The Diary Game - Kamis 04 July 2024 : Antar asfia mengaji dan acara doa bersama dirumah keponakanku

in Steem For Lifestyle7 days ago

1000246062.jpg

Assalamualaikum sahabat steemit semuanya , apa kabar kalian hari ini, aku disini baik dan aku juga berharap semoga kalian semua juga sehat dan berbahagia selalu ya, hari ini aku ingin membagikan aktivitasku yang sangat sibuk, dari pagi aku sudah mulai mengerjakan berbagai pekerjaan rumah seperti biasanya.

Dan siang harinya setelah makan siang aku dan kakakku mengantar keponakanku asfia pergi mengaji setelah melakukan pendaftara kemarin hari ini asfia sudah mulai pergi mengaji, setelah bersiap siap kami berangkat sekitar jam 14:00 perjalanan dari rumah ke pesantren sekitar 7 menit mengendarai motor, cuaca yang sangat panas kami memilih melewati jalan belakang desa biar tidak terlalu kepanasan.

Kami tiba di depan pesantren susana terlihat sangat ramai anak anak yang sudah tiba, karna ini pertama untuk asfia kami menemaninya sampai dia pulang ngaji, pertama sampai kami membawa asfia membeli jajan ada satu warung yang jualan fi samping pesantren dan ternyata itu juga warung pemilik dayah, berbagai jajanan dijual disana asfia membeli somay goreng, kerupuk dan minuman gelas dingin.


Saat kaminakan segera berangkat memfantar asfia ke tempat pengajian
Masuk ke jam pengajian sekitar jam 14:30 sebelum waktu mengaji anak anak duduk santai,bermain dan membeli jajanan,setelah membeli jajan asfia di antar masuk ke dalam oleh ibunya, dia duduk dan memakan jajananan yang dia beli.

Aku memarkirkan motor di depan gerbang kemudian bertemu temanku dara dia salah satu guru yang mengajar disini, aku menghampiri dan mengobrol ternyata dia juga baru masuk selama satu minggu untuk mengajar di pesantren ini, sebenarnya kami adalah tetangga desan dan teman satu sekolah dan satu pengajian juga.


1000238407.jpg1000245992.jpg1000238404.jpg

Saat kami tiba di tempat pengajian,asfia pergi membeli jajanan dan kemudian masuk ke tempat dia mengaji


Lonceng berbunyi menandakan waktu pengajian akan di mulai temanku dara dia pamit untuk masuk ke kelas tempat dia mengajar dia mengajar di kelas 3 dan memiliki 30 orang murid, aku dan kakakku duduk menunggu asfia selesai mengaji, maklum saja dia orang baru jadi kami harus mendampinginya untuk beberapa hari.

Anak anak terlalu rame bahkan sebagian anak iqrak sampai duduk mengaji di teras rumah pemilik pesantren, asfia pun dia duduk mengaji di teras kami juga menunggu di samping teras sampai asfia selesai mengaji, khusus anak anak iqrak mereka memiliki 4 guru karna mereka sangat ramai.


Bersama dara temanku, salah satu guru ngaji yang mengajar ditempat asfia menagji
Anak anak sangat pintar dan sangat patuh kami melihat mereka mengaji, mereka mengulang membaca iqrak sebelum mereka dipanggil, setelah di panggil kedepan untuk mengaji oleh gurunya asfia mengulang iqraknya selama 10 kali setelah itu asfia sudah bisa pulang pada jam15:28.

Kami tidak langsung pulang kerumah, hari ini ada acara doa bersama dirumah keponakanku nisa dia adalah kepoankanku yang paling besar anak pertama dari kakakku yang pertama yang tinggal di desa me, berhubung pesantren dan rumah keponakanku se arah jadi setelah asfia memgaji kami langsung saja berjalan ke depan untuk sampai kerumah keponakanku hanya sekitar lima menit perjalana lagi kami sudah tiba disana.


pulang ngaji kami langsung berkunjung kerumah keponakanku nisa
Aku datang untuk membantu memasak walaupun saat aku tiba disana sudah banyak menu yang sudah di masak hahaha, kami masuk dan menikmati minuman dingin hahaha baru saja sampai udah minum aja nih aku wkwkwk.

Kami lupa membawa baju ganti asfia, dia terlihat sangat kepanasan dengan seragam mengajinya jadi aku menyuruh kakakku untuk pulang terlebih dahulu kerumah biar aku saja yang tinggal disini untuk membantu memasak apalagi dia mempunyai baby al yang masih kecil, setelah duduk sebentar disana kakak dan asfia langsung saja pamit pulang kerumah, aku menyuruhnya berhati hati saat berkendara.


