The Diary Game, Sabtu (2 Maret 2024) : Saling Sanggah

in Scouts y sus Amigos3 months ago

20240302_163036.jpg

10% reward give to @hive-181136

▶️ Pagi & Siang

😱 Saling Sanggah di Ruang Kuliah

Pagi hari ini saya bangun langsung menuju ke kamar mandi, mencuci muka dan mengambil air wudhu untuk melaksanakan salat subuh. Setelah melaksanakan salat saya langsung mandi dan tidak lupa saya juga menggosok gigi. Saya kemudian pergi menggunakan sepeda motor untuk membeli nasi bungkus karena istri saya juga belum sempat memasak nasi dan lauk untuk sarapan pagi, setelah membeli nasi saya langsung kembali ke rumah untuk memakannya di rumah.

Mengingat saya harus segera berangkat menuju ke kampus mengikuti sejumlah mata kuliah yang ada pada program studi magister manajemen pendidikan maka saya segera mempercepat makan, saya mengambil barang-barang yang diperlukan kemudian berpamitan kepada istri untuk segera berangkat menuju ke kampus.

20240302_105948.jpg
Dosen sedang menjelaskan dan mengarahkan bagaimana aturan presentasi dan diskusi yang diharapkan dalam ruangan kuliah

Syukur saya datang lebih cepat, hanya ada beberapa teman-teman di dalam ruangan. Beberapa menit kami menanti kehadiran Dosen yang mengajarkan mata kuliah Manajemen Mutu Pendidikan, mata kuliah ini di bimbing oleh Bapak Dr. Agus Salim Salabi, M.Pd. Beberapa menit kami menunggu akhirnya Dosen pun tiba di ruangan, materi pelajaran pun dimulai.

Bapak Agus mengarahkan beberapa hal sebelum teman saya mempresentasikan tugas, kami memahami dan mengikuti aturan yang disampaikan oleh oleh Bapak Dosen. Selanjutnya kami mendengarkan paparan presentasi tentang konsep dasar manajemen mutu dalam lembaga pendidikan Islam Islam, yang disampaikan langsung oleh teman saya Sulaiman, dia bekerja di SMK Negeri 1 Kota Lhokseumawe dan menjabat sebagai waka kurikulum di sekolah itu.

Paparan presentasi yang dia sampaikan tentang konsep dasar mutu pendidikan sangat mudah kami pahami, hal ini karena dia memiliki banyak pengalaman tentang seluk beluk dunia pendidikan, dia juga menjelaskan banyak hal tentang apa yang terjadi selama dia melaksanakan tugas di sekolah. Karena presentasi yang disampaikan begitu menarik tentu banyak teman-teman di ruangan yang ingin bertanya dan menguji pengalaman yang pernah dia rasakan.

Salah satu pertanyaan yang paling berat datang dari Pak Bernoully, pengalamannya sebagai asesor sangat terlihat ketika dia memberikan pertanyaan dalam pertemuan pada waktu itu. Pertanyaan yang dia sampaikan berkaitan dengan sejarah asal mula teori manajemen mutu pendidikan.

Pada kesempatan itu saya mencoba membantu teman yang sedang melakukan presentasi, saya mengatakan bahwa teori tentang manajemen mutu pendidikan ini diadopsi dari dunia industri karena dunia industri sangat mementingkan mutu produk sehingga bisa meningkatkan keuntungan dan memberikan efisiensi anggaran.

Saya kemudian melanjutkan, sebagaimana contoh sebuah produk handphone, bayangkan jika produk yang dihasilkan banyak yang cacat tentu akan berdampak menimbulkan kerugian, oleh karena dunia industri selalu menjaga kualitas atau mutu untuk menghindari kerugian dan menambah keuntungan sebanyak-banyaknya dari hasil produksi yang mereka lakukan.

Hal inilah yang diadopsi oleh dunia pendidikan, lembaga pendidikan menciptakan standar standar tertentu supaya hasil atau output peserta didik yang telah menempuh pendidikan di suatu lembaga mampu mencapai standar yang diharapkan, standar ini menjadi acuan dari mutu pendidikan. Namun karena masih banyak lembaga pendidikan yang belum mampu memberikan kepuasan terhadap hasil pembelajaran selama ini, maka diterapkan lah teori manajemen mutu ini di dalam dunia pendidikan sehingga diharapkan lembaga pendidikan bisa menjadi lebih baik, lebih berkembang, dan bisa mencapai tujuan pendidikan secara nasional.

