The Diary Game - Sabtu, 31 Agustus 2024: Akhir Pekan Mengajar Materi P5

in STEEM FOR INDONESIAlast month

Halo sahabat steemit, selamat pagi dan salam sejahtera untuk steemian semua. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semua masih dalam keadaan sehat wal'afiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT agar dapat menjalankan segala aktivitas dengan baik. Alhamdulillah saya kembali hadir membagikan kegiatan harian pada hari yang berbahagia ini.

1000009871.jpg

Tanpa terasa waktu memang begitu cepat berlalu dan hari sabtu yang berbahagia ini sudah memasuki akhir bulan Agustus. Bulan yang penuh sejarah bagi bangsa tercinta karena pada bulan ini Indonesia memperoleh kemerdekaan dan terbebas dari penjajah. Akhir pekan yang cerah saya memulai aktivitas seperti biasa dengan bangun menjelang fajar tiba. Saat terdengar adzan berkumandang yang menandakan waktu subuh tiba saya bangkit dari tempat tidur. Saya menuju kamar mandi untuk membersihkan diri dan mengambil air wudhu untuk melaksanakan kewajiban.

1000008030.jpg

Hingga sesaat kemudian terdengar iqamah yang menandakan shalat subuh berjamaah segera didirikan. Segera saya keluar rumah di tengah suasana yang masih gelap untuk menuju ke mesjid. Usai shalat subuh berjamaah saya manfaatkan waktu sejenak untuk iktikaf sambil berzikir memuji kebesaran Allah SWT. Ba'da subuh saya segera pulang ke rumah dengan berjalan kaki untuk menghirup udara pagi yang masih lumayan segar. Tiba di rumah saya manfaatkan kembali waktu sejenak dengan rebahan bersama dek Raffa yang pagi ini masih terlelap dalam tidur.

1000008071.jpg

Sambil menunggu tiba waktu untuk menuju ke tempat tugas, saya mengambil smartphone dengan mengaskses internet. Saya mengupdate sejumlah informasi terbaru yang terjadi di berbagai belahan dunia. Kecanggihan teknologi saat ini memudahkan untuk memperoleh informasi terkini hanya dalam hitungan detik. Hanya dengan satu jari melalui smartphone kita dapat mengetahui kejadian dimanapun. Namun begitu sangat dibutuhkan ketelitian dalam memilih dan memilah informasi yang banyak muncul diberbagai media online.

1000008070.jpg

Saat jam telah menunjukkan pukul tujuh pagi waktu Indonesia barat, saya beranjak keluar rumah menuju ke tempat tugas. Setiap Sabtu saya mendapat jadwal mengajar pada jam ketiga sehingga bisa bersantai sedikit lama di warung kopi langganan. Saya sarapan pagi sambil menikmati secangkir kopi terlebih dahulu di syekh nyak legend kupi. Saya juga manfaatkan waktu dengan membuka akun steemit untuk membuat sebuah postingan rutin di salah satu komunitas. Hampir satu jam kemudian saya baru beranjak keluar kafe dan langsung menuju sekolah.

1000008607.jpg

Tiba di halaman sekolah tercinta yang nampak asri dan rindang setelah memarkir kenderaan saya menuju ruang kerja sekalian mengisi absen finger print. Kemudian sebelum tiba waktu mengajar saya melaksanakan shalat sunat dhuha sebagai amalan tambahan akhir pekan yang cerah ini. Tidak berselang lama setelah shalat sunat terdengar bel pergantian pelajaran. Saya segera menuju kelas XI.1 yang berada di bagian belakang gedung untuk mengajar. Namun saat melewati ruang laboratorium fisika salah seorang rekan guru meminta ijin untuk menggunakan jam mengajar saya.

Beliau sedang melaksanakan praktek dan belum selesai sehingga masih memerlukan waktu untuk menyelesaikan praktek. Setelah mengijinkan jam pelajaran saya dilanjutkan untuk praktek tersebut, saya menuju ruang kerja. Sejenak saya singgah di kantin untuk berdiskusi dengan beberapa rekan terkait berbagai hal. Kemudian saya masuk keruang kerja dan memanfaatkan waktu luang sebelum mengajar kembali untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan rutin. Hingga kemudian terdengar bel masuk dan saya menuju ruang kelas XII.3 untuk mengajar kembali.

1000008605.jpg

Di kelas tersebut untuk hari sabtu saya tidak mengajar mata pelajaran matematika sebagaimana mapel yang saya ampu. Namun saya mendapat jadwal mengajar materi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). P5 ini menjadi bagian penting dan tidak terpisahkan dari kurikulum merdeka yang sudah diterapkan secara penuh untuk tahun pelajaran ini. Di kelas yang identik dengan penjurusan IPS ini saya hanya mengarahkan dan membimbing para siswa perkelompok untuk menyelesaikan tugas minggu lalu ke aplikasi canva agar mereka dapat mempresentasikan di depan kelas.

1000008577.jpg

Nampak para siswa begitu antusias untuk menyelesaikan tugas kelompok tersebut. Namun karena waktu yang terbatas dan jariangan yang terkadang kurang bersahabat sehingga tugas kelompok tersebut tidak dapat dipresentasikan pada hari ini. Hingga terdengar bel pergantian pelajaran saya keluar dari kelas tersebut dan menuju ruang kerja. Saat terdengar adzan berkumandang saya beranjak keluar halaman sekolah dan singgah di mesjid Al Mabrur untuk menunaikan shalat dhuhur berjamaah. Usai shalat saya langsung pulang ke rumah untuk beristirahat dan terbangun menjelang ashar. Hingga malam tiba saya hanya melakukan aktivitas rutin saja dirumah.

Demikian rangkaian kegiatan saya pada hari yang berbahagia ini dan terima kasih selalu atas dukungan semua sahabat steemit di mana saja berada.

Salam,
@fadlymatch

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 last month 

Thank you

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 last month 

Thank you

 last month 
Thank you for sharing in the STEEM FOR INDONESIA community

Dan terima kasih juga telah berbagi The Diary Game di halaman komunitas Steem For Indonesia:

DescriptionInformation
AI & Plagiarism Free✅️
Status Account✅️
Club StatusClub100
Support @steem4indonesia❌️
Support burnsteem25✅️

Kami Turut Mengundang Anda Untuk Mendukung Pertumbuhan Komunitas STEEM FOR INDONESIA Dengan Mengdelegasi Ke Akun @steem4indonesia👇

100200300400500
10002000300040005000

"Assalamualaikum dan salam sejahtera! 🌞😊 Great post as always @fadlymatch! It's wonderful to see you sharing your daily activities and experiences with us on Steemit. I'm sure many of us can relate to your busy schedule, especially on a Saturday 😅.

I love how you start your day with prayer and reflection, setting a positive tone for the rest of the day. And who knew that teaching P5 could be so engaging? 🤓 Your students must appreciate your enthusiasm!

Your post is not only entertaining but also gives us a glimpse into the life of an educator. I'm sure we all appreciate the hard work and dedication that goes into making education accessible to our children.

Keep sharing, @fadlymatch! And don't forget to cast your vote for xpilar.witness by going to https://steemitwallet.com/~witnesses 🙏. With your support, we can continue to grow and thrive as a community."

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 61276.74
ETH 2421.33
USDT 1.00
SBD 2.63