Achievement 2 By @muhibbuttabri Task: Basic Security On Steem

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

Tahapan dasar atau perkenalan pertama sudah saya kerjakan di postingan sebelumnya yang berjudul: Achievement 1-Introduce My Self @muhibbuttabri dan mendapat beberapa koreksi dari Bg @heriadi untuk perbaikan di bagian Hastag namun tidak menghilangkan substansi dari tujuan penulisan perkenalan tersebut. Namun Koreksi tersebut menjadi perhatian serius saya untuk memperbaiki agar postingan kedepan bisa lebih sempurna dan meminimalisir kesalahan.


IMG_20210601_225116.jpg


Selanjutnya saya akan membahas tentang kemampuan saya dalam menjaga Keamanan (Security) pada sebuah Platform steemit agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan dan Akun steemit kita aman dari pengaruh orang lain. Sesuai dengan judul nya yaitu Achievement 2 Basic Security on Steem.

Maka dalam basic sekurity terdapat 5 pernyataan yang harus di jawab oleh pendatang baru. Adapun seluruh pertanyaan tersebut adalah:

Pertanyaan 1
Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di steemit?
Untuk menjawab pertanyaan ini saya sudah mendapat semua Kunci di steemit saat pertama saya mendaftar.

Pertanyaan 2
Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?

Saya sudah mengetahui semua fungsi pada masing-masing kunci tersebut yaitu:

  1. MASTER KEY
    Master key ini merupakan sandi yang digunakan pertama sekali untuk Akses kedalam sebuah akun Steemit dan setelah itu akan muncul 4 kunci lagi di dalamnya.

  2. POSTING KEY
    Kunci (Security) Posting ini digunakan untuk masuk ke akun steemit.com, interaksi yang dapat dilakukan hanya terbatas pada tindakan memposting, resteem, upvote, downvote, like, mengedit, mengikuti dan melakukan update profil serta berkomentar

  3. ACTIVE KEY
    Kunci (Security) active key kita gunakan pada saat transaksi, misalnya melakukan transfer aset, power up, power down, melakukan konversi aset baik steem ke SBD atau SBD ke Steem.

  4. OWNER KEY
    Kunci (Security) Owner Key adalah untuk merubah dan mereset sandi atau paswod sebelumnya.

  5. MEMO KEY
    Kunci (Security) memo key adalah untuk mengenkripsi dan mendekripsi pesan pribadi saat melakukan pemindahan aset misalkan transfer dana di akun ke akun pengguna lainnya, atau transfer ke wallet exchange.

Dari bebepara penjelasan tentang kunci (Security) di atas dan masing-masing kunci memiliki tujuan masing-masing namun kesemua kunci tersebut di atas adalah sama-sama penting nya antara kunci satu dengan yang lainnya. Dari itu maka kunci adalah asset yang sangat berharga dan yang paling utama dalam sebuah platform Steemit.

Pertanyaan 3
Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?

Adapun Master key inilah yang menjadi perhatian serius agar penyimpanan nya benar-benar aman dan tidak rusak ataupun hilang. Untuk pengguna android atau smartphone sekarang ini, sudah sangat banyak Aplikasi atau tempat yang aman untuk menyimpan nya. Salah satu nya adalah Geogle Drive, kelebihan nya adalah bila android atau smartphone kita hilang/rusak, Geogle Drive bisa kita akses melalui Gadget lain.

Pertanyaan 4
Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain?

Saya tau bagaimana cara mentransfer Steem dari akun saya ke akun lain dengan cara masuk ke menu Wallet, pilih jumlah dan harus menggunakan aktive key baru bisa dikirim. Kalau menggunakan Posting Key maka pengiriman tidak bisa di lakukan. Sebagaimana saya lampirkan bukti scrensot di bawah ini.


IMG_20210601_230606.jpg


Pertanyaan 5
Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu?

Saya tau, cara menggunakan power up/down sama seperti cara yang saya jelaskan di aktive key yaitu masuk ke menu Wallet, pilih jumlah dan harus menggunakan aktive key, tidak bisa menggunakan kunci selain aktive key. Dibawah ini saya kirim bukti scrensot.


IMG_20210601_225137.jpg

IMG_20210601_225200.jpg


Dengan demikian, saya sudah berusaha memberikan penjelasan dengan lengkap mengenai sistem Security di steemit, semoga bermamfaat terutama bagi saya pribadi dan bagi pembaca sekalian. Tidak pernah lupa apresiasi saya kepada sahabat saya @husaini yang sudah memberikan motivasi, arahan dan juga mentraktir kopi setiap saya konsultasi dan meminta ilmu dari beliau. Yang terakhir ucapan terimakasih saya kepada Bg @heriadi yang sudah mengoreksi setiap tulisan saya sehingga menjadi terarah dan tulisan berkualitas.

Hormat saya
@muhibbuttabri

Sort:  
 3 years ago 

Please Describe How to Power Up with ScreenShots.

 3 years ago 

Sorry for the mistake in taking screenshots during yesterday's post, I have corrected the error. Please, Mr. @jawad101 visit again. Thank you

 3 years ago 

Congratulations! You have been verified for this task and you may proceed to the next achievement task at your convenience.
Please visit this post for guidance about your next Achievement

Rating: 2

 3 years ago 

Yes sir, I will continue to the next stage. Thank you for the verification and correction, Mr. @jawad101

Kami mohon maaf 🙏 karena kami melewatkan kurasi pada postingan Achivement ini, saya telah memberi kurasi pada pos aktif lainnya (https://steemit.com/hive-172186/@muhibbuttabri/achievement-4-task-by-muhibbuttabri-applying-markdowns) untuk mengantikan kurasi postingan ini.

 3 years ago 

Siap Bg @heriadi. Terimakasih support nya

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 58118.57
ETH 2462.81
USDT 1.00
SBD 2.38