"Orthosiphon aristatus"si tanaman kumis kucing

in Steemit-Garden3 years ago

inCollage_20220103_093721453.jpg

Hallo apa kabar steemian penggemar pemandangan alam, taman dan tanaman dimanapun berada. Apabila berbicara tentang tanaman maka tidak akan ada habis-habisnya karena mereka diciptakan oleh Allah sangatlah banyak di muka bumi ini. Tidak terhitung jenis tanaman yang kita kenal maupun yang belum kita kenal di dunia ini. Kali ini saya ingin menulis sedikit tentang tanaman yang saya jumpai sewaktu saya berkunjung di suatu tempat wisata didatatan tinggi gayo, aceh tengah. Nama tanaman ini adalah Orthosiphon aristatus dalam bahasa latinnya atau sering disebut dengan tanaman kumis kucing. Sebenarnya tanaman ini sudah tidak asing lagi bagi saya tapi sudah sangat jarang dijumpai. Dan pada saat saya sedang berjalan-jalan ditempat wisata inilah saya melihat tanaman ini tumbuh sangat rimbunnya. Langsung saja saya keluarkan hp saya dan mengambil beberapa photo dari tanaman ini.

IMG_20220101_124314.jpg
Bunganya berwarna putih

IMG_20220101_124301.jpg
Bentuk bunganya

IMG_20220101_124251.jpg
Benang sarinya persis seperti kumis kucing

IMG_20220101_124227.jpg
Tumbuh subur di daerah dingin

IMG_20220101_124323.jpg
Bentuk daun tanaman kumis kucing

Mungkin karena bentuk benang sarinya seperti kumis kucing maka tanaman ini disebut tanaman bunga kumis kucing. Seperti yang telah saya baca dari sebuah buku tentang tanaman apotik hidup maka tumbuhan yang satu ini adalah salah satu dari tumbuhan yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit seperti :
1.Dapat menurunkan tekanan darah tinggi
2.Obat ginjal
3.Mengobati rematik
4.Meringankan batuk
5.Sebagai detok tubuh
6.Mengobati keputihan
7.Mengobati infeksi saluran kencing

Cara mengkonsumsi tanaman kumis kucing ini adalah dengan mengeringkan daunnya lalu daun yang telah kering ini di seduh dengan air panas dan diminum airnya. Inshaa Allah berbagai penyakit seperti diatas akan segera sembuh dengan rutin meminumnya. Sungguh Allah telah menciptakan segala sesuatu dengan segala manfaatnya dan tanpa sia-sia.

Demikianlah sedikit info yang saya ketahui tentang tanaman kumis kucing yang saya jumpai tumbuh subur didataran tinggi gayo. Tidak pernah bosan saya ucapkan terima kasih kepada @hive-180821 @vipnata @liasteem @allahnawaz03 @alexmove @lachicarebelde serta teman-teman setia di komunitas steemit garden.

Salam
@dederanggayoni

Sort:  

nice photos

 3 years ago 

Thanks very much

 3 years ago 

Thank you very much for your beautiful post!

 3 years ago 

Terimakasih kembali telah memotivasi saya selalu

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 55128.91
ETH 2303.77
USDT 1.00
SBD 2.31