Achievement 2 Tugas: Basic Security on Steem From @nisfa14

in Newcomers' Community3 years ago
Assalamu'alaikum wr. wb sahabat steemit semuanya.

PicsArt_11-12-06.23.51.jpg
source image

Selamat sore menjelang malam sahabat steemit semuanya. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba melanjutkan postingan saya tentang achievement 2 yaitu tentang keamanan dasar pada akun steemit kita tercinta. Pada talk Achievement sebelumnya saya telah mampu menyelesaikan achievement 1 dengan baik berkat panduan dari teman2 steemians,
tentang info pribadi akun saya @nisfa14 atau dapat disebut juga tahap perkenalan di steemit.

Pada achievement 2 sesuai talk Newcomers' Community saya sedikit ingin menyampaikan tentang keamanan dasar akun yang berupa pasword atau pos key yang ada pada akun steemit dan menyampaikan kegunaannya pada aku steemit.

Selain mempunyai Master key / main pasword akun Steemit juga mempunyai 4 kunci akun lainya masing-masing dari keempat kunci tersebut mempunyai fungsi berbeda-beda, berikut saya mencoba uraikan satu persatu tentang pasword steemit:

1. Aktive Key
Aktive key merupakan salah satu pasword yang tersedia pada akun steemit yang fungsinya untuk mentransfer dana kita, baik itu power up atau power down, mengkonversi steem dolar dan melakukan vote terhadap postingan-postingan trman2.

Selain itu dengan login menggunakan aktive key kita juga bisa melakukan edit foto profil pada akun steemit.
Karena Kagunaanya sangat sensitif maka kita perlu berhati-hatihati menyimpan pasword aktive key ini.

2. Posting Key
Banyak diantara penggunaan pasword steemit login menggunakan key ini. karena, dengan pasword key ini kita memungkinkan untuk membuat postingan, mengedit, dan berkomentar serta membagikan postingan kita pada laman steemit, selain yang telah disebut sebelumnya, Follow dan unfollow dengan pengguna steemit lain juga bisa dilakukan dengan posting key.

3. Owner key
Owner key ini pasword steemit yang ini jarang digunakan khususnya dari beberapa kalngan teman2 saya juga jarang menggunakan owner key ini. Namun demikian pasword ini merupakan pasword yang terkuat karena kita dapat menggantikan password lain seperti memo key, posting key bahkan owner key sendiri bisa digantikan dengan pasword ini.

Dari kegunaan yang sangat urgent sebaiknya pasword owner key disimpan secara offline saja agar dapat menghindari dari peretasan akun dan pencurian dana kita di steemit.

4. Memo key
Yang terakhir saya bahas adalah memo key, pasword ini juga memiliki fungsi tersendiri yang tidak kalah pentingnya ketika kita mentransfer dana. Akan memungkinkan Mengenkripsi dan deskripsi memo ketika melakukan transferan dana dari akun Steemit.

Simpanlah keempat pasword steemit diatas ditempatkan yang aman agar menghindari hal-hal yang tidak kita diinginkan.

Namun bagaimana jika pasword tersebut hilang, apa yang harus kita dilakukan?
Bila hilang master key dan owner key maka tidak ada yang bisa dilakukan untuk memulihkan akun kembali. Akun kita sebagai mana yang pernah saya alami dahulu pada akun saya yang pertama saya buat tahun 2017 @nisfahullah.
Maka dari itu simpanlah baik2 pasword akun steemit kita dengan baik.

Sekian dari saya yang dapat saya sampaikan tentang talk achievement 2 ini, semoga bermanfaat untuk saya pribadi dan teman2 yang membaca postingan saya.

Hormat saya ( @nisfa14 ) kepada : @heriadi @cryptokannon @radjasalman @irawandedy yang telah banyak membantu saya sampai achievement 2 selasai.

Mohon maaf atas penulisan ini masih sangat banyak kekurangan dari kata sempurna.
Semoga berkat bimbingan dari pada senior-senior saya, saya dapat terus berkembang menjadi yang lebih baik lagi.

Salam dari saya @nisfa14


Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 65688.41
ETH 3444.44
USDT 1.00
SBD 2.64