Pramuka dan Leadership - Menjadi Pembina Pramuka & Latihan Gabungan

in Scouts y sus Amigos3 years ago (edited)

IMG_0244.JPG

10 % to @hive-181136 | 25 % To @steemforsdgs


salam pramuka..

Hari ini saya kembali untuk berkontribusi di halaman komunitas scout, mudah-mudahan ini bisa jadi ajang berbagi pengalaman antara saya dengan teman-teman pramuka diseluruh dunia. bagi seseorang yang memiliki jiwa kepramukaan tentunya sangat tertarik dengan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh anak pramuka. saya yakin di halam komunitas ini banyak sekali anggota pramuka yang tertarik dengan kegiatan-kegiatan positif yang akan saya berbagi nantinya di dalam tulisan ini.

IMG_0752.JPG

Sebagaimana diketahui bahwa pramuka sampai dengan saat ini masih menjadi salah satu kegiatan ekstrakulikuler wajib yang harus diikuti oleh semua siswa di sekolah. mulai dari sekolah dasar hingga ke sekolah menengah atas. bahkan di tingkat perguruan tinggi pun masih ada kegiatan kepramukaan. dari semua kalangan tentunya memanfaatkan kegiatan pramuka ini sebagai ajang pengembangan diri, pengembangan karakter dan melatih skill seseorang. karena di setiap kegiatan pramuka memiliki nilai positif yang bermanfaat bagi mereka sendiri yang terlibat di pramuka bahkan juga bermanfaat bagi orang disekelilingnya.

IMG_1875.JPG

saya sebagai pembina pramuka di salah satu sekolah di aceh utara diberikan tugas oleh bapak kepala sekolah untuk mendidik dan melatih siswa tentang ilmu kepramukaan. dalam satu pekan kepala sekolah mewajibkan kegitan pramuka 2 hari saja. Kegiatan ini kami lakukan setelah selesai jam pelajaran formal. Tidak bisa dipungkiri banyak sekolah-sekolah yang ada di indonesia kegiatan pramuka di lakukan pada hari menjelang akhir pekan, tepatnya pada hari jum'at, hari sabtu dan minggu.

IMG_0737.JPG

Masing-masing sekolah tentu beda waktu kegiatan latihannya. namun di tempat saya mengajar, bapak kepala sekolah memberi kebabasan bagi saya untuk memilih waktu sendiri, sehingga saya berinisiatif mengambil waktu latihan pramuka hanya di hari kerja saja, ini untuk membagi waktu saya agar di akhir pekan saya bisa memanfaatkan waktunya untuk berliburan.

Selain latihan pramuka di sekolah, sesekali kami membuat hubungan dengan sekolah-sekolah lain agar bisa membuat latihan bersama atau kami juga menyebutnya dengan latihan gabungan, hal ini dilakukan untuk silaturrahmi dengan sekolah-sekolah lain. selain itu latihan gabungan diadakan untuk berbagi ilmu dan kreativitas dengan sekolah-sekolah yang lain.

IMG_0241.JPG

Bagi anak-anak latihan gabungan ini sangat menyenangkan, mereka bisa saling kenalan antara satu sekolah dengan sekolah yang lain dan dengan melihat berbagai kreativitas yang dibuat oleh anak pramuka di sekolah lain bisa membuka pikiran mereka, sehingga kedepannya mereka akan lebih kreatif dan giat dalam latihannya. tujuannya hanyalah untuk menampakkan kemampuan atau skill yang terbaik yang mereka miliki kepada sekolah-sekolah yang lain.

IMG_1927.JPG

Pada tahun 2019 yang lalu Pramuka Racana IAIN lhokseumawe mengadakan Latihan Gabungan (LATGAB), acara latihan gabungan ini dilaksanakan di bumi perkemahan malikussaleh. kebutulan pada acara tersebut saya dijadikan sebagai konsultan acara oleh panitia. acara tersebut sangat menarik tentunya dan diikuti oleh beberapa kontingen dari beberapa sekolah di aceh utara dan lhokseumawe. acara latihan gabungan tersebut tiap-tiap sekolah hanya diperbolehkan mengirim 2 delegasi putra dan 2 delegasi putri, walaupun demikian para peserta sangat menikmati keseruan dan manfaat dari LATGAB tersebut, tentu banyak sekali pengalaman dan ilmu baru yang mereka dapatkan.


Cc : @fjjrg, @alleravago, @karianaporras, @ponpase


Salam kehormatan saya @teukumuhas

Sort:  

Kegiatan pramuka harus dikonsep semenarik mungkin untuk menarik minat peserta didik.

Dalam mengembangkan metode pendidikan kepramukaan tentu dibutuhkan skill leadership yang memadai.

Pelatih, pembina, dan instruktur adalah pihak-pihak yang berperan penting untuk menjaga nilai-nilai kepramukaan.

Masa pandemi memaksa kita untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan.

Terima kasih sudah berbagi pengalaman dengan kami.

Salam Pramuka !!!

 3 years ago (edited)

benar sekali.. tidak hanya itu, kita selaku pelatih juga harus membuat mereka senyaman mungkin, masalah tekhnik dan strategi tentu berbeda-beda tergantung pada karakter pserta didik itu sendiri.

sama-sama @ponpase saya akan terus berbagi pengalaman yang telah saya dapatkan. terima kasih atas support dan dukungan anda !

 3 years ago 

Semoga dengan adanya kegiatan Pramuka seperti ini anak² Pramuka lebih bnyak pengentahuan dan lebih kreatif lagi..
kalau ada kegiatan Pramuka jangan lupa ajak saya kak, saya siap ikut aksi 😅

⚜️Salam Pramuka⚜️

 3 years ago 

Siap kakak.

Salam Pramuka

 3 years ago 

Que interesante que sea una actividad obligatoria en las escuelas porque es una preparación integral para la vida, en Venezuela los Scouts estan fuera de la escuela los fines de semana y es voluntario.

 3 years ago 

Sí, eso es correcto. incluso en Indonesia, la educación Scout tiene su propio plan de estudios.

 3 years ago 

Good work my bro!

 3 years ago 

Terimakasih support nya kawan !

Coin Marketplace

STEEM 0.23
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 66001.12
ETH 3485.03
USDT 1.00
SBD 3.15