KONTES : SAYA SUKA BERKEBUN, LEMPUYANG ADALAH BUNGA KESUKAANKU

in Steemit-Garden3 years ago (edited)

10 % didonasikan kepada @hive-180821

Hai Steemian Steemit-Garden yang tersayang dimanapun kalian berada, smoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Senang sekali berada di sini ditengah-tengah pencinta kebun, pencinta taman dan pencinta alam lingkungan hijau. Kali ini saya @dederanggayoni ingin sekali mengikuti kontes dengan judul "Saya suka berkebun / Bunga favorit anda" yang diselenggarakan oleh @liasteem. Saya juga mengajak @@@sailawana @asiahaiss dan @adibiqbal untuk mengikuti kontes ini.

Tanaman tidak pernah lepas dari kehidupan kita, karena tanaman adalah penyejuk, pengikat air, dapat mengatasi polusi udara dari kendaraan bermotor dan masi banyak lainnya. Bermacam bentuk tanaman tersebar diseluruh pelosok dunia. Kali ini saya ingin membahas tentang tanaman Zingiber zerumpet yang biasa disebut Lempuyang. Saya sangat menyukai bentuk bunganya yang unik berwarna merah cerah. Kemudian tumbuhan ini juga sangat gampang hidupnya, tanaman ini tumbuh subur didaerah yang basah.

IMG_20220218_131309.JPG
Tanaman Zingiber zerumpet
IMG_20220218_130938.JPG
Menikmati tanaman Zinggiber zerumpet
IMG_20220218_125850.JPG

Menurut literatur yang saya baca tanaman Zingiber zerumpet sangat banyak jenisnya di alam
Klasifikasi dari tanaman lempuyang atau Zingiber zerumpet adalah sebagai berikut :
Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Family : Zingiberaceae
Genus : Zingiber
Spesies : Zingiber zerumpet

Adapun cara menanam dan merawat tanaman lempuyang ini adalah dengan akar atau rhizomanya yang langsung kita tanam kedalam tanah. Kemudian dengan mengambil batang yang sudah tua dari bunga yang sudah tua. Di bagian batang bunga yang sudah tua akan terlihat akar yang muncul di ruas-ruas batang yang telah tua tadi. Lalu batang bunga yang bercabang ini saya potong dan saya tanam kedalam pot bunga yang telah di isi dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk.
IMG_20220218_130449.JPG
Proses pemotongan batang yang telah berakar
IMG_20220217_164606.jpg
Proses penanaman
IMG_20220217_164644.jpg
Tanaman siap ditanam

IMG_20220218_130414.JPG
Penyiraman dilakukan setiap hari diwaktu kemarau atau musim panas sedangkan diwaktu musim penghujan tiga kali sehari. Adapun khasiat dari bunga lempuyang ini adalah cairan atau lendir yang terdapat dibagian bongkol bunga dapat digunakan untuk shampoo rambut yang bisa melembutkan rambut yang kasar. Adapun cara membuatnya adalah dengan memeras bagian bongkol bunga sampai keluar busanya atau dengan dengan menumbuk bagian bongkol bunga.

IMG_20220218_131152.JPG
Peras bongkol buah sampai keluar sairan busanya
IMG_20220218_131133.JPG
Tuang cairan berbusa kedalam gelas
IMG_20220218_131043.JPG
usapkan cairan busa disekitar rambut kemudian biarkan sesaat lalu bilas rambut sampai bersih. maka rambut akan terasa lebih halus dan lembut. Demikianlah yang dapat saya tulis di KONTES saya suka berkebun.Mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih kepada @liasteem sebagai penyelenggara dan Steemit-Garden yang memiliki komunitas ini.

IMG_20220220_163613[1].JPG

Salam @dederanggayoni

Sort:  
 3 years ago 

Smga mnang ya kak

 3 years ago 

Aamiin semoga saja ya 😁😁😁terima kasih atas doanya.

What a great post 😍
Good luck ya Kak 😚🥳

 3 years ago 

Terimakasih atas doanya dek

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 59368.30
ETH 2461.60
USDT 1.00
SBD 2.45