SEC-S10W6 | Teach me how to do something with my hands.

20230714_213720.jpg

Assalamualaikum sahabat semua!!
Apakabarmu, semoga masih dalam keadaan baik-baik saja, bertemu lagi dengan saya @walictd. Adapun pada kali ini, saya akan mengikuti sebuah tantangan yang seru dan merupakan salah satu tantangan yang setema dengan konten saya yaitu tentang : Teach me how to do something with my hands..

Namun sebelum meranjak jauh dari tema tersebut, saya akan mengajak sahabat saya @cymolan dan senior saya pak @muzack, prof. @pelon53 serta teman-teman lain untuk hadir dan berpartisipasi dalam tantangan seru ini.

Adapun langkah-langkah membuat kerajinan yang saya bagikan adalah membuat keranjang tanpa tutup dari daun kelapa. Kalian tentu pasti pernah, bahkan sering melihat keranjang jenis ini. Namun kali ini saya sedikit menjelaskan tentang alat dan bahan serta langkah-langkah pembuatannya. Jika nanti teman-teman penasaran dengan proses pembuatannya, teman-teman bisa melihat video yang nantinya saya cantumkan di postingan pada bagian paling bawah.

Alat yang saya gunakan adalah satu buah pisau untuk memotong daun kelapa. Sedang bahannya adalah satu pelepah daun kelapa dan 2 tali rafia yang berukuran sejengkal saja.

  • Langkah pertama adalah menyiapkan sepotong pelepah kelapa yang daunnya masih bagus serta tidak cacat.

IMG_20230713_104537.jpg

Pelepah dari daun kelapa ini kita belah menjadi dua, dan kita ambil sekitar 28 daun saja persatu belahan. Lalu 28 daun tersebut kita bersihkan tulangnya hingga bisa kita buat melingkar.

  • Langkah kedua adalah membuat 2 belahan pelepah kelapa menjadi lingkaran.

IMG_20230713_105856.jpg

Setelah pelelah kelapa yang dibelah dua dan dirapikan tulangnya hingga bisa kita buat melingkar, lalu ujung tersebut kita ikat dengan tali rafia yang telah kita sediakan sebelumnya. Akhirnya jadilah 2 lingkaran seperti gambar diatas. Ingat, teman-teman harus mengikat lingkaran tersebut dengan kuat, agar tidak terlepas nanti ketika kita menganyamnya.

  • Langkah ketiga adalah menganyam 2 lingkaran tersebut hingga menggabunggakan keduanya.

IMG_20230713_112140.jpg

Sebelum menggabungkan kedua lingkaran tersebut, terlebih dahulu kita menganyam bibirnya terlebih dahulu dari setiap lingkaran. Untuk cara menganyamnya nanti teman-teman bisa lihat di video yang telah saya sediakan di bawah. Ketika 2 lingkaran sudah dibuat bibir barulah menggabungkannya dan menganyamnya hingga jadi seperti gambar diatas.

  • Langkah yang keempat adalah menganyam alasnya.

IMG_20230713_115506.jpg

Salah satu ujung sisa daun anyaman lebih yang lebih panjang, kita anyam kembali hingga membentuk alas yang kokoh dan tahan.

  • Langkah terakhir adalah memotong sisa daun.

IMG_20230713_121135.jpg

Setiap ujung dari daun kelapa yang telah kita anyam akan lebih, sehingga sisa tersebut terlihat tidak rapi jika tidak di potong. Setelah kita potong, akhirnya keranjang tanpa tutup sudah jadi. Karena kali ini saya tidak membuat tutupnya, jadi cukup terbuka seperti itu saja. Dan hasilnya seperti dibawah ini.

kmc_20230713_212603.jpg

Jika kali ingin melihat lebih detail tentang cara membuat keranjang ini, teman-teman bisa melihan dengan baik di video yang telah saya unggah di channel youtube saya di bawah ini.

Mungkin sekian dulu postingan kali ini, terimakasih buat teman-teman yang membaca dan menonton video saya. Jangan lupa berikan nilai dari karya saya dan saya sangat mengharapkan saran yang membangun dari teman-teman semua. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

14 Juli 2023
by @walictd

Sort:  
Loading...

image.pngtwitter

Saya mengundang pak @muzack1 pak @ridwant serta @ikwan untuk hadir juga dalam kontes ini.
"Maaf harus saya tag lagi di komentar ini,"

Sebuah kreatifitas dan karya seni yang patut diapresiasi. Kerajinan tangan seperti ini hendaknya bisa berkesinambungan sebagai warisan buat anak cucu kita kelak. Apalagi di dalam mendapatkan bahan baku nya sangatlah mudah, bahkan di beberapa wilayah tertentu kerajinan tangan seperti ini sangat langka. Terimakasih kawan, bagi saya kerajinan tangan seperti ini wajib kita lestarikan untuk khasanah kekayaan kreatifitas anak bangsa

Takjub, semoga sukses kawan

This is unbelievably incredible. I've been wondering how people make mat and even fans from palm leaves not until i saw this on beautiful work by you. You must be very skilled at it because before someone does something like this, he must have passed through series of training. This skill will actually serve a purpose for you. The steps, video and everything about this post is creativity. Looking forward to learning this from you. I also participated
https://steemit.com/hive-181136/@bossj23/teach-me-how-to-do-something-with-my-hands

Ini adalah keranjang tradisional yang sangat indah dan unik. Jarang ada orang yang mau belajar untuk membuatnya di jaman sekarang ini dan anda sangat terampil melakukannya.
Semoga sukses dalam Tantangan ini sobat 😊

Saya selalu salut dengan orang-orang yang kreatif dan memiliki kemampuan dalam bidang seni. Dan salah satu di antaranya adalah anda. Itu adalah keranjang yang sangat bermanfaat bg.

Semoga sukses ya bg 👍🏻

Keranjang yang dibuat dari daun kelapa salah satu produk keterampilan tangan ala tradisional, selain bentuknya unik dan menarik juga dapat menambah penghasilan keluarga jika diproduksi untuk dijual.

Alhamdulillah, terimakasih telah singgah dan memberikan komentarnya pak.

Sama sama..

 last year 

Saludos amigo

Excelente trabajo.

Una verdadera obra de arte hacer este tejido para la elaboración de este canasto que es súper útil y muy práctico. Además usando los recursos que tienes a la mano producto de la naturaleza

Buenísimo que hayas agregado un vídeo de su elaboración está increíble tu participación
Te deseo la mayor de las suertes.

 last year 

Hola amigo Gracias por compartir esta creación con tus manos con todos nosotros tienes una gran habilidad con ella Que Dios bendiga tus manos para que sigas haciendo esta labor y muchas otras más Saludos besitos y bendiciones

Terimakasih banyak temanku @mile16

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.14
JST 0.028
BTC 58097.21
ETH 2581.79
USDT 1.00
SBD 2.41