Pengalaman pertama masuk dunia servis

in Frestyle3 years ago

IMG_20210909_105414.jpg

Pada awalnya itu dimulai dari semenjak aku kelas 6 SD sekitar tahun 2009an dimana dimasa" itu saya sering kewarnet untuk bermain game kesukaan pada waktu itu adalah Poin Blank setiap kali ke warnet pasti langsung login game ini dan saya kecanduan game ini sampai 4 tahun lamanya dimana d tahun" terakhir saya malas main karna banyaknya pengguna menggunakan cheat dari pekalongan.com

Karna seringnya saya kewarnet saya sampai kenal dekat dengan operator warnet tersebut sampai ke pemilik warnet, tetapi walaupun saya kecanduan game online saya tidak pernah bolos sekolah kecuali masuk klasmiting, itu adalah hari" yang paling bebas dari semua hari" di sekolah di masa itu.

Saya nge-game rata" perhari bisa 4 jam dimasa itu kecuali malam Minggu itu bisa 12jam pada malamnya dan paginya tinggal tidur sampai Zuhur begitulah hari" yang saya lalui tetapi walaupun demikian kami punya slogan yaitu "walaupun kami tidak kemana" tetapi kami ada di mana".

IMG_20210909_105405.jpg

Karna keseringan ke warnet tersebut oiya nama warnnya tu oziex.net seperti yang sudah saya singgung diatas saya menjadi kenal dengan orang punya warnetnya yang bernama bng Fauzi kalau saya panggil dengan bahasa Minang Da Puji atau abng Puji.

Karna kebetulan Da Fauzi juga lulusan Elektronika maka dia entah kenapa mengajak saya untuk pertama kalinya memperbaiki CPU dan itulah pertama kalinya saya melihat isi dalam CPU, pada awalnya saya cuman membantu mengangkat dan membuka menutup tutup casing CPU sampai pada akhirnya setelah 2 Minggu saya membantu Da Puji saya di tawari untuk belajar memperbaiki CPU tersebut dimana pada awalnya saya disuruh untuk mengambil CPU yang mati total dan saya diminta untuk mengganti power suplai dari CPU tersebut dengan mendengarkan langkah demi langkah yang di sebut oleh Da Puji waktu itu kalau nggak salah di tahun 2010.

IMG_20210905_080211.jpg

Setelah saya memasang power suplai tersebut dan saya di suruh untuk mengujinya tetapi Da Puji malah menakuti saya dan sambil menutup kedua telinganya nya dia bilang "hati" nantik CPU nya meledak" karna di takuti saya waktu itu juga takut tetapi saya di paksa terus untuk mengadakan nya dengan rasa yang was-was saya memaksa kan diri untuk mengujinya dan tidak disangka, CPUnya aman dan dihubungkan dengan monitor ternyata menyala dan itu membuat hati saya sangat senang karna bangga dengan diri sendiri ternyata saya bisa servis CPU untuk pertama kalinya.

Dengan kejadian itu saya menjadi pede untuk belajar lebih dalam dan Da Puji tidak segan-segan untuk mengajar saya sampai pada akhirnya setelah saya belajar lebih kurang 1 bulan di tahun 2010 itu saya bisa dengan mandiri memperbaiki sebuah CPU tanpa bantuan Da Puji Walaupun pada masa itu saya hanya servis sekedar mengganti blok-blok seperti 1 blok power suplai atau ganti RAM, HDD dan juga VGA Card tetapi di masa itu saya sangat puas.

IMG_20210905_070252.jpg

Karna seringnya saya melakukan servis di warnet Oziex.net di tahun 2011 sampai 2012 saya dikasih uang lelah oleh Da Puji setiap saya berhasil memperbaiki 1 CPU maka saya akan dikasih 25rb oleh Da Puji dan itu semakin membuat adrenalin saya terpacu untuk selalu belajar tentang elektronika.

IMG_20210905_070247.jpg

Setelah saya lulus dari MTsN di tahun 2012 saya masuk SMK N 1 Guguak di jurusan TAV Teknik Audio Video dimana jurusan ini berfokus pada teknik atau cara memperbaiki atau menservis peralatan elektronik rumah tangga seperti TV, Kulkas, AC Dsb.

Dimasa SMK juga saya memiliki seorang mentor untuk belajar servis itu adalah guru saya sendiri yang bernama pak Syukri, dulu pada tahun 2013 saya sering ke toko pak Syukri untuk belajar dari fungsi Daras komponen sampai bagai mana cara mentraking sebuah jalur di papan PCB.

Dan ilmu itu sampai sekarang tidak pernah saya upakan dan sampai akhir sekarang saya memiliki toko komputer sendiri daya di mana penjualan laptop komputer baru dan second dan juga servis segala macam kerusakan komputer dan laptop.

Nah itu lah cerita singkat saya, terimakasih telah berkunjung, hormat saya Zakky @adipa

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.034
BTC 63475.77
ETH 3117.23
USDT 1.00
SBD 3.94