Achievement 2 @rnadewi Tugas: Basic Security on Steem

in Newcomers' Community3 years ago

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Berjumpa Kembali dengan saya @rnadewi, pada kesempatan kali ini saya akan coba mengorek atau mengikuti sejumlah tugas yang terdapat pada komunitas Newcomers', Alhamdulillah tugas Achievment 1 Perkenalan Diri Saya telah diverifikasi, saya akan melanjutkan ketugas berikutnya yaitu Achievment 2 Tugas: Basic Security on Steem, bismillah mari sama-sama kita ulas.

Basic Security on Steem

gembok dan kunci.jpg
SUMBER

Pada Achievment 2 ini kita sebagai seorang pendatang baru diberikan serangkaian soal, disini kita harus menjawab soal-soal tersebut dengan sangat teliti dan tepat sasaran guna untuk menyelesaikan tugas pada Achievment 2 ini, ada 5 soal yang diberikan, mari kita jawab satu persatu soal-soal tersebut.

1. Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di steemit?

Ya saya sudah mendapatkan seluruh kunci saya pada platform steemit ini, saya mendapatkan seluruh kunci saya ketika saya selesai mendaftarkan akun saya pada platform tersebut, lalu saya mengunduh kunci saya yang telah di berikan pada platform Steemit ini, jadi saya mengunduhnya dan menyimpan Kunci saya di File serta pada akun Google Drive saya untuk mencegah jika suatu saat file saya bermasalah.

2. Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?

2N61tyyncFaFVtpM8rCsJzDgecVMtkz4jpzBsszXjhqan9w6LUrCL9sTnj67jsoQh7ZhPMDaYRTn1C9PhERgv3qQK6RD2W7WMzGicQa1EJacYGYTQzWKF4f6bEKgMEG1gTQKiAJ1gpwQ.jfif
SUMBER : @cryptokannon

Hal yang harus kalian ketahui adalah bahwa setiap kunci yang kalian miliki itu memiliki fungsi serta batasannya masing-masing, berikut pengertian setiap kunci yang kalian miliki :

  • Posting Key

Tugas dari posting key adalah sebuah kunci yang memungkinkan kita melakukan segala aktifitas terkait kegiatan seperti memposting, berkomentar, melakukan pengeditan, melakukan vote, membagikan postingan serta melakukan kegiatan seperti mengikuti atau bahkan berhenti megikuti pengguna lainnya. Posting key juga merupakan kunci yang digunakan para pengguna untuk masuk ke dalam platfrom STEEMIT, ini adalah kunci awal yang digunakan oleh para pengguna pada umumnya.

  • Active key

Active Key adalah kunci yang memiliki tugas berbeda, dia lebih merupakan sebuah kunci yang lebih kearah untuk seorang pengguna agar dapat melakukan kegiatan bertransaksi seperti kegiatan Transfer dana, kegiatan power up, kegiatan power down, melakukan kegiatan Vote untuk Witness, dan melakukan pembaruan profil, jadi kunci active key ini kegiatan yang lebih mengarah pada hal yang sangat privasi dari anda.

  • Owner key

Owner Key juga memiliki peranan nya sendiri, dan owner key adalah kunci dari segala kunci atau lebih simplenya, ia merupakan kunci yang memiliki tingkatan paling tinggi, dikarenakan owner key dapat mengubah segala sandi jika sandi anda bermasalah atau akun anda mengalami hack oleh orang jahat, akun ini dapat melakukan perubahan password, ingat owner key hanya dapat memulihkan akun sekali saja, jadi gunakan serta simpan owner key ditempat yang paling aman menurut anda.

  • Memo key

Memo Key sendiri juga memiliki peranannya tersendiri, yang mana memo key itu bertugas untuk melakukan pengalamatan pada akun tertentu agar kegiatan transfer dana anda itu tidak salah alamat, memo key mencegah hal tersebut terjadi, jadi usahakan gunakan memo key agar alamat transaksi yang anda tuju itu tepat sasaran.

3. Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?

