5 steem as well as you have very beautifully explain that you have enjoyed antiques ancient designs in meuseum that you really like.

I wish good luck to you

 2 months ago 

Terimakasih kawan, semoga suatu hari nanti anda bisa pergi ke Museum Aceh

Your welcome.
Always a pleasure to visit your post

 2 months ago 

Hello traveler! 👋🏼

Thanks for sharing your post in the TS Community. Here you are the feedback and evaluation results:


AI/Plagiarism free☑️
Steemexclusive☑️
Club100☑️
Free bots☑️
Voting CSI > 12.3☑️

~ Join the Discord server + Telegram group and have a happy day.👍🏼



Curated by @benoitblanc

 2 months ago 

It is interesting this structure and all the tools exhibited in the Aceh Museum, it is very striking and nice to admire. For these can be considered relics.

Greetings and success, it was great to read a little bit about Aceh.

Rumoh Aceh menyimpan dokumentasi tradisi Aceh, yang semestinya diketahui oleh anak-anak muda saat ini, di tengah perkembangan zaman yang semakin modern.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 67383.45
ETH 3525.45
USDT 1.00
SBD 2.70