You are viewing a single comment's thread from:

RE: Steemit Engagement Challenge / S19/W2 - "La vida sin electricidad"

in Hindwhale Community5 hours ago

Terima kasih undangannya, teman. Anda benar bahwa listrik sangat penting dalam kehidupan kita di zaman modern ini, dimana hampir semua aktivitas kita menggunakan listrik.

Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia. Bahkan ada yang beranggapan bahwa mereka tidak bisa hidup tanpa listrik.

Saya juga menganggap bahwa listrik sangat penting bagi kehidupan saya. Namun disisi lain saya tidak berkeberatan bila hidup tanpa listrik dengan catatan bahwa memang listrik sudah tidak ada di dunia ini.

Mengapa demikian? Bila melihat pengalaman masa lalu, dimana listrik belum ada atau belum semua memiliki listrik, hidup tetap berjalan sesuai dengan kondisi yang ada. Segalanya berjalan normal, bahkan kita tetap hidup dengan bahagia.

Dalam hal ini, sebagai orang yang lahir pada tahun 70-an, saya pernah mengalami masa dimana saat itu desa kami dan banyak tempat lainnya belum tersambung dengan listrik.

Sebagai alat penerangan, kami mengunakan lampu petromak dengan bahan bakar spirtus atau lampu berbahan bakar minyak tanah.

Hidup berjalan dengan bahagia dan tenang serta lebih dekat dengan alam. Sebagai hiburan kami mendengar radio dan menonton TV layar hitam-putih yang menggunakan batere sebagai sumber tenaganya.

Hiburan berupa pertunjukan seni tradisional dan kegiatan olahraga (sepakbola, dll) adalah jenis hiburan yang menjadi pilihan saat itu.

Overall, hidup tetap berjalan normal dan bahagia. Jadi saya tidak keberatan bila kembali ke zaman tersebut, yang dalam memori saya adalah periode yang paling membahagiakan dalam hidup saya.

Bahkan dalam imajinasi saya, saya ingin merasakan hidup pada zaman jauh sebelumnya dimana manusia hidup dan menyatu dengan alam. Mungkin hidup di era Samurai pada abad ke-13. ☺️

Manusia dianugerahi kemampuan berfikir dan melakukan adaptasi terhadap segala kondisi, sehingga apapun situasinya, kita tetap bisa bertahan dan hidup dengan bahagia.

Semoga anda beruntung dengan kontes ini.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 63595.77
ETH 3415.98
USDT 1.00
SBD 2.49