Achievement 2 @nasir.steem : Basic Security on Steem

in Newcomers' Community3 years ago

Achievement 2 : Basic Security on Steem
by @nasir.steem

AddText_11-07-10.43.59.jpg
@nasir.steem.png

Hallo sahabat steemian...
Apakabar, saya berharap kalian dalam keadaan sehat dan baik-baik saja, Senang sekali rasanya bisa menyapa kalian semua 😊

Pada kesempatan ini saya akan memposting Achievement 2 saya Tentang "Keamanan Dasar di Steemit".

Sebagai pendatang baru, awalnya saya pikir sulit sih dalam memahami tugas ini dan saya sempat menunda-nunda untuk menyelesaikannnya, tapi setelah saya belajar dari berbagai panduan tentang penulisan achievement 2, sepertinya saya sudah bisa memahaminya. Salah satu panduan yang saya baca adalah postingan dari @cryptokannon by @radjasalman tentang panduan penulisan Achievement 2 : Basic Security on Steem.

Yang perlu kita ketahui adalah, akun Steemit berbeda dengan akun media sosial lainnya, yang mana akun media sosial lain kita dapat membuat kunci itu sendiri, kunci yang mudah untuk di ingat sesuai keinginan kita dan hanya satu kunci saja, sedangkan kunci untuk akun Steemit, kita hanya mendapatkannya pada saat pertama kita mendaftarkan akun yang mana terdapat beberapa jenis kunci dengan fungsi nya masing-masing, tidak dapat di edit sesuai keinginan kita seperti halnya kunci media sosial lainnya, dan kita hanya mendapatkannya sekali saja pada saat kita mendaftarkan akun Steemit milik kita.

Dikarenakan hal yang demikian, kita semua sangat dituntut untuk dapat memahami semua kunci-kunci itu dan fungsinya, apalagi kita sebagai pendatang baru di platform yang luar biasa nya ini.

Mari kita mulai dengan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini :

  1. Apakah anda sudah mendapatkan semua kunci-kunci steemit anda?
    Ya tentu, saya sudah mendapatkan semua kunci-kunci itu pada saat pertama saya mendaftarkan akun steemit milik saya, seketika itu saya langsung mendonwload file PDF nya dan saya simpan di Drive, bahkan saya juga menyimpan salinan offline nya.
    AddText_11-07-11.34.40.jpg

  2. Apakah anda tau fungsi dari masing-masing kunci tersebut?

    11-08-12.16.34.jpg

    a. Posting Key
    Kunci Posting key hanya berfungsi untuk memposting, berkomentar, membagikan postingan, melakukan upvote atau dawnvote, mengikuti atau berhenti mengikuti orang lain.

    b. Actif Key
    Kunci Actif key hanya digunakan untuk masuk ke akun wallet milik anda seperti mentransfer token, mengconversi asset steem, memilih wittnest serta menganti profil pada akun milik kita.

    C. Owner Key
    Owner Key adalah kunci yang berfungsi untuk merubah kunci Posting Key dan kunci Actif Key, selain itu kunci Owner Key juga berfungsi untuk pemulihan akun dan dengan tindakan pemulihan akun maka semua kunci kita akan tergantikan dengan yang baru

    d. Master Password
    Master Password adalah kunci yang paling utama yang dapat melakukan fungsi kunci-kunci lainnya, seperti memposting, mengomentari, mentransfer token dan merubah detail profil,
    namun fungsi utama Master Password adalah kunci yang hanya digunakan untuk pemulihan akun, jika terjadi peretasan akun, pada saat itulah kunci Master key digunakan, Meski kunci ini dapat melakukan fungsi kunci lain, namun sangat disarankan untuk tidak digunakan sebagai fungsi kunci lainnya, di khawatirkan, jika anda memakai kunci ini untuk memposting, melakukan upvote, masuk ke akun wallet, kunci ini akan dengan mudah dapat dilacak, apalagi ketika kita masuk ke steemit.com dan menyimpan sandi secara otomatis di akun google,
    Jadi gunakan Master Paswword hanya untuk pemulihan akun.

    Dan ada dua lagi kunci selain kunci-kunci yang telah saya sebutkan diatas, yaitu :

    • Memo Key
    Memo Key ini berfungsi untuk mengenkripsi dan mendeskripsikan pesan pribadi yang dikirim melalui blockchain.

    • Tron Account Private Key
    TRON Account Private Key hanaya digunakan dalam transaksi transfers dan perdagangan (trading) asset TRON (TRX) saja.

  3. Apakah anda tau cara mentransfer Steem?
    Caranya dengan masuk ke akun wallet milik kita tekan tanda panah yang mengarah ke bawah pada STEEM, klik transfer, masukkan nama akun yang akan kamu transfer, pilih jumlah lalu konfirmasi.
    11-08-02.02.59.jpg

    11-08-02.04.04.jpg

  4. Apakah anda tau cara melakukan Power Up?
    Sama hal dengan melakukan transfer Steem, masuk ke akun wallet milik kita, tekan tanda panah yang mengarah ke bawah lalu klik Power Up, pilih jumlah dan konfirmasi.
    11-08-02.15.19.jpg

    11-08-02.14.37.jpg

Demikian postingan Achievement 2 saya,
Mari tingkatkan semangat kita teman-teman steemian semua khususnya pendatang baru, jangan menyerah, jangan berhenti, kita semua pasti bisa berkembang di platform yang luar biasa ini 💪

Salam Hangat dari saya @nasir.steem

Sort:  
 3 years ago 

Lanjutkan ke achievement berikutnya

R: 3

 3 years ago 

Siap bang

Coin Marketplace

STEEM 0.15
TRX 0.12
JST 0.026
BTC 56298.58
ETH 2463.03
USDT 1.00
SBD 2.32