Achievement #5 Task 2 @rizkibee : Review Steemscan.com

in Newcomers' Community3 years ago

20210725_233438.jpg

Hola teman steemian ku 😁
Kembali lagi bersama saya @rizkibee, setelah tugas Achievement 5 Task 1 mengenai Review Steemworld.org sudah diverifikasi, kali ini saya akan melanjutkan untuk menyelesaikan tugas Achievement 5 Task 2 mengenai Review Steemscan.com dan akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pada tugas kali ini.

Sebelum kita melangkah lebih lanjut, kita harus tau terlebih dahulu apa sih Steemscan itu ? Steemscan yaitu sebuah alat yang sangat berguna untuk kalian para pengguna steemit dikarenakan kita akan diberikan informasi tentang volume dan harga, saksi (witness), DApps, Quick Convert, Search, Dev Tools dan juga steem engine. Cara untuk membuka steemscan sangat mudah kalian tinggal buka browser dan ketikkan steemscan.com atau lebih mudah kalian bisa langsung klik tautan ini https://steemscan.com/


1. Tolong jelaskan harga dan volume Steem saat ini pada tanggal pengiriman ulasan ini?
Yang pertama kita akan melihat harga dan volume terbaru steem di steemscan, kalian bisa langsung buka browser dan mengakses ke https://steemscan.com/ setelah kalian berhasil maka akan muncul tampilan sebagai berikut :


1.png
Tampilan Harga Steem Di Steemscan Saat Ini


2.png
Tampilan Volume Di Steemscan Saat Ini

Berdasarkan gambar diatas kita dapat melihat bahwa harga steem sebesar US$0,37 dan volume sebesar US$5.527,58


2.Jelaskan, Apa saja informasi yang ditampilkan di bagian transaksi terbaru dan blok terbaru?
Selanjutnya kita akan melihat informasi pada bagian transaksi terbaru dan blok terbaru kalian bisa langsung scroll karena info ini berada di Dashboard tepat dibawah tampilan informasi harga dan volume steem. Disini terdapat beberapa informasi yang akan ditampilkan diantara lain ada Block ID, ID, Timestamp, Sender, Receiver/Permlink/Id, Type dan yang terakhir Amount/%/Payload.


3.PNG
Tampilan Transaksi Terbaru


4.PNG
Tampilan Block Terbaru


3.Jelaskan semua informasi yang ditampilkan di bawah bagian Saksi (witness)dan langkah-langkah untuk memilih witness?
Kemudian kita beralih ke bagian saksi, Kalian bisa langsung klik tab menu lalu pilih witness, Disini kita akan diberikan informasi deretan saksi yang berstatus masih aktif dan tidak aktif. Cara untuk memilih saksi (witness) yaitu kalian tentukan sendiri saksi yang mana yang akan kalian pilih kemudian kalian berikan suara, saya tidak melakukan aktifitas pemilihan witness ini tapi saya akan hanya memberi contoh saja, disini saya memilih satu witness yang bernama @high46 perhatikan langkah-langkahnya seperti dibawah ini :


5.png
Tampilan Disaat Kita Akan Memberikan Suara Untuk Witness


6.PNG
Klik Continue Untuk Konfirmasi Transaksi


7.PNG
Masukkan Nama Akun Dan Privat Posting Key

Mohon maaf saya belum bisa memberikan penjelasan rinci dikarenakan saya belum pernah melakukannya maklum saya hanya seorang newcomer yang numpang lewat di platform Steemit, semoga bisa dimaklumi dan diterima.😇


4.Jelaskan Apa yang di maksud dengan DApps dan sebutkan 3 DApps yang telah Anda gunakan atau yang akan kamu gunakan di masa yang akan datang sesuai minat Anda?
Decentralized Applications atau disingkat DApps merupakan aplikasi digital yang aktif bekerja di blockchain bisa dibilang DApss ini adalah aplikasi terdesentralisasi digital, untuk DApss yang saya gunakan sekarang yaitu Wherein, SteemWorld yang baru saja saya jelaskan di tugas sebelumnya dan yang saya jelaskan sekarang yaitu Steemscan.


8.PNG
Tampilan Utama DApps


5.Tolong jelaskan Bagaimana cara menggunakan "Quick Convert" dan berapa biaya yang dikenakan untuk jumlah penarikan Steem yang berbeda?
Untuk penggunaan quick convert, kalian terlebih dahulu pilih menu quick convert yang ada di dashboard steemscan atau bisa langsung akses di https://steemscan.com/convert. Disinilah kita akan melakukan konversi cepat atau Quick Convert dan ini sangat berguna bagi pengguna Steemit, karena jika kita ingin menukarkan Steem ke dalam form tersebut maka kita akan mengetahui jumlah USD, BTC atau TRX yang sudah kita terima. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan mengisi nomor Steem di baris paling atas, lalu masukkan alamat di baris tersebut dan klik Create Order sebagaimana gambar dibawah :


10.PNG Tampilan Cara Menggunakan Quick Convert

Kemudian untuk biaya yang dikenakan untuk penarikan steem jumlah nya berbeda antara USD, BTC maupun TRX. Saya akan ambil contoh dengan mengambil nilai 10 steem, maka dari 10 steem itu jika dilakukan Quick Convert maka akan dikenakan biaya sebagai berikut :

11.PNG
Tampilan Jumlah Biaya Untuk USD


12.PNG
TampilanJumlah Biaya Untuk BTC


13.PNG
Tampilan Jumlah Biaya Untuk TRX


6.Jelaskan informasi apa yang disediakan oleh fitur "Pencarian"?
Terakhir ada fitur pencarian, disini kalian bisa mencari informasi mengenai block, transaksi, akun atau witness (saksi). Lihat gambar dibawah :


9.pngDisini Saya Menggunakan Pencarian Untuk Nama Akun Saya


Mungkin sampai disini dulu postingan saya mengenai tugas Achievement 5-2 semoga bisa segera diverifikasi dan diterima juga bermanfaat bagi semuanya. Mohon maaf jika ada banyak kesalahan harap dimaklumi karena saya masih pemula, saya ucapkan terimakasih banyak.😊
Salam Dari Saya @rizkibee😉

CC :
@cryptokannon @heriadi
@radjasalman @anroja
@nazarul @nadilchairi
@sumit71428 @tipu
@ngoenyi @irawandedy

Sort:  

Hi i am Sumit one of the team member of Steem Greeter.

I am happy to announce that i have successfully verified your achievement 5.2 post. Now you are eligible for performing your next achievement task.

Note:

Rate:3

 3 years ago 

Hi, @rizkibee,

Your post has been supported by @heriadi from the Steem Greeter Team.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 58194.53
ETH 2364.50
USDT 1.00
SBD 2.37