ACHIEVEMENT 1 // Introduction of Myself to Steemit @tooris

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

Halo teman-teman Stemians,

Salam kenal, saya Tauris, lengkapnya Tauris Mustafa. Lahir di Kabupaten Pidie Jaya 38 tahun silam, sekarang menetap di Banda Aceh. bersama Istri dan 3 anak. 1998 setamat SMP saya hijrah ke Banda Aceh, melanjutkan jenjang sekolah ke tingkat menengah atas.

About Me ATM.jpeg
@tooris, Tauris Mustafa. foto oleh: @munaa

Masa SMA itu saya dipanggil ‘Men’ mungkin bagi teman-teman SMA saya dulu melihat dan mendengar nama Tauris itu terasa seperti Turis/Pelancong/Wisatawan, entahlah, (semoga saja seperti nama; raga ini Tuhan berikan langkah berkeliling dunia, Aaminnn). Yang jelas mengalir saja.
Saya alumni Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banda Aceh, atau biasa kami singkat menjadi MANSA. Nah! sekarang teman-teman dalam frekwensi yang sama, di dunia senirupa di Banda Aceh memanggil saya dengan sebutan “ABU” ini karena anak saya memanggil dengan nama itu.

2001 saya lulus dari sekolah menengah tersebut, melanjutkan studi di Kampus IAIN, sekarang disebut UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Di kampus itu, tahun yang sama (2001), saya bergabung menjadi anggota Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) UKM PA-LH Gainpala Ar-Raniry, Angkatan ke-9, tentu saja harus lewat pasal yang bunyinya; "Mulai hari ini, hak saya sebagai calon anggota baru yang ikut diksar dicabut."

Sampai pada hari ke-7 baru hak saya sebagai manusia dikembalikan oleh senior yang menjadi panitia pendidikan dasar pecinta alam. lega rasanya. ☺️

Bersama Yahwa, Senior di Gainpala di Puncak seulawah.jpeg
Bersama Yahwa, Senior di Gainpala di Puncak Seulawah Agam. foto: menggunakan tripod

Lalu 2002, saya bergabung juga di UKM Komunitas Teater Rongsokan, karena kedua UKM saya sebut di atas mewakili hobi saya; Kegiatan Alam Bebas dan Kesenian, khususnya senirupa.

Camping Santai bersama anak-anak Teater Rongsokan di Bukit Gampong Nusa Aceh besar.jpeg
Camping santai bersama teman-teman Teater Rongsokan di Bukit Gampong Nusa, Aceh besar. foto: dok.

Selain dua di atas saya juga bergabung dalam UKM Kalsupa (Kaligrafi dan Seni rupa), unit kegiatan mahasiswa ini akhirnya tenggelam dan tidak ada lagi penerus di kampus tersebut (bisa jadi sudah dihapus dari daftar nama UKM di biro rektorat kemahasiswaan). Saya juga bergabung ke UKM Walet Merah (Pencak Silat), namun akhirnya mundur teratur. dan Tae Kwon Do pun sama.

2004 menjadi ilustrator di Tabloid Dwi Mingguan Aceh Tribun.

Pasca Tsunami melanda Aceh 16 tahun silam, saya pernah ikut aktif dalam kegiatan kemanusian sebagai relawan yang tergabung bersama kawan-kawan di Gainpala, mencari jenazah korban tsunami tertimbun puing, lumpur, sampah yang sulit dijangkau, lokasinya di Pulo Breuh, kepulauan Pulau Aceh.

Berada di sana lebih kurang 20 hari, dengan logistik terbatas.

Sepulang dari Pulo Aceh, menuju Lamno, Aceh Jaya. Bergabung dalam Relawan Kemanusian Panglima Laot, sebagai supervisor. Selama 1,5 bulan.

Se-kembali dari Lamno, diajak gabung ke LSM CMC (Children Media Center) sebagai Ketua Program Rakan Adoe, dalam program trauma hilling, mengunjungi anak-anak di barak pengungsian membawa peralatan menggambar dan ikut menggambar bersama mereka. Itu saya jalani ± hampir 1 tahun. Beberapa barak yang saya kunjungi bersama tim, seperti barak pengungsi di Ladong, Miruek Lam Reudeup dan Leung Bata di Komplek Pesantren Al-Aziziyah. Di LSM ini saya juga dipercayakan menjadi ilustrator majalah Bintang Ubit.

2006 menjadi ilustrator dan kartunis di Harian Rajapost Bireuen, mengisi kolom kartun strip Maruhoi.

2007 bergabung di Harian Aceh, masih sebagai ilustrator dan kartunis, mengisi rubrik kartun strip Do-Kaha, sampai dengan 2009.

2010 bekerja di Harian Serambi Indonesia sampai dengan 2019. sebagai Ilustrator dan desainer grafis.

Potret diri di kantor Harian Serambi Indonesia.jpeg
Potret diri di kantor Harian Serambi Indonesia. foto: dok.

