PESONA EKOWISATA GUNUNG BURNI KELIETEN 2,638 MDPL

in WORLD OF XPILAR3 years ago (edited)

IMG_4215 (1).jpg

Burni Kelieten adalah gunung yang terletak diAceh Tengah,yang mencapai ketinggian 2638 MDPL (meter diatas permukaan Laut). Gunung ini memiliki keindahan yang memukau dengan panorama pengunungan dan danau lut tawar yang terlihat jelas jauh jarak didepan mata dari puncak batu.

IMG_4186 (1).jpg

Adapun nama gunung kelieten berasal dari bahasa gayo, burni artinya gunung,sedangkan kelieten artinya kelihatan,jika diartikan secara bahasa berarti Gunung kelihatan.

Ada beberapa akses jalur untuk memulai pendakian,tapi saya ingin menulis jalur melalui via nosar saja.

Oke!
Diawali dengan Pos Ranger pendakian burni kelieten diserang jalan melalui lut tawar, semua pendaki mendaftarkan nama-nama yang akan melakukan pendakian gunung ini atau singkatnya Administrasi,serta transportasi yang kita bawa,motor atau jenis lainnya itu juga diparkirkan di tempat yang sudah disediakan oleh pihak pos. Setelah membayar semua administari,kita bersiap-siap untuk melakukan perjalanan.

Start pertama kita jalan itu dari Pos, melewati perumahan warga hingga keperkebunan kopi juga, jalur yang dilewati merupakan akses masyarakat ke ladang atau kebun. Dengan beban carrir yang dibawa perlahan lahan kita jalan hingga ke shelter 1, jarak antara pos ke shelter 1 ini kurang lebih < 1,5 Km jarak waktu 1 jam perjalanan.

Shelter 1 ini masih dikawasan perkebunan masyarakat,sebelum disini kita harus membekali air sedikit untuk diperjalanan. Shelter 1 ke shelter 2 itu kisaran jarak < 1 km dengan jarak tempuh 45 menit, dipintu rimba ini kita mulai memasuki kawasan hutan pengunungan,makanya dinamakan dengan Pintu Rimba. Tidak beristrirahat disini melanjutkan pendakian hingga ke shelter 2, disini lah banyak pendaki itu mengisikan stock/bekal air mereka. Sambilan beristrirahat, kita megeleluarkan botol jerigen yg mau kita isikan air cukup untuk kita memasak dan kita ke puncak hingga turun lagi. Jarak shelter 1 ke shelter 2 itu > 500 M jarak tempuh 30 menit. Pengambilan air dishelter ini sedikit mengelipir turun ke kanan dari arah jalur pendakian,tidak jauh dari shelter.

Tidak berlama lama, kita melanjutkan perjalanan hingga ke shelter 3, nah dari sini track jalur sudah mulai semakin menanjak, melewati akar-akar besar dan juga pohon-pohon disekeliling jalur pendakian. Jarak shelter 2 ke shelter 3 itu <2,5 km dengan jarak tempuh biasanya 2-3 jam pendakian. Usahakan target untuk tiba disana itu sebelum magrib atau gelap. Supaya dimudahkan mencari tempat yang cocok didirikan kemah/tenda, dimudahkan juga untuk mencari kayu bakar.

Sebelum mendirikan tenda, perhatikan kita itu jauh dari pohon-pohon tua yang mudah tumbang atau patah, tidak dekat dengan jurang maupaun sungai, dan dengan vegetasi tanah yang rata,cocok untuk beristrirahat.

Malam pun tiba,aktivitas yang dilakukan ialah menyiapkan makan malam, dengan memasak apa yang kita bawakan sesuai jenis menu direncanakan. Menyeduh kopi sembari bercerita, makan malam dan mengambil tempat untuk beristrirahat.

Esoknya, pada pukul 04:00 wib, biasanya pendaki sudah mulai bangun dan mempersiapkan bekal/barang yang akan dibawakan ke puncak. Dari sini lah pendaki memulai summit attack puncak burni kelieten dengan terget nya ketika matahari terbir mereka sudah disana. Jalur yang dilewati ini semakin terjal,maka dari itu pendaki agar lebih berhati hati jangan lupa membawakan head lamp atau senter kepala,melewati jalur goa kita perlu memegang tali yang diikatkan dijalur, tidak jauh dari itu tiba di puncak batu. Jarak camp ke puncak batu itu <3 km dengan waktu 2-3 jam pendakian.

Puncak batu ini merupakan tempat favorite para pendaki,bahkan banyak dari pendaki mengakhiri pendakian nya hanya sampai disini saja, tidak melanjutkan ke puncak pilar. Puncak batu menawarkan keindahan yang indah dengan bentangan panorama pengunungan dan lut tawar yang terlihat jelas dari arah kita berdiri. Apalagi diselimuti dengan samudranya awan, semua lelah itu terbayar ketika sampai disini kita kembali bersemangat.

IMG_4210 (1).jpg

Menikmati kopi, sambil bercanda gembira,ada pendaki yang memulai mengabadikan moment dengan berfoto. Jarak puncak pilar tidak jauh lagi dari puncak batu,kisaran <1 Km dgn jarak tempuh 1 jam,track jalur sedikit sulit. Setelah semua selesai foto-foto atau sebagainya kita mulai bersiap-siap untuk kembali kecamp bahkan hingga ke pos di pertama pendakian.

jangan lupa untuk membersihkan semua plastik sampah yang dibawa dan diturunkan kebawah.
Jaga kebersihan!, Berhati-hati!.

Semoga menyenangkan dan bermanfaat bagi semua, UPVOTE dan COMMENT.