"One Picture And One Story Week #55"

1000005653.jpg

div.png

One Picture & One Story Week #55 :

Ini adalah partisipasi saya yang kedua di Minggu ke #55 pada kontes yang diadakan oleh @suboohi, dan saya mengajak @abialfatih, @bang.dien dan @edywan untuk ikut serta di kontes ini.

Pada kesempatan ini saya ingin membagikan sebuah motivasi dan renungan bagi kita semua yang saya temui saat mengikuti pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek) gangguan reproduksi di BPTU-HPT Padang Mengatas Sumatera Barat.

Sesuai dengan tema kontes, saya ingin bercerita tentang motivasi yang saya temui saat mengikuti bimtek tersebut di BPTU-HPT Padang Mengatas, dimana pada hari pertama kegiatan bimbingan teknis, kami dibawa berkeliling oleh pihak balai (panitia) ke beberapa titik dalam kawasan balai yang memiliki luas areal sekitar 280 Ha.

Lahan ini digunakan untuk pastura (padang pengembalaan) sekitar 211 Ha, kebun rumput 28 Ha, dan untuk luas bangunan kantor, kendaraan, serta jalan sekitar 41 Ha. Dan lahan ini dapat digunakan untuk memelihara sapi sebanyak 1.500 – 2.000 ekor sesuai dengan jenis dan bangsanya.

Kami para peserta pelatihan yang berjumlah 22 orang dibawa berkeliling kawasan BPTU-HPT Padang Mengatas menggunakan mobil pengantar yang memang disediakan untuk kegiatan pelatihan ini selama lebih kurang dua Minggu sesuai rencana.

Satu persatu unit dan fasilitas yang ada di balai ini dikenalkan kepada kami para peserta pelatihan, seperti laboratorium, kandang, lahan pengembalaan, bank pakan, lahan HMT (Hijauan Makanan Ternak) dan lain-lain.

Kami diantarkan dengan mobil khusus dan melewati jalan yang mendaki dan menurun yang ada di dalam kawasan balai, karena topografi balai ini memang berada di kaki Gunung Sago yang tentu khas dengan permukaan yang mendaki dan menurun.

Disisi jalan yang ada dalam kawasan balai ini banyak terdapat panflet yang berisi kata-kata motivasi yang digantungkan pada logo BPTU-HPT Padang Mengatas ini yaitu SIJAWI seperti yang tampak diawal postingan saya.

Di balai ini ada juga Mini Ranch Sijawi yang merupakan wisata edukasi yang disediakan oleh balai ini kepada masyarakat tanpa pungutan bayaran alias gratis.

Warga masyarakat bisa berkunjung ke Mini Ranch ini dengan membawa anak-anak mereka untuk mengenal ternak dan peternakan karena pengunjung dapat melewati track jalanan setapak penuh batu kerikil yang kanan kirinya sudah diberi jerat kawat, dan ada perhentian yang memiliki gazebo untuk istirahat dan jembatan kecil, serta ada outlet minuman.

Para pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan hewan ternak sapi yang di lepas di savana padang rumput hijau, dimana para pengunjung bisa mendekat untuk melihatnya.

Ini menjadi media edukasi yang bagus bagi pengunjung, terutama anak-anak, karena mereka bisa mengenal bentuk dan jenis sapi lokal maupun luar yang ada di balai ini.

Dan di Mini Ranch Sijawi ini juga ada banyak papan edukasi termasuk kata-kata motivasi bagi para pengunjung.

Saat berkeliling kawasan balai pada hari pertama, mata saya tertuju pada sebuah panflet yang berisi kata-kata motivasi, yaitu : "MELAKUKAN PEKERJAAN KECIL DENGAN BAIK AKAN MELATIH KITA UNTUK DAPAT MENYELESAIKAN PEKERJAAN BESAR DENGAN SEMPURNA".

Saya tidak tahu pasti siapa yang memiliki atau membuat kata-kata motivasi tersebut untuk pertama kalinya. Yang pasti kata-kata motivasi tersebut cukup bagus dan saya setuju dengan hal itu.

Karena menurut pengalaman saya selama ini, hal itu memang benar adanya dan saya telah membuktikannya.

Sejak masih kuliah saya sudah belajar melakukan sebuah pekerjaan dan menjalankan sebuah tanggung jawab seperti menjadi ketua panitia sebuah kegiatan dan mengorganisir sebuah event di kampus.

Saya berusaha melakukannya dengan segenap kemampuan saya dan juga secara baik. Alhamdulillah hasilnya cukup maksimal meskipun pada skup yang lebih kecil, yaitu di kampus.

Kebiasaan di kampus tersebut berdampak pada saat saya mulai terjun ke dunia kerja, dimana saat saya diangkat sebagai Aparatur Sipil Negara dan diberikan tanggung jawab serta kepercayaan untuk menduduki jabatan struktural dan harus menjalankan bermacam program serta kegiatan, saya bisa melaksanakannya dengan baik tanpa cela.

Selama 18 tahun menjabat di struktural, saya bisa melaksanakan tanggung jawab jabatan dengan baik dan sempurna sehingga tidak bermasalah dengan hukum. Alhamdulillah... 🤲

Secara lebih luas, saya rasa hal ini juga berlaku bagi siapa saja, bila terbiasa MELAKUKAN PEKERJAAN KECIL DENGAN BAIK maka AKAN MELATIH KITA UNTUK DAPAT MENYELESAIKAN PEKERJAAN BESAR DENGAN SEMPURNA.

Selain kata-kata motivasi diatas, masih banyak kata-kata motivasi yang ada di panflet di BPTU-HPT Padang Mengatas ini yang saya temui selama berada disana, dan mungkin akan saya bagikan di lain waktu.

Sekian dulu postingan saya kali ini. Stay healthy and Fun.....Ciao...!

Regards

@alee75

We invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.
Click Here
Sort:  
 yesterday 

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

Terimakasih pak sudah mengundang saya, Alhamdulillah saya sudah mengikutinya

Congratulations, your post has been upvoted by @scilwa, which is a curating account for @R2cornell's Discord Community. We can also be found on our hive community & peakd as well as on my Discord Server

Manually curated by @ abiga554
r2cornell_curation_banner.png

Felicitaciones, su publication ha sido votado por @scilwa. También puedo ser encontrado en nuestra comunidad de colmena y Peakd así como en mi servidor de discordia

 yesterday 

@alee75
Ini menjelaskan bagaimana ruang pendidikan sebegitu bukan sahaja memberi pencerahan tetapi juga menjadi medium untuk memberi inspirasi kepada pelbagai lapisan masyarakat.

Kisah anda ini menyerlahkan rasa tanggungjawab dan dedikasi anda terhadap kerja anda serta kepentingan kata-kata inspirasi, yang boleh menjadi sumber inspirasi kepada orang lain.

Kop bereh pelatihan inan

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 60961.08
ETH 2363.44
USDT 1.00
SBD 2.52