Dari 2015 sudah menjadi bagian kecil dari para desainer lepas. Berjualan karya desain di lapak online.

Saya juga bergabung dalam Komunitas Apotek Wareuna, Banda Aceh sejak 2007.

Bersama Iswadi Basri.jpg
Bersama @iswadibasri, pendiri Komunitas Apotek Wareuna. foto: dok.

Sekarang sebagai Dosen lepas, di kampus UIN atau disebut juga Praktisi Goes to Campus. Tentu saja sekarang masih berjuang dijalur yang sama, yaitu menjadi freelancer sebagai Ilustrator dan desainer grafis.

Kartun Potret diri sebagai Pekerja malam.jpeg
Refleksi diri dalam kartun berkerja malam. ilustrasi: @tooris

Jika di tanya hobi; ya kegitan alam bebas dan kesenianlah. terkadang juga hobi bermain gitar bersama Anak-anak tidak luput dari menggambar bersama.

Di atas mercusuar Williams Torren Pulo Aceh.jpg
Di atas mercusuar Williams Torren Pulo Aceh. foto: mahyong Gainpala.

Saya mengenal Steemit pertama sekali tiga tahun lalu dari @marxause, @bookrak. dan kawan-kawan komunitas kanot bu. Lalu pada penghujung ramadhan 2021 kemarin @mahathir2508 kembali mengingatkan saya tentang Steemit ini, terimakasih kawan.

Menggambar bersama Anak-anak.jpeg
Menggambar bersama Anak-anak. foto: isteri.

Lebaran tiba saya silaturrahmi ke rumah @isnorman, di sanalah saya kembali di bakar semangat olehnya, wah, terimaksih bang. Lalu malam ini 21/05/2021/23:40 WIB saat saya tuliskan tentang saya ini karena dukungan dan dorongan @munaa. begitulah susah payah dan megap-megap dalam saya menyusun kata. Terimakasih banyak bang.

Foto depan Karya Mural bersama teman-teman di gerbang masuk acara Soundraneline, Lamnyoeng.jpeg
Foto depan Karya Mural bersama teman-teman di gerbang masuk acara Soundraneline, Krueng Lamnyoeng, Banda Aceh. foto: dok.

Water Color di Check Yuke.jpeg
Bakwan di warung kopi, karya 3D cat air di atas kertas. Karya: @tooris

Dari sinilah saya rasa, semua menjadi titik awal dari gerak untuk bisa belajar banyak dan fokus. Tentu saja bertemu penulis-penulis yang mapan dan masih baru, banyaklah.

Dengan wadah ini juga moga-moga menjadi salah satu kolam untuk mendulang alat bantu kelengkapan kebutuhan dan ... titik-titik .... Amin ya!

Salam kenal untuk semua warga Steemit
dari saya;

Tauris Mustafa
@tooris

Sort:  

Mantap sekali perkenalannya bang @tooris
Selamat datang dan selamat bergabung dengan kami di Steemit. Senang sekali melihat anda kembali aktif di platform ini.

Akun anda sudah di verifikasi oleh tim greeter Steemit dan akan dilakukan kurasi nantinya. Terima kasih telah aktif kembali di Steemit.

Rate: 3

 3 years ago 

Alhamdulillah, Terimakasih bang @anroja. Saya senang juga disambut dengan hangat tanpa perlu kalung bunga, apalagi berpelukan 🤭 dan Salam kenal 🤝

Eit, bek berpelukan bg, sep na teuh. Can di usei u lua Aceh teuh entrek..🤣🤣🤭

 3 years ago 

@tooris nyou agak manja meunan... hahaha

 3 years ago 

Ya ampun hana mangat sagai tabaca

 3 years ago 

Mubuet aju...nyan ka tèuga, Hana payah piyoh saweub hansep credit

 3 years ago 

Get kak. oya nyoe taneuk japri, miseue lon japri droeneuh, ho rot ta japri? Discord kah?

 3 years ago (edited)

🤣🤣🤣
Sudah saya delegasi ke yang bersangkutan ya cut kak

 3 years ago 

alhamdulillah terima kasih, besok saya bikin postingan klarifikasi dan step lanjutan bagi mereka

Siap, laksanaken..

 3 years ago 

Haha, 🙏 secara ilong pih gli kuh syit. Peulom sesama Agam, kecuali Inong lon galak #aneukiehkeudum aleh PU kutuleh. 🙏

 3 years ago 

Kubilaaaaaang kee sama mak si gam

 3 years ago 

Ampow kak! hehe maksud inong lon galak nyan, nyankeuh mak si gam lon hay! hehe

🤣🤣🤣🤣🤣
makajih bek neulakee berpelukan, abeh teuh di surak le mak si gam..😀

 3 years ago 

hahaha nyoe cit. that na teuh

🤣🤣🤣

 3 years ago 

Jay that mantong harus tameureunow. Kiraju

Haloo bg @tooris. Geuthat na teuh. Nyompat neuh rupajih 'eh. Selamat bergabung🍷🍷

 3 years ago 

Alhamdulillah geukomen ley artis kesayangan kuh, nyoe awak-awak yang meuphom pasti itu-oh rasa kiban nyan ☺️🙏🤝

hehe igob katroh u-beuleun, irokuh baro eh-no, kiraju.

makasih beh 🤝🤓

Hahah....bek neu peugah2 bak awak nyoe kiban rasa jih. Karena hek long singeh di lake-lake komen long.🤓🤓

 3 years ago 

hahaha... nyang sang hana peu-peu, na hek, na hak

 3 years ago 

Saleum Meuturi Bereh that post achievement 1 kreatif. Semoga jitamong steemcurator.

