SAYA PRAMUKA INDONESIA ( Join The Scout Community ) SALAM PRAMUKA

in Scouts y sus Amigos3 years ago (edited)

10% Payout to @hive-181136
for support Scouts Community

20210817_175413.jpg

SALAM PRAMUKA

2FFvzA2zeqoVJ2SVhDmmumdPfnVEcahMce9nMwwksSDdRvUUZFyfywYwEk6joAVnsCM6V6RCHPrhVTMDuqXyQBmPQATuHWaCAYWDjWBfJ196S6V4rmyNuDirhYGvJ.png

Pemahaman Dasar Tentang Pramuka


Sebagaimana yang kita lihat bahwa steemit merupakan sebuah platform yang sudah mendunia bahkan sudah sangat terkenal di berbagai kalangan, baik itu masyarakat biasa, aktor-aktor, para aktivis, dan juga dari kalangan siswa maupun mahasiswa.

Banyak dari golongan para aktivis yang ikut serta dalam membagikan kegiatan dan program penting di masing-masing Komunitas yang cocok menurutnya. Dan salah satu komunitas yang banyak menarik perhatian para aktivis adalah Komunitas Scout.

Dengan semakin banyak lahirnya program-program terbaru, tentu akan mendapatkan nilai presentasi yang sangat luar biasa yang digagas oleh para pendiri-pendiri hebat.

Beberapa hari yang lalu saya mendengar di sebuah group WhatsApp yang dibagikan oleh kawan-kawan tentang komunitas Scout ini dan mengajak saya untuk mengikuti halaman komunitas scout dan bergabung bersama mereka.

Mengingat saya mempunyai pengetahuan tentang Pramuka dan pernah bergabung dengan organisasi PRAJA MUDA KARANA dan masih aktif sampai sekarang, jadi sedikit demi sedikit saya mulai mencoba memahami beberapa prosedur yang telah ditetapkan dalam komunitas ini yang harus saya ikuti untuk dapat berkontribusi bersama komunitas ini, sehingga pada hari ini saya memutuskan untuk bergabung dengan komunitas ini dan dengan antusias tinggi saya ingin membuat postingan pertama di halaman ini mengenai perkenalan diri dan verifikasi keanggotaan saya di komunitas scout.

Screenshot_2021-08-14-16-11-19-01_2f6d755662dfc0c3553e45129cae9cf2.jpg

SATYAKU KU DHARMAKAN
DHARMAKU KU BAKTIKAN

Latar Belakang


Scout atau Pandu di Indonesia telah berdiri 20 Mei 1961 dan didirikan oleh "Sultan Hamengkubuwono IX". Pandu Indonesia dikenal dengan Gerakan Pramuka Indonesia, ini merupakan nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya.Wikipedia

Komunitas Scout merupakan salah satu inisiatif yang menarik dengan banyak sekali program-program yang bisa dibagikan di halaman komunitas scout ini, dengan berbagai aspek yang dikuasainya, baik di bidang pendidikan moral, pendidikan karakter, pendidikan leadership maupun aksi-aksi sosial lainnya.

IMG-20210817-WA0006.jpg

Perkenalan Diri


Salam Pramuka.

Salam untuk kakak-kakak scout yang saya banggakan, perkenalkan nama saya Rahmat Iqbal Abel atau sering disapa dalam organisasi Pramuka dengan sebutan Kak Abel.

Saya seorang pemuda yang berasal dari Aceh, Indonesia. Saya sudah pernah menetap di 3 Kabupaten/Kota, berasal dari Kabupaten Bireuen kemudian melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di salah satu Universitas/Institut terbaik di Kota Lhokseumawe yaitu IAIN Lhokseumawe dan kemudian melanjutkan karier di Kabupaten Aceh Tengah atau lebih kerap disapa dengan Tanoh Gayo, karena terkenal dengan daerah penghasil kopi khas Gayo yang nikmat dan mantap rasanya, dan sudah terkenal kemana-mana bahkan terkenal sampai ke seluruh penjuru dunia.

Saya sudah bergabung dengan organisasi ini sejak saya duduk di bangku Madrasah Tsanawiyah Negeri, namun pada saat itu saya tidak terlalu banyak berkecimpung di dalam banyak program, melainkan saya hanya di prioritaskan sebagai seorang anggota yang hanya menguasai bidang keagamaan, sebab saya memiliki suatu kelebihan yang berbeda dengan anggota Pramuka lainnya.

Saya sering di tampilkan pada semua event Pramuka, tapi di sana saya hanya berperan di bidang Tilawah sebagai pembuka acara dengan melantunkan ayat-ayat Suci Al-Qur’an.

