Steem Women Club Contest #19 Local Clothing Promotion | We Want to See Colors!"

in SteemWomen Club3 years ago (edited)

Assalamualaikum....
Hello all beautiful women on SteemWomenClup.
How are you sweety?
May you all always in love and healthy and also in peace.

Mungkin sedikit terlambat untuk saya mengikuti kontes yang sangat indah ini ,Steem Women Club Contest #19 Local Dress Promotion | We Want to See Colors!" Yang diselenggarakan oleh @steemwomenclub. Walaupun sedikit terlambat, tetapi saya sangat berantusias mengikuti kontes ini, dengan harapan agar memberikan manfaat dan informasi bagi steemian semuanya.

IMG_20210610_235553.jpg

Kontes ini mengingatkan saya pada moment bahagia yang tidak pernah bisa saya lupakan. tepatnya 5 tahun silam. Mengenai baju lokal, saya adalah seorang anak Aceh. Aceh yang memiliki beribu keindahan alam, laut, dan budaya. Salah satunya adalah adat pernikahan. Ya, kali ini saya akan memberikan beberapa informasi secara mendetail tentang baju apa yang akan menemani kontes saya hari ini.
IMG_20210610_234813.jpg

Baju lokal ini memiliki warna, motif, hiasan, model, serta harga yang berbeda-beda. Ada yang harganya mahal, ada pula harga yang murah, tapi berkualitas tinggi. Baju pengantin adat Aceh bewarna merah terang menjadi pilihan saya untuk memberikan kebahagiaan untuk diri saya sendiri maupun orang lain.

IMG_20210610_235105.jpg

Saya hanya berfikir, semoga pakaian yang saya kenakan tidaklah membuat orang lain membicarakan hal yang buruk tentangnya, akan tetapi, saya ingin agar siapapun orang yang melihat saya memakai baju ini bisa tersenyum dan memberikan kebahagiaan kepada yang lainnya serta tertarik untuk memakainya pula.

Baju warna merah dengan motif bordir dari benang emas dan payet manik-manik bewarna merah dan orange yang indah membuat bordiran bunganya hidup dan lebih indah. Bordiran tersebut dibordir dengan menggunakan mesin jahit modern dan untuk memberikan kesan manis diberikan payet manik-manik yang seluruhnya dikerjakan dengan tangan (homemade).

IMG_20210610_234741.jpg

Pekerjaan yang tidak gampang banyak untuk sebuah baju ini memakan waktu kurang lebih 2 Minggu. Jika ditambah dengan hiasan Payet yang ada di celana pengantin, maka akan membutuhkan waktu hingga hampir 1 bulan. Saya memesan baju ini pada Juli Wedding yang bertempat di Krueng Gukueh, Tamboh Baroh. Ditambah sarung yang dipasangkan manik-manik dibawahnya. Ini semua tidaklah mudah dan murah, untuk sepasang baju saya sewakan sekitar 500 ribu. Waw, harga yang fantastis, tapi sesuai dengan kualitasnya. Bayangkan jika baju itu dibeli, maka akan dengan harga berapa?

IMG_20210611_004451.jpg

Tidak hanya berhenti disitu, bunga hiasan mahkota kepala juga akan dihitung dengan harga 750 ribu rupiah atau 7 SBD, atau sekitar 91 steemketika itu, sekarang harganya mencapai 1,5 juta rupiah sebanyak 15 SBD, atau 195 steem. Ini bukan bunga palsu, tetapi bunga asli yang terdiri dari 2 bunga melati disulam menjadi seperti bunga dahlia, 5 tangkai bunga mawar orange, dan 4 tangkai bunga mawar bewarna putih, 8 rangkaian melati yang disulam memanjang dan dikaitkan dengan akhiran bunga jeumpa (bunga khas Aceh). Wanginya bunga-bunga tersebut memberikan suasana yang bahagia dan nyaman. Saya memesannya langsung dari pabriknya yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara.

IMG_20210610_235317.jpg

Beda hari antaran Dara Baroe, beda pula hari resepsi dirumah. Kalau acara resepsi, baju hijau dengan Linto Baro setelan baju hitam yang keduanya berbordikan bunga khas Aceh dengan sulaman benang emas. Hanya saja baju saya ditambahi payet merah, kuning, dan putih. Keduanya tampak serasi.

IMG_20210610_234901.jpg

Pengantin wanita memakai mahkota yang beratnya sekitar 1 kg, dengan gelang emas besar dikedua lengan, kalung, dan cincin. Bagi pengantin laki-laki mereka memaki tambahan aksesoris Rincong di pinggang yang memiliki makna akan selalu melindungi dan menjaga serta mengayomi pasangannya dengan segenap jiwa dan raganya. Dengan Kupiah Khas pengantin Aceh melengkapi ketampanan dan ketangkasan, hingga pengantin laki-laki dan perempuan serasi saat memakainya.

IMG_20210611_005511.jpg

Saya yakin, dengan seiring perkembangan zaman, akan banyak muncul model-model baju Aceh modern lainnya, dan lebih menarik serta indah siapapun yang memakai serta memandangnya. Saya ingin mengajak sahabat-sahabat saya, @molida, @diladila, dan juga @hayatun-aiman. Let's do together sweety.

Terima kasih banyak bagi kalian yang telah membaca tulisan saya ini. Semoga ulasan saya diatas memberikan manfaat dan juga informasi yang baik serta menambah sedikit wawasan tentang baju lokal adat Aceh ini. Jika tulisan saya ini terdapat kesalahan, saya mohon maaf karena tidak memiliki unsur kesengajaan.

ABOUT ME

Semoga hari ini dan besok kita semua selalu dalam keadaan bersyukur.

Salam sahabat!

Sort:  
 3 years ago 

Terima kasih telah berpartisipasi di dalam kontes terbaru kami. Kami senang melihat anda disini.

Ayo ikut membantu komunitas dengan cara mendelegasikan sebahagian steem power yang anda punya.

Kita kuat bersama, wanita hebat komunitas hebat.
😊💪💪💪

 3 years ago 

Insyaallah...
Terima kasih 🤗

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 64364.24
ETH 3416.30
USDT 1.00
SBD 2.48