Jadi menurut pandangan serta pendapat saya sendiri, saya akan menyimpannya pada File di laptop yang file tersebut saya kunci demi mencegah orang lain membukanya demi keamanan akun saya, saya juga akan menyimpannya pada google drive saya, dan yang terkahir menurut saya ini adalah hal yang bisa dikatakan hal yang sangat meribetkan diri sendiri, saya akan mengeprint kunci saya dalam ukuran bentuk kartu serta saya akan mengepress kartu tersebut jadi ia terhindar dari yang namanya basah terkena air karena sudah di press.

4. Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain?

Ya saya sudah mengetahui bagaimana cara mentransfer STEEM ke akun pengguna lainnya, sangat mudah sekali, berikut tahapan untuk melakukan transfer STEEM ke pengguna lain :

  • Pertama kalian masuk pada bagian wallet kalian
  • Kedua setelah masuk pada bagian wallet, lalu kalian klik pada bagian STEEM, maka akan keluar pilihan, lalu pilih Transfer.
  • Ketiga Kalian masukkan alamat tujuan akun yang ingin anda transfer, masukkan jumlah, serta masukkan memo tujuan anda, dan klik next untuk masuk pada tahap berikutnya
  • Keempat kalian masukkan Private Key kalian untuk mengakhiri kegiatan transfer STEEM ke pengguna lainnya
  • Selamat kalian telah berhasil melakukan transfer STEEM ke pengguna lain.

5. Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu?

Ya saya sudah mengetahui bagaimana cara melakukan Power up atau Power down STEEM saya, berikut langkah untuk kalian melakukan Power Up serta Power Down Steem kalian :

Power Up

  • Pertama kalian buka wallet kalian
  • Kedua kalian Klik pada bagian STEEM dan akan keluar pilihan untuk melakukan Power Up
  • Ketiga Klik Power Up, lalu kalian akan disuruh memasukkan berapa STEEM yang ingin kalian lakukan power Up, jika sudah klik Next
  • Keempat kalian masukkan kembali akun kalian dengan menggunakan Private Key, lalu klik ok untuk mengakhiri
  • Selamat kalian berhasil melakukan Power Up STEEM kalian.

Power Down

  • Pertama kalian klik pada bagian Steem Power, lalu akan muncul Power Down, maka klik
  • Kedua Akan muncul berapa Steem Power yang ingin kalian lakukan Power Down, masukkan jumlahnya lalu klik next
  • Ketiga kalian akan disuruh memasukkan akun private key kalian, setelah itu klik oke
  • selamat kalian telah berhasil melakukan Power Down Steem Power kalian

Catatan yang perlu diingat bahwa Steem Power yang kalian lakukan power down itu tidak bisa sekaligus, ia akan bertahap mengalami power down Steem Power yang anda miliki, tergantung jumlah Steem Power yang kalian miliki, ia sudah diatur sedemikian rupa, jadi akan memakan waktu untuk Power Down Steem Power yang kalian miliki, dan ini sangat tidak dianjurkan oleh Steemit, karena Steem Power itu dibutuhkan untuk membangun paltform Steemit agar lebih besar lagi.

Penutup

Cukup sekian penyampaian saya mengenai tugas pada Achievement 2 Tugas: Basic Security on Steem Semoga apa yang saya sampaikan itu dapat membantu teman-teman yang juga baru tergabung dalam platform STEEMIT ini, apabila isi dari postingan saya ini masih banyak hal yang keliru, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Terima Kasih Kepada :
@cryptokannon
@radjasalman
@anroja
@heriadi
@nadilchairi
@irawandedy

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

@rnadewi

Sort:  

Selamat... Anda telah diverifikasi untuk tugas Achievement 2 ini dan Anda dapat melanjutkan ke tugas berikutnya pada Achievement 3

Sebelumnya Silakan membaca panduan tugas tersebut dengan mengunjungi tautan berikut 👉 Panduan Achievement 3 Bagi Pendatang Baru

Gunakan tag khusus agar postingan anda tidak terlewati 👉 baca disini Attention : Penggunaan Tagar (tag) Khusus Untuk Newcomers Indonesia

Catatan kurator: Nilai 2

Best Regard,
@nadilchairi

We are sorry that we have missed this achievement post curation windows, I have upvoted your post of (https://steemit.com/hive-103393/@rnadewi/the-diary-game-21-september-2021-hari-ini-penuh-dengan-touring-jauh) for the catch up vote.

Greeter @heriadi.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 67551.75
ETH 3252.54
USDT 1.00
SBD 2.65