Achievement 2 : Basic Security on Steem oleh @wisteriabunjingi

in Newcomers' Community2 years ago (edited)

Logopit_1644754266888.jpg


Sebelumnya saya telah mendapat peringatan dari @heriadi selaku greeter komunitas ini karena saya, @wisteriabunjingi telah memplagiat unggahan milik seorang teman. Semua itu kesalahan saya, dan saya telah mengakuinya. Akan tetapi, semoga kesempatan bergabung masih terbuka. Dan inilah pos terbaru saya, yang telah saya sunting secara keseluruhan.

Pencapaian ke-2 ini isinya merupakan jawaban atas sejumlah pertanyaan yang ingin mengetahui sejauh mana para pengguna paham mengenai keamaan dasar Steemit. Terdapat sejumlah pertanyaan yang harus saya jawab, sebagai berikut:

Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di steemit?

Logopit_1644751021783.jpg

Sudah. Saya sudah mendapatkannya di awal. Karena akun ini baru saja aktif kembali saya lupa mengenai detailnya, yang pasti saya telah mengunduh file versi PDF berisi kode keamanan akun saya ketika pertama kali mendaftar, dan kini tersimpan dengan rapi.


Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?

Logopit_1644751335800.jpg

Dalam pos Panduan Achievement 2 untuk Pendatang Baru unggahannya @radjasalman, telah dijelaskan bahwa tiap-tiap kunci memiliki batasan.

Posting key untuk login sehari-hari;
Active key bila diperlukan untuk transfer, power up, dll, dan;
Master key atau private owner key saat mengubah sandi.


Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?

Logopit_1644751455762.jpg

Saya melakukan dua metode penyimpanan untuk file PDF berisi semua kunci akun saya. Pertama di akun awan (cloud) dengan memanfaatkan platform penyimpanan awan seperti Google Drive. Kedua, saya menyalinnya ke penyimpanan berkas telepon pintar saya. Jika ragu, saya juga bisa memanfaatkan pengunci aplikasi agar keamanan file tersebut terjamin. Yang pasti, kunci-kunci merupakan hal penting.


Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain?

Saya akan menuliskan langkah-langkahnya secara naratif.

  1. Setelah masuk ke akun melalui private posting key, saya harus menuju ke wallet/dompet.

IMG_20220213_180730.jpg


  1. Di laman wallet, terdapat beberapa keterangan yang menunjukkan jumlah STEEM, STEEM POWER (SP), STEEM DOLLARS, dan sebagainya. Untuk mengirim STEEM ke akun pengguna Steemit lainnya, saya sebenarnya hanya perlu mengeklik keterangan STEEM. Dengan syarat saya juga harus memiliki sejumlah STEEM di dalam dompet saya. Namun, untuk menghidupkan fitur pengiriman STEEM tersebut, saya harus masuk dengan kunci Private Active Key terlebih dahulu. Caranya, tinggal klik bilah (tiba garis) di sudut kanan atas tanpa harus keluar dari laman wallet. Klik tulisan sign in, lalu lakukan langkah seperti ingin masuk ke akun pertama kali, bedanya, kunci yang dimasukkan adalah Private Active Key.

IMG_20220213_180837.jpg


  1. Setelah fiturnya hidup, tinggal klik tulisan STEEM. Kebetulan saya hanya memiliki 0,001. Maklum karena akun saya baru aktif kembali. Lalu klik transfer. Setelah itu, saya akan dipertemukan dengan sebuah laman munculan. Laman munculan itu mengharuskan saya untuk mengisi beberapa hal. Pertama nama pengguna akun yang akan saya kirimi STEEM, kedua jumlah STEEM yang akan saya kirim, dan ketiga memo. Saya telah melakukan demo dengan menggunakan sebuah akun khayalan.

Screenshot_2022-02-13-17-35-11-639_com.android.chrome.jpg


  1. Setelah itu semua terisi, baikanya saya harus mengecek kembali apakah datanya sudah tepat atau belum. Jika sudah, tinggal klik tombol next. Saya akan diarahkan ke laman konfirmasi untuk memastikan tidak ada kesalahan data. Jika semuanya sudah tepat, saya tinggal klik transfer. Selesai.

Screenshot_2022-02-13-17-35-01-139_com.android.chrome.jpg


Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu?

Tahu. Lagi-lagi, semuanya bisa dilakukan di laman wallet/dompet saya dan untuk Power Up langkahnya tidak jauh berbeda dengan cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain? seperti pertanyaan nomor 3. Bedanya, jika untuk mengirim STEEM ke akun lain saya harus memilih transfer, kali ini yang dipilih adalah power up. Fitur power berguna untuk mengkonversi STEEM jadi STEEM POWER.

IMG_20220213_181123.jpg


Nanti akan ada laman khusus yang meminta untuk diisi dengan keterangan jumlah STEEM yang akan di-Power Up, sebelum eksekusi terakhir dilakukan. Steem power berguna untuk keleluasaan pengguna dalam berenang-renang di lautan cryptoblog ini. Akan tetapi, ia tidak bisa dikonversi menjadi STEEM DOLLAR (SBD), beda halnya dengan STEEM. Di satu sisi, SBD sendiri bisa digunakan untuk membeli STEEM di fitur market. Ada satu cara terakhir untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah, yaitu melakukan Power Down. Fitur ini terdapat di pilihan yang berisi informasi jumlah STEEM POWER (SP). Tinggal klik Power Down, SP akan dikonversi menjadi STEEM oleh sistem secara berjangka. Saya bisa menjual STEEM tersebut ke dalam SBD, namun, syaratnya saya harus hengkang dari platform ini, alias dari ekosistem Steemit, selamanya.

IMG_20220213_181014.jpg


Demikianlah. Terutama kepada @heriadi, mohon untuk mereview pos pencapaian ke-2 hasil suntingan ini. Saya mohon maaf kepada seluruh tim pemantau komunitas dan teman-teman semua karena saya telah melakukan kesalahan di awal dengan menyalin milik teman saya @mosin-nagant atas sebuah konsesi di luar platform ini.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 59026.89
ETH 2655.48
USDT 1.00
SBD 2.50