Achievement 4 by @novaamalia Task : Applying Markdowns

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

Salam Steemian


sumber

Pada postingan ini Saya akan melanjutkan Tugas untuk para Newcomer's yaitu Achievement 4 Tentang Applying Markdown dan Saya ucapkan Terima Kasih kepada @jawad101 yang sudah memberikan verifikasi untuk tugas Saya sebelumnya. Sebagai newcomer yang tidak mau salah arah, saya harus mengikuti aturan main yang sudah ditetapkan untuk kawan-kawan semuanya yang masih baru di Steemit. Ikuti aja arusnya yang penting jalan salah arah!


Markdown memiliki fungsi yang penting untuk para Steemian semua jika ingin tulisan yang kita buat memiliki tampilan yang menarik, seperti pernyataan Saya di awal tulisan nampak jelas bahwa paragraf nya tidak rapi dan juga sangat tidak menarik. Bandingkan dengan paragraf ini yang sudah menggunakan tata letak rata kiri kanan,
Hasilnya lebih rapi bukan? dengan memahami penggunaan markdown dengan tepat kita dapat membuat tulisan menjadi lebih menarik dan memiliki nilai seni yang lebih baik daripada menulis tanpa menggunakan apa-apa. Selanjutnya Saya akan menggunakan beberapa bentuk markdown seperti yang sudah dijelaskan pada postingan Pak @heriadi Panduan Achievement 4 Semoga bermanfaat untuk para Newcomers' termasuk Saya sendiri.


Pada aplikasi Microsoft Office atau pada saat menulis blog kita sering menggunakan Tool seperti :

  • Bold: untuk Membuat Text tebal.
  • Italic: untuk membuat Text Miring.
  • Strikethrough: untuk membuat Text Coret.
  • Superscript: untuk membuat text kecil diatas garis atas tulisan.

Pada Steemit kita harus menulis source/code untuk membuat tulisan menjadi bentuk seperti diatas, berikut adalah contoh kode nya :

  • <strong> </strong> untuk Membuat Text tebal, Contoh :
    <strong> Nova Amalia </strong> hasilnya : Nova Amalia

  • <i> </i> untuk membuat Text Miring, Contoh :
    <i> Nova Amalia </i> hasilnya : Nova Amalia

  • ~~ untuk membuat tulisan tercoret, Contoh :
    ~~Nova Amalia~~ hasilnya : Nova Amalia

  • <sup> dan akhiri dengan </sup> untuk membuat tulisan kecil diatas tulisan normal, Contoh :
    Nama Saya NovaAmalia Nova Amalia


Markdown yang umum digunakan pada Steemit

1. Membuat Judul

Membuat judul umumnya sering menggunakan kode # untuk H1, ## untuk H2 dan angka selanjutnya untuk mengecilkan tulisannya. Berikut ini adalah contoh penggunaan markdown untuk judul :

Nova Amalia # Contoh H1

Nova Amalia ## Contoh H2

Nova Amalia ### Contoh H3

Nova Amalia #### Contoh H4

2. Mengatur tata letak tulisan

Menulis itu tidak melulu hanya sekedar menulis lalu selesai, ada aturan-aturan didalamnya yang membuat tulisan tersebut menjadi lebih bernilai dan penting bagi pembaca maupun penulisnya sendiri, dengan menggunakan tata letak yang baik dan benar kita dapat membuat tulisan tersebut menjadi lebih rapi dan enak dipandang. Seperti halnya saat membuat sebuah berkas Proposal untuk Kantor, jika tata letak tulisan yang dibuat tidak sesuai dengan ketentuan penulisan yang diterapkan oleh Kantor tersebut otomatis Proposal kita akan langsung di blacklist dalam daftar karena tidak memenuhi ketentuan. Berikut ini adalah kode/source yang digunakan untuk mengatur tata letak tulisan :

2.1. Membuat tulisan Rata Tengah
Menggunakan kode <center> dan akhiri dengan </center> untuk membuat tulisan berada di tengah.

  • Contoh
    Nama Saya Nova Amalia, menulis adalah hobi saya. Selain menulis berenang dan jogging juga termasuk hobi yang sangat Saya sukai. Kegiatan tersebut membuat badan dan pikiran kita menjadi sehat agar terhindar dari segala penyakit dan juga dapat menghilangkan stress.

2.2 Membuat tulisan Rata Kanan
Untuk mengatur tata letak tulisan menjadi Rata Kanan menggunakan kode <div class ="text-right"> dan akhiri dengan </div>

  • Contoh :
    Nama Saya Nova Amalia, menulis adalah hobi saya. Selain menulis berenang dan jogging juga termasuk hobi yang sangat Saya sukai. Kegiatan tersebut membuat badan dan pikiran kita menjadi sehat agar terhindar dari segala penyakit dan juga dapat menghilangkan stress.

