Achievement 2 @miswarmuslem Tugas: Basic Security on Steem

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

08.png

Hallo Steemian..

Saya telah membuat perkenalan diri sebelumnya, pada postingan ini saya akan membuat Achievement 2 seperti yang saya bacakan pada komentar bang Heriadi. Saya belum paham persis bagaimana sistem kerja pada media sosial ini, saya rasa disini sangat ketat. Tapi yang memudahkan adalah adanya Pemandu yang dapat memberikan informasi tahapan untuk aktif di media sosial ini, ini sangat menyenangkan sehingga saya bisa terarah dalam menggunakan media sosial ini. Terimakasih saya ucapkan kepada Pemandu di media sosial steemit ini. Setelah membaca Panduan yang dikirim melalui komentar oleh bang Heriadi, saya diharuskan membuat tulisan atau Tugas tentang Basic Security on Steem. Ya, berkenaan dengan Kunci Dasar pada Steem saya sudah menyimpan semua sandi saat pertama kali mendaftar pada media sosial ini, saya dibimbing oleh rekan kerja saya. Ini menjadi pengalaman bagi saya karena saya pernah kehilangan Master Key pada awal mula saya daftar media sosial steemit ini. Saya akan menjawab pertanyaan dari Tugas Achievement 2 ini tentang Basic Security On Steem. Berikut beberapa pertanyaan yang akan saya jawab pada sesi ke 2 ini :

Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di steemit?

Awal saya daftar pada media sosial ini saya lupa menyimpan semua kunci sehingga saya tidak bisa menggunakan akun lama saya, itu terjadi sekitar tahun 2018 dan saya tidak ingat lagi username yang saya buat dulu. Untuk saat ini semua kunci sudah saya simpan dengan baik dan bisa dipastikan saya tidak akan kehilangan sandi saya lagi, sehingga saya tidak mengalami hal serupa seperti pada tahun 2018.

Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?

Awalnya saya tidak paham, tapi sekarang setelah membaca pada beberapa tulisan teman-teman dan juga bimbingan dari rekan kantor sekarang saya sudah mulai sedikit paham.

Adapun batasan dan fungsi dari masing kunci adalah sebagai berikut :

  • Posting Key
    Saya akan memulai dari sandi ini, Posting key setelah saya baca dari Key And Permissions di Steemit Wallet digunakan untuk Mem-publish tulisan dan komentar, Mengedit tulisan dan komentar, Upvote atau Downvote, Me-restem postingan, Mengikuti user lain, dan untuk Mute akun lain.

  • Aktive Key
    Pada sandi ini setelah saya baca-baca pada tulisan steemian lain, sandi ini sedikit sensitif dan diharuskan untuk menjaganya dengan baik supaya tidak jatuh ke tangan orang lain, Adapun kegunaannya yaitu untuk mengirim token, Power up dan down, Mengkonversi SBD ke steem, Memberikan suara kepada saksi, Meng-order token pada market, mengganti atau mengedit gambar profil dan Membuat user baru.

  • Owner Key
    Sandi ini digunakan untuk merekoveri akun yang disusupi, mereset Aktive dan sandi posting serta menolak hak suara.

  • Memo Key
    Sandi ini digunakan untuk mengirim pesan yang terenkripsi serta melihat pesan yang terenkripsi.

  • Tron Key
    Untuk sandi ini dipergunakan sebagai pengiriman token token, Membekukan dan cairkan TRX, memilih TRON SR serta menjelajahi ekologi TRON.

  • Master Key
    Ini merupakan sandi utama yang sangat penting yang ada baiknya kita harus menyimpannya dalam posisi ofline, kunci utama ini dapat merubah dirinya sendiri serta sandi-sandi yang lainnya. Pastikan kita tidak kehilangan sandi ini dan jika kita kehilangan sandi ini pastinya akun kita tidak dapat terkembalikan. Sandi ini sangat sakral ya kawan-kawan, karena saya pernah kehilangan sandi ini dan tidak bisa membuka akun saya lagi. Sandi ini bisa mere-generate dirinya sendiri dan sandi-sandi lainnya.

Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?

Untuk penyimpanan sandi saya lebih menggunakan G-Drive dan Notes, sehingga memudahkan saya untuk dapat membuka media sosial ini dimanapun saya berada. Terpenting dari semua itu adalah saya mampu menjaga semua kunci saya untuk tidak kehilangan lagi.

Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain?

Untuk perihal yang satu ini saya belum pernah mencobanya karena saya belum memiliki Steem untuk saya kirim, setelah saya searching di google dan membaca beberapa tulisan dari steemian juga sekarang saya sudah paham cara mengirim Steem atau Steem Dollar. Saya akan mencoba untuk mempraktekkan cara mengirim Steem.

01.png

Langkah 1 : Masuk ke Steemit Wallet -- Pilih Steem -- Klik Transfer

02.png

Langkah 2 : Kita diharuskan mengisi tujuan pengiriman steem dan jumlah steem yang akan dikirim, isi memo jika diperlukan kemudian Klik Next untuk masuk ke tahapan berikutnya.

03.png

Langkah 3 : Tampilan pada tahap ke 3 adalah menu konfirmasi, disini kita diharuskan mengkonfirmasi pengiriman yang sedang kita lakukan. Jika sudah benar tujuan dan jumlah steem yang akan dikirim maka Klik OK.

04.png

Langkah 4 : Untuk pengiriman kita diharuskan menggunakan sandi Aktive Key kemudian klik Sign dan proses pengiriman steem akan selesai.

Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu?

Saya akan mempraktekkan cara power up steem menjadi Steem Power, ini yang saya ketahui saat ini sebagai kekuatan pada media sosial ini. Berikut langkah-langkahnya :

01.png

Langkah 1 : Masuk ke Steemit Wallet -- Pilih Steem -- Klik Power Up

05.png

Langkah 2 : Isi jumlah yang akan di power up pada form Convert to steem power, kemudian klik pada tombol hitam Power Up

06.png

Langkah 3 : Kemudian kita akan diarahkan pada form Confirm transfer to Vesting, jika sudah benar maka kemudian klik OK. Dan akan diarahkan pada form pengisian sandi Aktive Key untuk proses power up.

07.png

Pada gambar diatas saya sudah berhasil melakukan power up steem yang saya miliki.

Hanya ini yang bisa saya sampaikan pada tulisan kedua saya, terimakasih sebelumnya untuk kawan-kawan semua yang sudi kiranya mendukung saya. Yang saya harapkan tulisan ini mudah untuk dipahami dan dipraktekkan oleh kawan-kawan yang baru bergabung. Wassalam

Banda Aceh, 18 Juni 2021
Miswar Muslem

Sort:  

In Q.2 you have to give discription of each keys, its main function and restriction.

Please edit and reply me so i can verify your post.

 3 years ago 

Hi, I've fixed. Please take a look. Thank you.

Hi i am Sumit one of the team member of Steem Greeter.

I am happy to announce that i have successfully verified your achievement 2 post. Now you are eligible for performing your achievement 3 which is about content etiquettes. You can refer this post for your next task.

Note:

Rate:2

 3 years ago 

Thanks for verification.

 3 years ago 

Hi, @miswarmuslem,

Your post has been supported by @saxopedia from the Steem Greeter Team.

 3 years ago 

Thank you so much

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 66266.06
ETH 3031.03
USDT 1.00
SBD 3.67