Namun jawaban itu tidak bisa diterima secara mentah-mentah oleh Pak bernoulli, dia mengatakan seluruh pegawai yang ada pada dunia industri merupakan produk dari dunia pendidikan. Jadi dia mengatakan dengan tegas bahwa dia tidak bisa menerima pernyataan seperti itu, harusnya dunia industri yang mengadopsi mutu dari suatu lembaga pendidikan.

20240302_145413.jpg
Kami berdiskusi dan saling sanggah, semua argumentasi yang disampaikan harus kuat serta dapat dipertanggung jawabkan

Saya sudah berusaha memberi jawaban semampu saya, seperti apa yang saya pahami. Namun tetap saja ditolak karena tidak sepemahaman dengan dia. Akan tetapi saya tetap tersenyum lalu saya mengatakan, jika Anda keberatan menerima jawaban dari saya silakan nanti biar bapak dosen saja yang meluruskan.

Namun akhirnya pak dosen menengahi masalah kami berdua, dosen sangat setuju dengan argumentasi saya, dosen juga mengatakan bahwa memang kenyataannya seperti itu karena seluruh teori-teori tentang manajemen mutu ini bermuara dari perusahaan industri. Jadi hal ini tidak bisa dibantah lagi kata sang dosen.

▶️ Siang & Malam

⚜️ Pemilihan Ketua Pramuka yang Baru

Tidak terasa hari pun sudah siang, kami pun beristirahat sebentar. Saya kemudian langsung menuju ke rumah makan, setelah selesai makan saya langsung melaksanakan salat zuhur. Kemudian kami melanjutkan materi kuliah hingga waktu sore.

20240302_163008.jpg
Mereka adalah para peserta yang mencalonkan diri sebagai ketua dan wakil ketua Pramuka yang baru

20240302_162550.jpg
Sebelum dilaksanakan pembina ketua Pramuka yang baru terlebih dahulu dilaksanakan musyawarah tentang aturan dasar organisasi, mereka memimpin sidang itu

Singkat cerita kami pun telah selesai melaksanakan seluruh rangkaian pertemuan mata kuliah pada hari ini, saya pun kemudian melanjutkan aktivitas saya menuju ke sekretariat Pramuka yang ada di kampus. Saya terkejut dan heran melihat banyak anggota pramuka yang sedang berkumpul pada hari ini, ternyata mereka sedang memilih calon ketua dewan racana yang baru karena ketua yang lama sudah habis masa jabatannya.

Di sini saya langsung bergabung dengan seluruh teman-teman anggota pramuka, Saya menonton dan menyaksikan langsung proses pemilihan suara calon ketua dewan rencana yang baru. Pasangan nomor urut 2 berhasil meraih suara terbanyak sehingga ditetapkan sebagai ketua terpilih yang baru, saya berharap semoga dia bisa melanjutkan program-program sesuai visi misi pramuka.

20240302_205717.jpg
Membeli bahan kue di toko roti dua belas yang berada di pusat kota Lhokseumawe

Waktu malam pun tiba, pada malam hari saya tidak banyak melakukan kegiatan saya hanya membantu istri untuk berbelanja kebutuhan jualan pada hari Minggu, saya pergi ke toko 12 toko yang mana menyediakan banyak bahan-bahan kue karena istri saya melaksanakan kegiatan usaha jualan kue.

Selesai berbelanja kebutuhan kue saya juga melanjutkan pergi ke toko pakaian, istri saya mencari rok karena beberapa celananya sudah sempit. Selesai sudah kegiatan belanja kami pada malam ini, kami pun selanjutnya pulang ke rumah dan beristirahat.

garis pembatas @miftahulrizky.png

Thank you for reading this post, don't forget to comment.
Greetings by @miftahulrizky

Sort:  
Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 67719.65
ETH 3791.75
USDT 1.00
SBD 3.53