Achievement 2 @mrnash Tugas: Basic Security on Steem

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

Hi Steemian's semua, Apakabarnya hari ini?
Semoga selalu dianugerahi kesehatan dan kekuatan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Jangan lupa tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Selalu mamakai masker saat berpergian, jaga jarak dan jangan lupa mencuci tangan saat sebelum dan sesudah bertemu dengan orang lain.

2021-09-02 (5).png
Ilustrasi ini saya rancang sendiri

Baik Steemian's semua, hari ini saya akan menunaikan tugas kedua saya sebagai pendatang baru di steemit. Sebelumnya saya sudah melewati tugas pertama yaitu memperkenalkan diri kepada teman-teman semua. Pada tugas kedua ini saya akan menerangkan sedikit tentang beberapa fungsi kemanan dasar pada platform steemit. Pengatahuan tentang kemanan dasar sangat penting dipahami bagi anda pendatang baru, agar tidak salah menempatkan dan menggunakannya dalam mengakses akun steemit.

Saya akan mengurai fungsi tersebut sesuai dengan format yang telah disusun oleh kurator, yaitu dengan menjawab beberapa pertanyaan mendasar yang diajukan dalam menyelesaikan tugas ke dua saya untuk Achievement 2. Beberapa pertanyaan tersebut antara lain:

Apakah kamu sudah mendapatkan beberapa kunci keamanan akun steemit ?

Sejak saya terdaftar pada akun steemit, Saya sudah mendapatkan semua kunci keamanan akun steemit saya @mrnash. Kunci keamanan ini hanya sekali dikirim oleh tim pengembang web steemit melalui email saya yang terdaftar. Adapun beberapa kunci keamanan yang dikirim oleh tim steemit kepada saya yaitu; Kunci Postingan, Kunci Aktif, Kunci Pemilik, Kunci Memo dan Kunci Publik. Dimana setiap kunci keamanan ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Apaka kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?

Setelah saya mempelajari beberapa sumber serta memahami panduan langsung yang ada pada private key, maka fungsi masing-masing kunci keamanan tersebut dapat saya jelaskan sebagai berikut:

1. Posting Key

Sobat semua, Posting Key ini digunakan saat ingin masuk melakukan login di aplikasi atau di Steemit.com. dengan memasukkan kode postingan ini anda bisa mengakses beberapa hal seperti membuat postingan anda sendiri, membaca postingan orang lain dalam sebuah komunitas, memberikan komentar dan juga melakukan vote terhadap postingan orang lain. Kode ini sangat sulit dibajak oleh orang lain karena kodenya sangat unik. jika pun dibajak biasanya disebabkan oleh keteledoran kita dalam menggunakan komputer orang lain yang membuat akun kita tersimpan disana. Walaupun kode postingan ini berhasil dibajak, anda masih tetap bisa menggunakannya. Kode Postingan ini tidak bisa digunakan untuk mengakses wallet seperti melakukan transfer SBD atau Transfer Steem. Jadi SBD dan Steem anda tetap aman meski mereka berhasil membajak kunci postingan anda

2. Active Key

Active Key ini berfungsi sebagai pintu masuk untuk mengakses Dompet atau Wallet anda. Dimana dengan Active Key ini anda bisa melakukan transaksi moneter seperti melakukan transfer SBD, Transfer Steem, Melakukan Power Up/Power Down Steem Power. Anda harus berhati-hati menyimpan kunci Aktif ini. Jika Active Key ini jatuh ketangan orang lain maka anda akan kehilangan semua SBD dan Steem yang anda miliki.

3. Memo Key

Memo Key ini digunakan untuk mendiskripkan pesan melalui blockchain. Memo Key ini hanya bisa dipakai oleh orang-orang yang mengerti sistem blockchain dan juga API (pengembang Blockchain). Jadi bisa dikatakan penggunaan Kunci Memo ini jarang digunakan oleh orang-orang biasa. Ia hanya digunakan oleh orang yang mengerti bahasa pemograman.

4. Owner Key

Owner Key adalah kunci yang jarang digunakan. Namun Owner Key Mempunyai peran yang sangat penting dalam akun steemit. Owner Key ini mempunyai fungsi sebagai kunci yang dapat mengatur ulang semua kata sandi. Jadi, Meski Kunci Postingan dan Kunci Aktif anda berhasil dibajak orang lain anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mengambilnya kembali. Maka disarankan untuk menyimpan Kunci pemilik ini secara terpisah dari kunci yang lain. Disarankan anda tidak hanya menyimpannya secara online tetapi juga secara offline.

Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?

Master Key mempunyai fungsi untuk melacak dan menemukan kembali semua sandi lainnya yang hilang termasuk juga owner key. Makanya mengapa sebagian besar steemian's disarankan untuk menyimpannya secara offline. Untuk Kunci Master Key milik saya, rencananya akan saya simpan dalam dompet setelah diprin dan saya press menggunakan plastik. Selain di dompet saya juga akan menyimpannya dalam lemari. Agar suatu waktu jika saya kehilangan kunci yang lain saya bisa memulihkan akun steemit saya kembali.

Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lainnya?

Jika anda ingin mentransfer STEEM atau SBD anda kepada teman atau orang lain yang anda kenal anda perlu menekan wallet dan memasukkan kunci yang sudah dikirimkan kepada anda. Kemudian tekan kursor panah kebawah yang ada pada steem dan tekan menu transfer. setelah menekan menu transfer selanjutnya anda mengisi jumlah serta mengisi tujuan akun yang akan anda transfer.

2021-09-02 (5)_LI.jpg
Screenshoot wallet

2021-09-02 (13)_LI.jpg
Isi tujuan akun, Jumlah yang ingin dikirim dan tuliskan memo jika perlu

Apakah kamu tahu cara Power Up/down Steem kamu?

Untuk melakukan power up/down anda juga perlu menuju ke wallet dan mengisi kunci active key untuk dapat mengakses wallet. Kemudian anda menekan tanda panah pada tulisan steem dan pilih menu Power Up. Nanti akan muncul keterangan jumlah Steem yang ingin anda power up ke steem power.

2021-09-02 (7)_LI.jpg
Pilih Power Up pada panah di Steem

2021-09-02 (6)_LI.jpg
Masukkan berapa Steem yang akan di Power Up

Jika anda ingin melakukan power Down anda perlu menekan tanda panah pada Steem Power dan pilih Power Down. disana nanti anda bisa menentukan berapa jumlah yang ingin anda Power Down kan.

2021-09-02 (11)_LI.jpg
Pilih Power Down

2021-09-02 (8).png
Arahkan kursor berapa Steem Power yang ingin anda Power Down

Inilah sedikit penjelasannya sebagai tentang tugas ke dua saya dalam menunaikan Achievement 2.

Sort:  

Hi i am Sumit one of the team member of Steem Greeter.

I am happy to announce that i have successfully verified your achievement 2 post. Now you are eligible for performing your achievement 3 which is about content etiquettes. You can refer this post for your next task.

Note:

Rate:2

 3 years ago 

Thank you very much for verification of my task 2 or achievement 2 . I am happy to hear it.

 3 years ago (edited)

hi @sumit71428, can you review my achievement3. It's already day 3

 3 years ago 

Hi, @mrnash,

Your post has been supported by @rypo01 from the Steem Greeter Team.

 3 years ago 

Thank you for your support

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 63850.79
ETH 3415.87
USDT 1.00
SBD 2.46