Achievement 2 by @sejarah.islam | Tugas: Basic Security on Steem

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

Hello semua para steemians sejati, semoga kita selalu dalam keadaan yang diridhai oleh Allah SWT.


Jadi pada postingan kedua saya kali ini, sesuai dengan beberapa petunjuk yang sudah diarahkan oleh beberapa steemian senior, saya melihat pada postingan pertama saya, di kolom komentar tercantum beberapa link sebagai petunjuk untuk memenuhi syarat daripada Newcomers Community oleh @anroja dengan postingan yang ditulis oleh @radjasalman pada postingannya beberapa bulan yang lalu yaitu Achievement 2 dan ini ditulis dalam bahasa Indonesia agar mudah dipahami oleh kita sebagai member baru di steemit.

Sumber

Baiklah, saya akan memulai untuk menyelesaikan tugas Achievement 2 saya dengan melewati beberapa pertanyaan yang sudah ditentukan dalam pedoman Achievement 2.

Dalam pedoman tersebut terdapat 5 pertanyaan yang harus diperhatikan dan diketahui untuk semua Newcomers khususnya. Yaitu:

Pertanyaan 1

Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di steemit?

Pertanyaan 2

Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?

Pertanyaan 3

Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?

Pertanyaan 4

Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain?

Pertanyaan 5

Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu?

Baiklah, langsung saja saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut:

Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di steemit?

Alhamdulillah dari sejak saya mendaftarkan akun steemit, saya di arahkan supaya saya menyimpan baik-baik seluruh kunci yang saya dapatkan dari PDF yang di arahkan.

Sesudah mendapatkan dari PDF, lalu saya salin satu persatu dan saya menyimpan ditempat yang aman pada dokumen handphone saya. Termasuk saya memposting kunci steemit saya di halaman Facebook dan saya jadikan sebagai postingan privasi.

Supaya suatu saat saya bisa mendapatkannya apabila saya kehilangan pada dokumen-dokumen yang lain.

Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?

Sesudah membaca pertanyaan kedua ini, akhirnya saya menunda postingan saya karena saya ingin memahami ini dulu baru saya melanjutkan postingan Achievement 2 saya.

Sumber

Maka hari ini saya sudah sedikit-sedikit memahami fungsi dari masing-masing kunci tersebut.

Pada PDF, terdapat 5 jenis kunci, yaitu 1. Master Key

  1. Posting Key
  2. Active Key
  3. Memo Key
  4. Owner Key

Kelimanya saya simpan saat ini karna saya menganggap semuanya penting.

Saya akan mencoba menjelaskan satu persatunya.

  1. Master Key
    Master key adalah kunci utama yang sangat penting untuk disimpan, karena master key adalah induk daripada kunci lainnya, dengan menggunakan master key, kita bisa masuk ke beranda wallet untuk bisa mendapatkan semua kunci lainnya, lalu kunci tersebut dicopy dan di simpan dengan aman, karena suatu saat kunci tersebut akan digunakan sesuai dengan kegunaannya.
    Namun kalau master key ini bisa hilang ataupun dicuri dan dikelola oleh orang lain tanpa pengetahuan kita, maka secara otomatis seseorang dapat mengelola aktifitas pada blog kita dan tentunya akan sangat merugikan kita sebagai pemilik akun.

  2. Posting Key
    Posting key memiliki kegunaan tersendiri yaitu untuk menulis pada blog atau membuat postingan dan memberi komentar pada tulisan orang lain dan juga dapat memberi penghargaan atau vote untuk saling mendukung sesama pengguna platform steemit.

  3. Active Key
    Active key memiliki fungsi yang sangat penting, karena dengan kunci ini kita dapat memberikan hadiah kepada teman komunitas kita dengan cara mengirimkan koin Steem, SBD dan TRON yang tersimpan di Wallet akun serta juga dapat melakukan penukaran antara koin.
    Karena active key akan diminta disaat kita mencoba untuk melakukan pengiriman ataupun juga pendelegasian.