Namun hari demi hari, saya tertarik dengan dengan kegiatan-kegiatan Pramuka yang dilakukan oleh kawan-kawan lain, melakukan banyak tantangan, dan melewati banyak rintangan.

Sehingga saya memutuskan untuk ikut berpartisipasi bersama mereka dalam berbagai aksi yang diharuskan didalam Pramuka.

Screenshot_2021-08-17-18-29-18-68.jpg



Setelah saya menyelesaikan jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah, saya melanjutkan pendidikan saya di Madrasah Aliyah Negeri yang ada di daerah saya yaitu di kabupaten Bireuen, Aceh.

Di sini saya saya juga masih menjadi seorang Praja Muda Karana, dan juga saya bergabung dengan salah satu organisasi lainnya yaitu PMR (PALANG MERAH REMAJA), dan saya menjadi ketua umum di periode tersebut.

Singkat cerita, hingga saya melanjutkan pendidikan saya ke sebuah Universitas, menjadi mahasiswa yang aktif diberbagai organisasi yang ada, termasuk menjadi Ketua Bidang Kemahasiswaan di organisasi DEMA (DEWAN EKSEKUTIF MAHASISWA).

Pada semester 3, saya akhirnya memutuskan untuk bergabung bersama organisasi Pramuka di tingkat perguruan tinggi yang ada di IAIN Lhokseumawe, yaitu Rancana IAIN Lhokseumawe, yang sebelumnya bernama Racana Teuku Chik Di Tiro dan Cut Meutia.

Pada tahun saya bergabung, saya bersama beberapa sahabat steemians lainnya yang sudah lebih dahulu bergabung dengan komunitas Scout ini, yaitu @ponpase, @bangmimi, kami berada dalam satu satuan Pramuka angkatan ke VI dan saat itu kami dibina oleh senior kami di Pramuka yaitu kak Hasanun yang juga seorang steemian yang sudah duluan bergabung di komunitas Scout sebagai @teukumuhas.

IMG_20210817_122940.jpg

Diluar daripada aktivitas Steemit, sekarang saya juga merupakan seorang guru di salah satu Ma'had Tahfidzul Qur’an sebagai seorang guru pengajian dan juga mengajarkan anak-anak beberapa kegiatan ekstrakurikuler, seperti mengajarkan mereka Tilawah, Khat atau Kaligrafi. Memperkenalkan sedikit-sedikit tentang ilmu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, dan yang sangat saya dambakan adalah saya bisa mendirikan organisasi Pramuka di Ma'had tempat saya mengajar.

Namun program untuk mendirikan organisasi Pramuka ini masih sangat sulit untuk berjalan, mengingat Ma’had sangat muda dan baru berdiri 3 tahun yang lalu, tentu masih membutuhkan waktu beberapa tahun lagi untuk bisa mewujudkan impian itu, tetapi rancangan untuk mendirikannya sudah dimulai dari sekarang, dan bekerja sama dengan pelatih atau pembina Pramuka yang ada di daerah terdekat saya mengajar.

Banyak sekali ilmu pengetahuan yang saya dapatkan setelah saya bergabung menjadi bagian dari Pramuka. Bersama Pramuka daya dilatih menjadi pribadi yang kuat, disiplin dan mampu meningkatkan sosial saya di kalangan masyarakat.

IMG_20210817_122541.jpg

Semua ilmu yang saya dapatkan di Pramuka sangatlah bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari saya. Karena Pramuka mampu menjadikan pribadi saya pribadi yang kuat dengan segala keadaan yang saya alami.

Anak Pramuka memiliki jiwa patriot tinggi dan bisa hidup di semua lingkungan yang ada.

FB_IMG_1591944231941.jpg

Pengalaman dan Prestasi yang saya dapatkan Selama Bergabung di Pramuka


  • Juara I Tilawatil Qur’an di Bumi perkemahan Tunas Remaja SE- Kabupaten Bireuen tahun 2010 yang diadakan di Rancong Aceh Utara.

  • Juara I Tilawatil Qur’an di Bumi Perkemahan Tunas Remaja SE – Aceh tahun 2011 di Seulawah Aceh Besar.

  • Delegasi Anggota untuk mengikuti kegiatan Latihan Gabungan Nasional (LATGABNAS) SE - Indonesia di Kaki Gunung Tangkuban Perahu, Bandung Jawa Barat tahun 2017.

  • Ketua Bidang HUMAS (Hubungan Masyarakat) Racana IAIN LHOKSEUMAWE Tahun 2018-2019.