1000238789.jpg

Berbagai menu masakan yang sudah masak dan siap dihidangkan


1000239133.jpg

Setelah magrib tamu undangan hadir dan hidangan langsung dimasukkan ke piring dan disusun ke talam


Aku membantu menggoreng ayam dan membuat ayam goreng kecap, sambil menggoreng ikan sambil memgiris gula untuk dimasukkan ke dalam sambal kecap,selesai membuat ayam kecap aku lanjut menggoreng kerupuk dan juga merebuk telur asin.

Banyak keluarga lain juga yang membantu memasak setelah itu aku dan keponakaku lia mencuci piring kotor yang sudah menumpuk, piring kotor sangat banyak kami mencucinya dengan santai sambil mengobrol seru bersama keponakanku lia.

Hari semakin sore, hanya tinggal nasi yang lagi di kukus di dapur jadu setelah mencuci piring aku duduk santai di sebentar di depan kipas angin, waktu magrib telah tiba semua masakan juga sudah masak tinggal mengaturnya ke piring dan menunggu tamu yang datang setelah waktu magrib.


1000239420.jpg1000239249.jpg
1000239520.jpg1000239546.jpg

Setelah acara berdoa bersama selesai, semua orang makan bersama dengan berbagai memu hidangan yang sudah kami siapkan


Berdoa bersama atau tahlilan adalah salah satu tradisi kami masyarakat aceh yang masih berlaku sampai sekarang ini adalah acara doa dan makan bersama anak yatim dan teungku malem, saat keluarga meninggal kita masyarakat aceh mengadakan acara samadiah atau tahlilan doa dan makan bersama selama tujuh hari, setelah itu kapan pun kita memiliki rezeki lebih maka kita bisa membuat tahlilan kembali mengundang keluarga, anak yatim dan teungku malem untuk berdodoa bersama mengirim doa untuk keluarga kita yang sudah meninggal.

Untuk acara malam ini keponakanku hanya mengundang anak yatim dan teungku malem sekitar 25 orang saja untuk berdoa selebihnya ada keluarga dekat dan beberapa teatangga saja yang di undang.

Setelah waktu magrib acara berdoa dimulai kami menyiapkan hidangan nasi dan berbagai menu yang sudah kami masak ada ayam kecap,ayam rendang, ayam masak merah, ada telor, ikan, udang tumis, sayur dan juga kerupuk, kami menghidangkan semua masakan ke dalam satu talam besar ada enam talam yang kami siapkan.

1000239627.jpg

Aku bersama keponakanku asfia, ini adalah muka lelah, letih dan lesu setelah selesai acara hahaha

Setelah berdoa dan makan bersama semua tamu yang hadir pamit pulang baru giliran kami keluarga duduk makan bersama dan mengobrol, kemudian selesai menikmati makan kami lanjut bersih bersih aku membantu mencuci piring di luar setelah itu itu kami duduk santai sambil mengobrol sebelum aku pamit pulang.

Waktu semakin larut aku melihat jam sudah pukul 23:00 kami langsung saja pamit untuk pulang, perjalan pulang sekitar 10 menit berkendara saat pulang kami melewati jalan desa paloh, tiba dirumah aku masuk dan tidur santai di ruang tengah bersama kakak dan keponakanku aku sangat lelah tapi aku juga sangat malas bergerak untuk masuk ke kamar hahaha.

Demikian saja untuk postingan diarygame ku yang sangat melelahkan hari ini, terimakasih untuk semua yang telah berkunjung dan membacanya, semoga harimu menyenangkan dan sampai jumpa lagi di diarygameku selanjutnya


The Diary Game Kamis - 04 July 2024.
By @pecintabunga20


Sort:  

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

TEAM 5

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator07 We support quality posts, good comments anywhere, and any tags.


SEARCH_team.webp

Curated by : @damithudaya

 7 days ago 

Thank you for the support @damithudaya

Loading...
 6 days ago 

We encourage you to promote the post on Twitter to promote the Steemit platform. All of our efforts can increase the steemit platform's popularity. So we invite you to promote your posts on Twitter. See the post Guidelines for Post Promotion.

Proper Guideline Link to Post Promotion on Twitter


Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 59479.71
ETH 3174.48
USDT 1.00
SBD 2.44