  4. Memo Key
    Kunci ini berfungsi untuk mengenkripsi pesan yang kami kirim ke blockchain di platform dan digunakan untuk mendekripsi memo transfer pribadi.

  5. Owner Key
    Yang terakhir adalah owner key, kunci ini memiliki fungsi tersendiri yang sangat berpengaruh untuk keamanan akun kita, atau sama fungsinya dengan master key, yaitu digunakan untuk mereset semua key lainnya.
    Jika akun disusupi, ini dapat digunakan untuk memulihkan akun, karena dengan menggunakan kunci ini kita dapat meneliti atau mengatur ulang kata sandi jika kita lupa atau dimasukkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?

Untuk pertanyaan yang ketiga ini, saya rasa saya sudah menjawabnya di pertanyaan ke 2 di atas, jadi saya tidak perlu menjelaskan kembali untuk yang keduanya.

Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain?

Yaa, saya mengetahui bagaimana cara mentransfer STEEM atau STEEM DOLLAR saya kepada akun pengguna lain.

Langkah yang pertama adalah saya masuk dulu ke halaman wallet, lalu saya ambil pada pilihan Steem ataupun Steem Dollar. Contohnya seperti gambar dibawah ini.


Tahap pertama adalah saya masuk ke menu wallet, lalu kemudian dibawah tulisan Steem, saya tekan lambang di (↓), dan akan diarahkan kepada menu seperti yang tertera pada gambar di samping.
Tahap kedua adalah kita akan di alihkan ke menu seperti pada gambar di samping, maka di menu tersebut masukkan nama pengguna yang akan anda kirimkan dan jumlah Steem yang akan dikirimkan. Dan NEXT.
Pada tahap ke III ini, kita hanya memastikan kembali apakah sudah benar nama pengguna dan jumlah yang akan kita kirimkan, bila belum maka tinggal tekan tombol kembali lalu perbaiki, namun bila sudah benar tinggal lanjutkan dengan menekan tombol OKE.
Pada tahap ke IV ini, kita hanya tinggal memasukkan Active Key pada kolom password, lalu kirimkan dan selesailah proses kirim mengirim.

Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu?

Langkah pertama masuk dulu pada menu wallet/dompet, kemudian pada menu Steem ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan, termasuk power up dari Steem ke Steem Power dengan tujuan untuk meningkatkan power akun yang kita miliki.

Caranya seperti langkah berikut ini.


Saya telah membaca panduaun dari beberapa postingan Achievement 2 dari kawan-kawan steemians lainnya sehingga saya bisa memahaminya sedikit demi sedikit.

Jadi, itulah yang dapat saya sampaikan, bila masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan, saya berharap bimbingannya kembali untuk pengetahuan saya kedepannya.


[Salam Hormat Saya

Rian Daniel
@sejarah.islam

Sort:  

Tugas ini akan di periksa oleh greeter helper
Cc
@nadilchairi
@irawandedy

 3 years ago 

terima kasih banyak bang

 3 years ago (edited)

Selamat... Anda telah diverifikasi untuk tugas Achievement 2 ini dan Anda dapat melanjutkan ke tugas berikutnya pada Achievement 3

Sebelumnya Silakan membaca panduan tugas tersebut dengan mengunjungi tautan berikut 👉 Panduan Achievement 3 Bagi Pendatang Baru

Gunakan tag khusus agar postingan anda tidak terlewati 👉 baca disini Attention : Penggunaan Tagar (tag) Khusus Untuk Newcomers Indonesia

Catatan kurator: Nilai 3

Mohon maaf postingan ini telah terlewati, Team Greeter akan memberi dukungan pada postingan aktif lain sebagai gantinya. Saya harap anda memiliki postingan aktif lainnya.

Best Regard,
@nadilchairi

 3 years ago 

terima kasih banyak bg

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 58269.58
ETH 3138.31
USDT 1.00
SBD 2.43