Achievement 2 by @zahra-blink Tugas: Basic Security on Steem

in Newcomers' Community3 years ago

depositphotos_13418740-stock-photo-lock-and-key.jpg

Source

Hallo Newcomers, apa kabar kalian semua, semoga selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa.

Setelah saya putuskan untuk menjadi bagian dari komunitas steemit, maka saya harus siap untuk mengikuti aturan yang ada pada komunitas ini, salah satunya adalah aturan pada tahap menyelesaikan tugas Achievement.

Beberapa hari yang lalu saya bergabung dengan steemit dan sehari setelah mempelajari, saya langsung menyelesaikan tugas Achievement 1 saya yang Alhamdulillah tugas tersebut sudah mendapatkan verivikasi dari pak @heriadi sebagai Greeter untuk para Newcomers yang baru bergabung. Dan memberikan petunjuk berikutnya melalui sebuah komentar yang ditulis oleh pak @heriadi.

Screenshot_2021-06-09-14-40-45-68.jpg

Setelah membuka petunjuk tersebut, saya mendapatkan artikel dari @radjasalman yang dirangkum oleh @cryptokannon tentang Panduan Achievement 2, butuh waktu yang lama bagi saya untuk memahaminya. Oleh karena itulah saya baru bisa membuat postingan Achievement 2 ini.

Baiklah, langsung saja saya akan mulai membahas tentang Basic Security on Steem dengan berpedoman pada beberapa pertanyaan.

Pertanyaan 1

Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di steemit ?

Iya, saya sudah mendapatkan semua kunci dari pertama saya mendaftar, kunci tersebut saya dapat melalu sebuah PDF yang diperintahkan untuk mendownloadnya. Lalu didalamnya terdapat 5 kunci penting yang harus disimpan, dan saya sudah mengamankan kunci saya pada sebuah dokumen rahasia di handphone saya.

Pertanyaan 2

Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini ?

Setelah membaca panduan Achievement 2, sedikit-sedikit saya mulai memahami tentang semua kunci tersebut, diantaranya:

CaFNy2Df6cUGEa9T1xhwLDRk77bNbh8xmX5Z4CLX89sMQnx91oWqRpdtNwCaUcRe8SDPfLaWzL5VjLYiZNnRYvo6Us1yKwa6.jpg

Source

1. Master Key

Master key adalah kunci utama yang sangat penting untuk disimpan, karena master key adalah induk daripada kunci lainnya, dengan menggunakan master key, kita bisa masuk ke beranda wallet untuk bisa mendapatkan semua kunci lainnya, lalu kunci tersebut dicopy dan di simpan dengan aman, karena suatu saat kunci tersebut akan digunakan sesuai dengan kegunaannya.

2. Private Key

Private key adalah kunci yang berfungsi login kedalam akun steemit, agar bisa memposting postingan yang sudah ditulis, kemudian juga bisa berfungsi untuk memberikan upvote, komentar, dan me-resteem postingan yang bermanfaat lainnya.

3. Active Key

Aktive key adalah salah satu kunci yang sangat berperan penting dalam melakukan beberapa kegiatan lainnya, diantaranya dengan active key, dapat mengubah atau melakukan pembaharuan pada settingan profil, melakukan transaksi atau mentransfer dana dari SBD ke Steem guna untuk melakukan power up yang akan difungsikan untuk memperkuat power akun dengan cara power up tersebut, atau bisa juga digunakan untuk melakukan power down.

4. Owner Key

Apa itu owner key, sebenarnya owner key ini fungsinya sama dengan master key, yaitu kunci yang berpengaruh untuk kunci-kunci lainnya, jadi owner key ini harus disimpan dan dijaga baik-baik layaknya menjaga seperti Master key.

5. Memo Key

Memo Key adalah kunci yang berfungsi untuk mendeskripsikan memo saat mentransfer dana. Memo key juga bisa di pakai apabila mengerti tentang sistem blockchain dan juga API.
Apa itu API ?
API adalah pengembang Bitcoin di dalam blockchain.

Pertanyaan 3

Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu ?

