Achievement 6 : Understanding Curation and Community By @miftahuddin

in Newcomers' Community3 years ago

Salam semua untuk semua para steemian...

Postingan saya hari ini adalah tentang Curation, Witnesses and Community yang menjadi tugas dari Achievement 6. Insya allah saya akan menguraikan satu persatu menyangkut Kurasi, Witnes dan Komutinas.

Saya akan mulai dari pengertian Curation. Steemit merupakan sebuah platform digital yang akan mendapatkan kurasi dari para kurator. Jadi curation yang dimaksudkan dalam steemit adalah nilai postingan kita, dimana setiap postingan yang relevan yang berkaitan dengan katagori tertentu akan dikumpulkan oleh para kurator untuk mendapatkan upvote. Untuk memberikan upvote pada postingan disteemit tidak dibatasi, semua kita bisa memberikan upvote kepada teman-teman yang lain.

Nilai upvote yang kita dapatkan akan bervariasi sesuai kekuatan steem power yang di miliki. Jadi semakin banyak steem power diwallet kita, maka semakin banyak pula nilai kurasi yang akan kita dapatkan.

WhatsApp Image 2021-03-11 at 12.22.16.jpeg

Coba kita lihat dalam gambar diatas, tentang tanda panah yang saya buat ada beberapa pilihan. Pertama yang bertentangan dengan ujung panah adalah tempat kita melakukan upvote yang positif (+), disampingnya lagi ada downvote negatif (-), selanjutnya ada jumlah orang yang melakukan upvote, dan ada jumlah responses serta tempat kita lakukan resteem postingan orang lain dengan menekan tanda panah berbalik. Didalam lingkaran besar itulah yang disebut kurasi yang akan kita dapatkan sesudah dibagikan dengan kurator atau orang yang melakukan upvote postingan kita.

Ada beberapa catatan kecil yang harus kita perhatikan menyangkut reward yang diberikan kepada penulis. Kurasi akan diberikan kepada kurator 50%, apabila kurator melakukan upvote pada postingan yang umurnya belum sampai 5 (lima) menit maka akan terjadi penurunan nilai kurasi.

Witnesses merupakan saksi yang ada dalam blockchain steem, saya sendiri memilih beberapa witnes mulai dari @steemchiller, @justyy, dan @inwi. Mereka semua sudah banyak membuat tolls yang berguna untuk para pemilik akun steem.

Screenshot 2.jpg

Community adalah sebuah kelompok untuk bersatu dalam memajukan steemit kearah yang lebih baik. Para pengguna steemit bisa memilih masuk dalam komunitas mana saja atau pun secara individu tanpa ada komunitas. Biasanya kalau kita tidak bergabung dalam komunitas maka banyak informasi yang luput dari pantauan.

Saran saya bagi para pengguna akun steemit untuk menentukan langkah bergabung dengan komunitas, karena banyak sekali informasi penting yang bisa didapatkan dalam sistem pengelolaan akun steem.

Saya pribadi juga bergabung dengan komunitas Newcomers' dan Steem SEA, walaupun saya sudah mulai membuat akun steem tahun 2016. Tapi sesudah beberapa tahun saya tidak aktif lagi, sehingga banyak hal yang terlewatkan maka saya menetapkan pilihan pada komunitas yang saya sebutkan diatas. Selain berguna untuk saya pribadi, juga bisa bermanfaat untuk para pemula yang baru bergabung dengan steemit.

Ingat, dalam membuat postingan diakun steemit tidak asal-asalan, karena ketentuan syarat-syarat tetap berlaku. Dengan demikian konsistensi dalam platform steemit tetap terjaga.

Terimakasih kepada @radjasalman, @heriadi yang telah berdikusi banyak, sehingga saya pada hari ini telah sampai pada tugas terakhir Achievement 6 : Understanding Curation and Community.

Juga terimakasih kepada;
@cryptokannon, @steemchiller, @justyy, @inwi, @anroja, @el-nailul, @ernaerningsih

lanjutkan sahabat-sahabat ku tercinta demi majunya platform steemit ini @irawandedy, @klen.civil, @nadilchairi, @harferri

By @miftahuddin

Sort:  
 3 years ago 

Selamat, kamu telah menyelesaikan seluruh tugas Achievement kamu. Selanjutnya silahkan membuat rangkuman keenam tugas Achievement kamu. Terimakasih 🙏

Salam,

@radjasalman

 3 years ago 

Terimakasih

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 58118.57
ETH 2462.81
USDT 1.00
SBD 2.38