Achievement2 : Memahami Basic Security SteemsteemCreated with Sketch.

in Newcomers' Community3 years ago

Halo sahabat steemians, bagaimana keadaan sahabat semua? semoga dalam keadaan sehat semua, dan yang sakit semoga cepat di angkat penyakitnya oleh Allah, Amiinn…

dalam kondisi dunia yang belum sehat karena di landa virus covid-19, saya harap sabaht semua tetap menjalankan protokol kesehatan, tetap jaga jarak, jaga pola hidup yang sehat, sama sama kita doakan semoga penyakit ini segera berlalu, dan dunia kembali pulih dan sehat seperti dulu.

Hari ini saya mencoba untuk menyelesaikan tugas achievement 2 saya tentang sistem keamanan di dalam platform ini, guna mengasah pengetahuan saya tentang beberapa keamanan yang sudah pernah di jelaskan oleh bg @nasrud kepada saya. Disinilah saya mengerti bahwa steemit ini berbeda dengan platform yang lain, saya menilainya dari segi keamanan yg diberikan di platform ini menurut saya sudah sangatlah aman, karna kode keamanan yg diberikan disini bukan hanya satu macam, tetapi ada beberapa macam yang nanti akan saya jabarkan satu persatu. Selain itu kode keamanan nya juga sangat bervariasi karna ada perpaduan antara angka dan huruf yang terdiri dari 40 sampai 50 lebih karakter untuk sebuah kode keamanan. Sudah bisa dipastikan, bagaimana sistem keamanan yang diberikan oleh steemit ini kepada kita.

Baik lah, disini saya akan menjabarkan tentang kode keamanan atau basic security dari steemit ini. Apakah semua kode keamanan tersebut saya dapatkan?

Kode keamanan ini sudah saya dapatkan dapatkan semua setelah melakukan pendaftaran akun baru. Kode tersebut diberikan dalam sebuah file format PDF yang saya unduh melalui link yg dikasih setelah saya selesai melakukan pendaftaran akun.

Selanjutnya saya akan menuangkan pengetahun saya tentang kunci – kunci tersebut dan juga fungsinya. Namun yang paling utama dari kunci – kunci tersebut adalah Master Key.

Master Key adalah password utama kita dari akun steemit yang kita miliki yang pertama sekali kita dapatkan saat melakukan pendaftaran akun. Master key ini sangat lah sensitif, apabila kita lupa dan tidak menyimpannya, dapat dipastikan kita tidak bisa mengakses ke akun steemit tersebut. Jadi pastikan untuk selalu menjaga dan menyimpan master key ini dengan sangat aman, karena dengan master key ini juga kita bisa mengakses ke semua kata sandi akun yang kita miliki. Kata sandi akun ini terdiri dari 5 kata sandi yang berbeda – beda yaitu : Posting Key, Active Key, Owner Key dan Memo Key.

1. Posting Key ( Kunci Posting )

Menurut pemahaman saya dari penjelasan senior saya dan juga dari file security yang saya dapatkan, posting key ini hanya digunakan untuk tindakan kita dalam jejaring sosial saja, seperti memposting, berkomentar, voting. Jadi tidak ada pengaruh dengan wallet kita dan juga bisa digunakan untuk masuk ke jarigan sosial lainnya, seperti busy dan eSteem. Walaupun posting key ini tidak berpengaruh dengan uang kita, tetap lah disimpan dan dijaga dengan sangat aman.

2. Active Key ( Kunci Aktif )

Kuci ini memiliki peran yang sangat penting dalam masalah wallet(dompet) kita, jadi kunci ini bisa digunakan untuk kegiatan transaksi seperti transfer dana baik itu mengirim atau menerima. Active key juga berfungsi untuk menghubungkan akun steemit kita dengan akun lainnya yang masih satu ruang lingkup dengan steemit seperti Busy. Kenapa dalam melakukan transaksi di perlukan Active key? Karena pada saat kita melakukan transaksi kita membutuhkan pihak ketiga dan untuk masuk ke penyedia layanan transaksi tersebuut dibutuhkan active key kita. Active key juga bisa digunakan untuk memposting, komentar, voting seperti halnya voting key yang sudah saya bahas di atas.