2.3 Membuat tulisan Rata Kiri
Untuk mengatur tata letak tulisan menjadi Rata Kiri menggunakan kode <div class ="text-left"> dan akhiri dengan </div>

  • Contoh :
    Nama Saya Nova Amalia, menulis adalah hobi saya. Selain menulis berenang dan jogging juga termasuk hobi yang sangat Saya sukai.
    Kegiatan tersebut membuat badan dan pikiran kita menjadi sehat agar terhindar dari segala penyakit dan juga dapat menghilangkan pikiran stress.

2.4 Membuat tulisan Rata Kiri Kanan
Untuk mengatur tata letak tulisan menjadi Rata Kiri Kanan menggunakan kode <div class ="text-justify"> dan akhiri dengan </div>

  • Contoh :
    Nama Saya Nova Amalia, menulis adalah hobi saya. Selain menulis berenang dan jogging juga termasuk hobi yang sangat Saya sukai. Kegiatan tersebut membuat badan dan pikiran kita menjadi sehat agar terhindar dari segala penyakit dan juga dapat menghilangkan pikiran stress.

3. Mengatur tata letak gambar

Selain mengatur tata letak tulisan agar rapi dan enak dilihat, markdown untuk mengatur tata letak gambar juga sering digunakan agar posisi dari gambar yang akan kita letakkan menjadi teratur dan menambah nilai seni didalamnya. Berikut adalah kode/source yang digunakan untuk mengatur posisi gambar pada tulisan :

3.1 Posisi Gambar di tengah
Sama halnya tulisan, mengatur posisi gambar di tengah juga menggunakan kode <center> dan akhiri dengan </center> untuk membuat gambar berada di tengah.

  • Contoh :
    Gambar mainan keponakan Saya

3.2 Posisi Gambar di sebelah kiri
Mengatur posisi gambar di sebelah kiri kita dapat menggunakan kode <div class="pull-left"> dan akhiri dengan </div>. Penggunaan kode ini membuat ukuran gambar menjadi lebih kecil dari aslinya, kita dapat menulis text tepat disamping kanan gambar.

  • Contoh :
Gambar mainan keponakan Saya
Gambar disamping kiri Saya ini adalah hasil dari memasukkan kode sebelumnya, hasil gambarnya lebih kecil dari ukuran asli gambar tersebut dan text yang ditulis berada disebelah kanan gambar.

3.3 Posisi Gambar di sebelah kanan
Mengatur posisi gambar di sebelah kanan kita dapat menggunakan kode <div class="pull-right"> dan akhiri dengan </div>. Penggunaan kode ini membuat ukuran gambar menjadi lebih kecil dari aslinya, kita dapat menulis text tepat disamping kiri gambar.

Contoh :
Gambar mainan keponakan Saya
Gambar disamping kanan Saya sama halnya seperti yang disebutkan di poin nomor 3.2 hanya berbeda tata letak saja ke arah kanan, tulisannya berada di samping dari objek Gambar.

3.4 Mengubah ukuran Gambar
Kita dapat merubah ukuran dimensi gambar dengan menggunakan kode/source https://steemitimages.com/400x500/https://cdn.steemitimages.com/Gambar dan untuk angka 400x500 tersebut adalah ukuran dimensi gambar yang kita setting dan akan menghasilkan gambar sesuai dengan yang kita setting di kode angka tersebut.

  • Contoh :
    https://cdn.steemitimages.com/DQmNzFLaTNzEka82yrDsLe37pnjgYUPdr93RFN3SSFkqo21/IMG_4743.JPG


Gambar awal dengan ukuran asli

  • Berikut adalah hasil gambar setelah dikecilkan menggunakan kode seperti dibawah ini :
    https://steemitimages.com/400x500/https://cdn.steemitimages.com/DQmNzFLaTNzEka82yrDsLe37pnjgYUPdr93RFN3SSFkqo21/IMG_4743.JPG
    Maka akan menghasilkan gambar sebagai berikut :


Gambar Hasil dari kode diatas


Demikian rangkuman Tugas Achievement 4 Saya setelah mempelajari tentang penggunaan markdown dan bagaimana mengatur tata letak tulisan atau gambar menjadi menarik dan tidak membosankan. Terima kasih Saya ucapkan kepada Greeter dan Greeter helper Newcomers' Community yang telah banyak memberikan Saya informasi yang bermanfaat sehingga dapat menyelesaikan tugas yang diberikan hingga ke tahap ini.

Terima kasih Tim Greeter dan Greeter helper atas dukungannya :
@radjasalman
@anroja
@heriadi
@nadilchairi
@irawandedy
@jawad101
@aniqamashkoor
@ghostfacer99


Salam,


@novaamalia

About Me

Sort:  

Hi i am Sumit one of the team member of Steem Greeter.

I am happy to announce that i have successfully verified your achievement 4 post. Now you are eligible for performing your achievement 5 which is about Understanding the Steem tools. You can refer this post for your next task.

Note:

Rate:2

 3 years ago 

Thankyou 🙏 @sumit71428

 3 years ago 

Hi, @novaamalia,

Your post has been supported by @damithudaya from the Steem Greeter Team.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 64854.61
ETH 3478.75
USDT 1.00
SBD 2.52