One Picture and One Story Week #36 | Mama

Bismillahirrahmanirrahim..

Selamat pagi sahabat steemians..

hari ini saya ingin sekali menceritakan suatu gambar yang menurut saya sangat berkesan dalam hidup saya.. Saya merasa bahagia bila orang terkasih kita bahagia.. Banyak hal yang saya ingin ceritakan dari seseorang yang sangat berjasa pada saya, yang selalu ada untuk suka dan duka saya.. Yang selalu mendukung kegiatan saya..
Orang tersebut adalah mama..

IMG-20240520-WA0001.jpg

Mama adalah orang yang sangat kuat, ia memiliki 3 orang anak, 2 laki-laki dan 1 wanita.
Sudah 17 tahun ia ditinggal suaminya.. Ia berjuang sendiri untuk menghidupi ketiga anak-anaknya.. Sampai saat ini dia tak mau menikah lagi, yang ada dalam fikirannya adalah anak dan cucu-cucunya.
Begitu banyak rintangan yang kami lalui bersama.. Mama berusaha membuat kami menjadi anak-anak yang kuat.
Di usianya yang tak muda lagi 62 tahun, semangatnya untuk mencari pundi-pundi penghasilan tak pernah surut. Ia tak kenal lelah walaupun sudah tua..

Saat ini mama berada di negeri jiran malaysia, sudah lama sekali ia ingin ke sana dan begitu banyak drama dan lika-liku perjuangannya agar dapat ke sana, Alhamdulillah keinginannya tercapai.. Mama pergi bersama adik sepupunya ke malaysia, kebetulan bu dewi sudah lama tinggal di malaysia dan suaminya asli orang sana dan ke 2 anaknya juga asli penduduk di sana..

Bu dewi mengajak mama untuk tinggal di sana karena ia mempunyai usaha di bagian kuliner ia ingin mama membantunya dalam usahanya.
Saya yang merasa mama tak layak lagi untuk bekerja, jadi saya menentangnya untuk pergi begitu juga dengan adik-adiknya, yang ada dalam benak kami kalau mama di sana akan kerja berat.. Tetapi tidak, bu dewi sangat sayang sama mama ia sangat senang bila ada teman yang bisa menemani ia berjualan.. Dan mama juga merasa sangat senang tinggal bersamanya.. Mama yang selalu menelepon dan memberi kabar kepada saya ia merasa sangat bahagia setiap berpergian bersama bu dewi..

Sudah 1 pekan lamanya mama di sana. Bu dewi juga berpesan jika kakak sudah bosan dan ingin pulang bilang saja biar saya belikan tiket untuk pulang, tetapi mama menolaknya mama ingin berada di sana untuk sementara waktu..

Mengingat ia sudah lelah menghadapi hidup ini banyak saja rintangan yang kami dapat dari saudara maupun dari kerabat terdekat atas kesulitan yang kami jalani selama ini.. Maka mama layak berbahagia saya sangat sayang sama mama.. Banyak sekali perjuangan mama terhadap kami, melihat mama bahagia kami pun ikut bahagia..

Tetapi tidak untuk adik-adiknya mereka seperti iri dengan kehidupan mama saat ini.. Mereka tak pernah menanyakan kabar mama dan tak pernah mempedulikan kami sebagai keponakannya.. Sungguh saudara yang sangat aneh..

Begitulah cerita di balik foto tersebut..
Semoga mama menjadi lebih bahagia lagi dalam menjalani hari-hari dalam kehidupannya untuk saat ini dan ke depan nanti. Apapun yang terjadi, mama akan selalu tetap menjadi permata dalam hati kami, I Miss You Mama..

Terimakasih telah membaca tulisan saya. Saya ingin mengundang @fajrularifst, @fadia dan @ifatniza untuk ikut serta dalam kontes ini.

Salam,
@dwiearisandi

Sort:  

Pasti kamu berlinang air mata ketika menulis tentang mama kan

Tentu bu, tidak mungkin saya jelaskan. Pengorbanan seorang mama tak akan sanggup untuk kami membalasnya.

Ia benar sekali sunguh mulianya para ibu di mukabumi ini.. Begitu juga dengan kita menjaga Anak-anak kita kelak dengan baik..

Loading...

Mama, satu kata yang menyimpan banyak cerita. Mama adalah sumber kekuatan dan kebaikan. Semoga bahagia senantiasa menyertai Mama.

Aamiin terimakasih suport nyaa dey

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.032
BTC 64196.23
ETH 2757.67
USDT 1.00
SBD 2.71