3. Owner Key ( Kunci Pemilik )

Owner key adalah kata kunci yg kita gunakan apabila kita membutuhkannya. Bisa dibilang kata kunci ini merupakan kata kunci yang paling kuat, karena bisa mengubah kata kunci apapun.

4. Memo Key ( Kunci Memo )

Memo key berfungsi untuk mendeskripsikan pesan pribadi yang dikirim melalui blockchain. Untuk saat ini memo key tidak lah umum di gunakan, tetapi suatu saat akan menjadi fitur yang sangat kuat.

5. Public Key ( Kunci Publik )

Kunci publik ini sangat jarang kita gunakan, kunci publik dikaitkan dengan nama pengguna dan dapat digunakan untuk mencari history kita di blockchain. Kunci publik ini tidak ada kaitannya dengan kunci pada saat kita login. Jadi tidak masalah walaupun menyimpannya dengan tidak aman.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, kunci – kunci tersebut tetaplah kita simpan dan jaga dengan sangat baik, supaya tidak hilang. Karena kunci – kunci tersebut salin berkaitan antara satu dengan yang lain.

Berbicara dalam hal menyimpan kunci – kunci tersebut, saya pribadi menyimpannya dalam hp saya yang saya tulis dalam notepad hp saya, saya juga menyimpannya dalam draf email agar bisa saya akses apabila suatu saat data di hp saya hilang dan saya bisa login kembali dengan kata sandi yang saya dimpan dalam draf email tadi.

Naah berbicara masalah transaksi nih, bagaimana kita mentransfer steem kira ke pengguna steemit lain? Berikut saya jelaskan langkah – langkah nya Langkah pertama setelah kita login ke akun steemit kita pastinya kita berada di halaman beranda, lalu kita lanjutkan ke halaman profil kita, caranya klik di foto profil (berada di pojok kanan atas) lalu pilih profil, kemudian kita akan di bawa ke halaman profil lkita dimana di situ terdapat beberapa menu yaitu ada blog, posts, replies, communities, notification, wallet dan settings. Disini kita fokus di menu wallet saja karena tujuan kita adalah mentransfer steem kepada pengguna lainnya, jadi kita klik di wallet, kemudian klik panah kebawah yang ada di menu STEEM lalu pilih transfer.

Setelah kita klik transfer, akan menuju ke tampilan seperti gambar dibawah ini

Disini kita menentukan kepada siapa akan kita transfer steem kita, kita masukkan namanya penerimanya disitu, kemudian kita tentukan berapa yang ingin kita transfer di kotak Amount. Jangan lupa untuk mengisikan kunci aktif kita ataupun kunci pemilik, kemudian pilih next, steem yang kita transfer akan masuk ke pengguna yg sudah kita tentukan.

Nah untuk power up atau power down steem langkahnya juga hampir sama dengan cara kita transfer steem tadi, masih di halaman wallet, kita pilih di panah kecil di steem tadi, lalu kita pilih power Up

kemudian akan keluar jendela seperti gambar di bawah ini lalu kita tentukan berapa Amount nya selanjutnya klik Power Up

Selanjutnya untuk power down langkahnya juga tidak jauh beda, kita masih berada di halaman wallet kemudian kita klik di panah kecil yang ada di steem power, lalu kita pilih power down.

selanjutnya kita tentukan angkanya kemudian pilih power down.

Nah kira – kira begitu lah langkah untuk mentansfer steem untuk pengguna lain dan bagaimana untuk power up dan power down steem yang kita miliki. mungkin hanya ini yang bisa saya terangkan dalam achievement 2 ini tentang Basic Security, saya menyadari bahwa masih sangat banyak kekurangan dalam hal saya menulis, jadi saya sangat mengharapkan saran dan masukan dari senior – senior semua Terima Kasih.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 61320.84
ETH 2394.93
USDT 1.00
SBD 2.56