 3 years ago 

Saleum meuturi syid🤝, Teurimonggeunaseh🤝, mudah-mudahan. Aaminn. 🤲

Gron ateuh bareh gron, tak naik potong lah Abu @tooris setelah perkenalan sudah bisa perbanyak postingan, biar kita engkol agar reputasinya naik terus.

 3 years ago 

Trimonggaseh bang @isnorman. semoga naik reputasi dan kita bertahan dalam cara-cara survive yang baik luar-dalam, tidak sekedar good looking ☺️😄🙏

 3 years ago 

reputasi ngga penting-penting kali, sebab yang diperlukan adalah steem power untuk bisa bebas berenang dulu, reputasi bisa menyusul kemudian, 3 kali engkol oleh paus, bereutuusss

Mengerjingkan...

 3 years ago 

haha ku sengkiyu laju beh 😄🤝

Beubagah ju....

 3 years ago 

Yayaya, nyan harus tapakek jurus droeneuh, Speed and fire

Nyan lam bahsa aceh, "kram krum"

 3 years ago 

Bham-bhum, tham-thum, syam-syum. ujong-ujong jih, syohhh. tapih hana teutop kemungkin meuhase ubee ghraya, kiraju

Kee men, buhuek di creativemarket.com. awakkah lagak2 that kapal pesiar inan. Maka kumeulangue lam kulam steemit.com. cek is pih geu grop chit aju sama2 ta manoe ino. Yang bek bulhut!

 3 years ago 

Yayaya, kiraju. Kameutamah seumangat kuh kali nyoe sang. hay adak pih meunan, lam kulam Creative market pih iroekuh Lham-lham timueu keudroe inan, hana can sagai cara ku meulangue.

Meudhup2 jantong teuh tabaca hahaah

 3 years ago 

Watee lheuk kabaca, ka choh hahaha

Harus ta engkol meunye geupeugah le kak @cicisaja

 3 years ago 

Yayaya 😂

 3 years ago 

biar sedikit.. tetap engkol, bah ji'ek reputasi bacut

 3 years ago 

Haha, Makasih kak. 😁🤝

Postingan lon hana soe engkol2 le haha

 3 years ago 

hana deuh, kiban ta engkol teuma?

 3 years ago 

Hi @tooris,

Welcome to Steemit!

Steemit is a blockchain-based social media Dapp (decentralized application) that creates communities where users are rewarded for sharing their voice. It's a new kind of attention economy.

To help make your experience more enjoyable, we made a list of useful tips, links, and fun games to play on the Steem Blockchain. Continue Reading..

(And thanks @steemingcurators and @cryptokannon for making the original post)

Do Not Forget To Follow @steemitblog & Twitter(Steemit) To Get The Latest Updates.


Cheers🍻
Let's Connect👉 @y0gi😁
#india #steemit #steemexclusive

 3 years ago 

Hi too @y0gi, thank's for this information

 3 years ago 

ngeri kali perkenalan dirinya ... minder kita..hahaha
nyou bereih, tunggu di check dulu sama pak @irawandedy atau @anroja

takjub aku broda.... ternyata kee pernah kurus

 3 years ago 

Haha, iya kak @cicisaja, apa ngak coba jaman itu "deuk-deuk trow" banyakan lapar dari pada kenyang, sekarang pun gitu juga sih.

Mungkin karena hormonku meningkat ke level tua keladi. 🙄🤭

 3 years ago 

telat besar kee... hahahahaha, brat that perbaikan gizi setelah menikah

 3 years ago 

Aku rasa kak, ini benar adanya hasil survey ku yang terbatas. ternyata ada loh, setelah nikah: ada ureung inong yang gemuk pasca nikah dan melahirkan. Dan ada juga lakoe yg gemuk, peuruemoh yang stabil, (mungken lon itamong bagian bak akhe kalimat nyan)

Abu.... Maken mantul, keunong virus getanyoe haha😂

 3 years ago 

Haha nyankeuh nyan, hana ta they-they ka itamong lam server. idroeneuh kaleuh neutuleh about droe-keudroe? haha

si Idrus @paskadom lupah jago i-meulangue lam laot nyoe, suwah tameureunow meulangue syid dari jih

haha

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 65012.58
ETH 3101.28
USDT 1.00
SBD 3.86