Untuk mengamankan Master key, saya menyimpan kunci tersebut dalam 2 tempat, yang pertama aplikasi ColorNotr yang saya gunakan untuk menyimpan beberapa data lainnya. Khusus untuk master key, saya juga menyimpannya di aplikasi Masanger yaitu dengan mengirimkan lewat pesan dari akun facebook yang pertama ke akun yang kedua, ini saya lakukan sebagai antisipasi apabila suatu saat handphone saya rusak atau terjadi kehilangan, jadi saya tinggal masuk ke akun facebook saya lalu masuk ke masanger untuk mengambil kembali kuncinya.

Pertanyaan 4

Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain ?

Iya pasti saya sudah mempelajarinya.
Tahap awal ialah masuk ke akun wallet.

IMG_20210609_192253.jpg

Akan ada pilihan Steem, Steem Power, dan Steem Dollar. Lalu pilih pada pilihan Steem, kemudian transfer, akan keluar pilihan berikutnya.

IMG_20210609_192338.jpg

Masukkan Nick name yang ingin anda kirimkan Steem, lalu ada Amount untuk jumlah Steem yang akan anda kirimkan. Kemudian pada memo tuliskan tujuan anda mengirimkan Steem kepada akun lain, itu bertujuan sebagai keterangan untuk apa anda mengirimkan Steem anda. Lalu lanjutkan/next.

IMG_20210609_192459.jpg

Akan keluar konfirmasi pengiriman, anda harus memperhatikan dengan teliti apakah sudah benar tujuan dan jumlah pengiriman anda, jika sudah anda lanjutkan dengan menekan pada kolom oke.

IMG_20210609_192707.jpg

Anda akan diminta untuk memasukkan password atau kode active key untuk menginformasi kiriman anda. Selesailah pengiriman Steem anda.

Pertanyaan 5

Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu ?

Pertanyaan terakhir adalah tentang pengetahuan anda tentang power up dari Steem ke Steem Power atau power down dari Steem Power ke Steem.

Caranya sangat mudah menurut pemahaman saya, yaitu anda terlebih dahulu membeli Steem dari Steem Dollar pada market wallet bila anda memiliki SBD untuk dilakukan power up ke steem.

IMG_20210609_202357.jpg

Kemudian anda pilih Buy Steem, anda masukkan jumlah SBD yang akan anda jual untuk Steem, sesudah anda mengonfirmasi pembelian, secara otomatis Steem anda akan bertambah sesuai jumlahnya.

IMG_20210609_202437.jpg

Kemudian anda lakukan lagi aktivitas power up untuk menambahkan power akun/suara anda pada Steem Power. Maka akan bertambah Steem Power yang anda punya sesuai dengan jumlah power up anda.

Untuk tahap power down, anda kembali lagi ke Steem Power lalu anda pilih power down sesuai jumlah yang anda inginkan.

IMG_20210609_203559.jpg

Hanya sekian penjelasan daripada tugas Achievement 2 saya, mohon maaf bila masih ada banyak kesalahan, maklumlah masih pemula. Hanya saja saya mengharapkan masukan-masukan positif dari steemian lainnya untuk perkembangan saya ke depannya.

Salam Hormat Saya

@zahra-blink

Sort:  
 3 years ago 

Luar biasa penjelasannya @zahra-blink 👍

 3 years ago 

Hehe, butuh 6 hari untuk bisa menjelaskan serumit itu bg @mirzamg

 3 years ago 

Iya, saya butuh 1 bulan untuk memahaminya, belum lagi untuk menjelaskannya 😄

Salam

 3 years ago 

Itupun saya bisa jelaskan demikian berkat batuan dari abg saya bg hehe

Hey @zahra-blink, This is Aniqa Mashkoor, a greeter helper.


congratulations! you have successfully completed your achievement 2. Now you can head towards completion of achievement 3. For this I'll recommend you to first read and understand this Achievement 3 : Content Etiquette guideline by cryptokannon

TASK RATE: 2


I encourage you to complete your achievements till 4 to be a part of NEWCOMERS SUPPORT PROGRAM which is 500SP Minnow Support Program in the Newcomers' Community.

Happy steeming :)

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 68168.17
ETH 3256.43
USDT 1.00
SBD 2.67