  • Even organizer Rover Camps 2 Se-Aceh tahun 2017

Manfaat dan Kelebihan Organisasi Pramuka


Sejak saya bergabung bersama organisasi Pramuka, saya mendapatkan banyak sekali manfaat dan kelebihan yang luar biasa, diantaranya adalah terlebih dahulu saya mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan pengalaman baru, kemudian mendapatkan banyak keuntungan melalui jaringan-jaringan yang bisa berinteraksi dengan anggota Pramuka lainnya di seluruh Indonesia dan bahkan dengan kakak-kakak Pramuka lainnya yang ada di seluruh penjuru dunia, mampu menjadi pribadi dengan sosial yang tinggi dalam bermasyarakat.

IMG_20210523_122803.jpg

Kami telah terdidik dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang bertujuan untuk membentuk watak, akhlak, dan budi pekerti yang baik.

Kepramukaan juga merupakan sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan lingkungan bersama masyarakat.

Tujuan Bergabungnya Saya Di Komunitas Pramuka Steemit


  • Berbagi cerita dan pengalaman kepramukaan saya bersama kakak-kakak Pramuka lainnya ada ada di daerahnya masing-masing.

  • MendapatkanMendapatkan pengalaman hebat dan ilmu pengetahuan penting dari semua anggota di seluruh dunia yang sudah bergabung di komunitas Scout.

  • Bisa lebih mudah dalam mempromosikan dan mengajak kawan-kawanPramuka Indonesia lainnya untuk dapat bergabung dengan Steemit dan ikut berpartisipasi dalam berbagai macam kegiatan kepramukaan dan ikut berkontribusi di komunitas scout.

Screenshot_2021-08-17-18-29-35-91.jpg

Persatuan Scout Se - Indonesia pada kegiatan LATGABNAS 2017 di Gedung Merdeka

2FFvzA2zeqoVJ2SVhDmmumdPfnVEcahMce9nMwwksSDdRvUUZFyfywYwEk6joAVnsCM6V6RCHPrhVTMDuqXyQBmPQATuHWaCAYWDjWBfJ196S6V4rmyNuDirhYGvJ.png

Menjadi bagian daripada keluarga Pramuka, merupakan sebuah hadiah istimewa dalam hidup saya, karena bersama Pramuka saya mampu menjadikan diri saya menjadi lebih solid dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan bersosialisasi dengan lebih baik bersama lingkungan hidup saya.

Pramuka adalah keluarga yang hebat!!!

testhidup.gif

Scouts Community

Thanks to:
@fjjrg, @alleravago, @karianaporras

SALAM PRAMUKA

@abelanar11

DQmVreso9YEv9Rxxz6KA2SZB5bUtBEfuRkH1cEpwUtLuHzb.gif

Sort:  
 3 years ago 

Salam Pramuka.. !

Saya sangat senang melihat anda disini saudara, serasa kita kembali lagi ke masa dimana kita kamping bersama dan saling berbagi cerita dan pengalaman pahit dan manis kita telah kita lalui bersama. Mudah-mudahan kelak kita akan sukses bersama pula 😊

 3 years ago 

Salam Pramuka.!

Semoga kita bisa bekerjasama senior.

 3 years ago 

Siap kakak ☺️

 3 years ago 

Selamat datang Sahabat #Pramuka Indonesia di komunitas #Scouts. Kami sudah lama menanti kehadiran anda bergabung bersama kami disini.

Mari kita gerak langkah bersatu dan bersama, seperti yang telah lama kita perjuangkan. Semoga kita dapat berkreativitas menyambung estafet Gerakan #Pramuka Indonesia.

Salam #Pramuka, Salam Pemuda Indonesia

 3 years ago 

Terimakasih seperjuangan.

Semoga kita bisa bekerjasama kembali.

Salam Pramuka & Salam Pemuda Indonesia.

Hola Hermano @abelanar11, muchas gracias por realizar tu Verificacion para ser parte de Nuestra Comunidad Scouts ahora tu Comunidad Bienvenido al Campamento.

Usuario Verificado: Scout Member ⚜️



Antes de despedirme quiero compartirte la invitacion a conformar los equipos ODS de nuestra Comunidad.
https://steemit.com/hive-181136/@karianaporras/convocatoria-para-equipos-de-ods-by-karianaporras

Para contactarnos directamente estamos a tu orden por ;

Nuestro Telegram:
Comunidad Scouts ⚜️

Te esperamos...

 3 years ago 

Terimakasih sudah memberikan laber sebagai member di komunitas ini.

Saya akan mempelajari lebih banyak lagi untuk bisa berpartisipasi dalam komunitas ini.

Semoga kita bisa bekerjasama.

Salam Pramuka

Salam hangat, kerja bagus Anak muda. Steem On!

 3 years ago 

Steem On!!!

 3 years ago 

Salam Pramuka...

Terimakasih atas petunjuknya

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 57940.42
ETH 2359.25
USDT 1.00
SBD 2.36