Achievements 3 || by: @maulanafirnanda || Kode Etik Konten

in Newcomers' Community3 years ago

Hallo sahabat steemians dimanapun kalian berada semoga sehat selalu dan dilancarkan rezkinya dan dimudahkan segala urusannya, pada pertemuan kali ini saya akan melanjutkan tugas achievements 3 saya tentang "Kode Etik Konten", dimana sebelumnya saya telah menyelesaikan tugas achievements 2 yang tentang "Basic Security on Steem", jadi sebagai anggota komunitas Newcomers' Community saya akan melanjutkan tugas saya ini.

3jpR3paJ37V8JxyWvtbhvcm5k3roJwHBR4WTALx7XaoRovo4t2tun4qDR9LxTzT9T5w7YcPVGvLtbVvodmuw2TCxYeYczEA7iAKZhF6NbEiBMfJ7tHis2Nc72e9VB4ZmHPWbp.png
Sumber

Tentu saja sebelum saya membuat tugas ini terlebih dahulu saya membaca panduanya dan memahami isi panduan yang saya lihat pada postingan bapak @radjsalman , yang didalamnya terdapat penjelasan tentang plagiarisme atau sering dikenal dengan plagiat, postingan tersebut berjudul "Panduan Achievement 3 Bagi Pendatang Baru", pada postingan tersebut juga dijelaskan tentang mekanisme dan penerapan yang bersangkutan dengan plagiat, serta terdapat juga contoh kutipan dan seumbernya dari media-media maupun website beserta dengan ketentuannya masing-masing.

Pengertian Plagiarisme

plagiarisme.jpg
sumber

Menurut saya pribadi, plagiarisme atau yang biasa lebih dikenal dengan plagiat adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan dalam mengambil karya orang lain mau itu berupa gambar atau tulisan dan karya lainnya dengan tanpa meminta izin terhadap pemilik karya tersebut dan menjadikan karya itu sebagai milik orang yang mengambilnya.

Selain pendapat saya pribadi saya juga mencari tau pengertian plagiat itu sendiri dan saya temukan salah satu dari beberapa pengertian yang ada di "Google" yang menurut saya lebih bagus yaitu pada link Deepublish dimana disitu dijelaskan bahwa :

Plagiarisme adalah mengambil atau menjiplak ide atau karya orang lain tanpa mencantumkan nama pemilik karya atau tanpa seizin pemiliknya. Secara istilah, plagiarisme dapat disebut sebagai mencuri. sumber

copy-paste.jpg
sumber

Plagiarisme terbagi menjadi 2 yaitu ada "plagiarisme secara langsung" dan ada "plagiarisme secara tidak langsung", ini saya dapat setelah saya memahami dari hasil pengamatan saya terhadap beberapa postingan sahabat steemians sekalian yang telah menyelesaikan tugas achievements 3 ini , dari 2 macam pembagian plagiarisme ini maka dapat kita simpulkan yang bahwa keduanya memiliki kesalahan yang tidak dapat dibenarkan yaitu sama-sama menjiplak atau mengambil sesuatu milik orang lain dan mengklaim bahwa itu miliknya yang mana hal ini menjadi sebuah pelanggaran bagi pengambil yang tidak menyertakan pemilik asli dari sumber tersebut, sehingga hal ini menyalahi dari segi kode etik sebuah konten seseorang.

Inti sari pembahasan
Tentu saja setiap manusia memiliki kesalahan dan kekurangan namun harus kita ketahui yang bahwa segala kesalahan kita jangan sampai merugikan orang lain sama seperti halnya mengambil karya orang lain dan mengatakan bahwa karya tersebiut adalah milik kita, tentu saja ini sangat tidak dibenarkan, coba saja kita yang menjadi korban dalam hal ini pastinya kita begitu marah terhadap pencuri tersebut, maka oleh sebab itu cobalah untuk selalu kreatif dalam segala hal, jika memang ingin mengambil sumber dari orang lain maka cantumkanlah sumber aslinya, namun alangkah baiknya jika kita selalu membagikan sebuah postingan di platform steemit ini yang bersumber dari kita sendiri supaya segala jerih payah kita terbayar dengan hasil yang maksimal dan halal, ini juga merupakan sebuah perkembangan budaya yang bagus untuk dicontoh bagi generasi penerus kedepannya semoga mereka semua bisa merasakan kehidupan tanpa adanya plagiarisme, sehingga bisa melahirkan ide-ide yang cemerlang bagi sahabat steemians semua.

Mungkin ini saja dari saya dalam menyelesaikan tugas "Achievements 3" saya semoga dengan semua ilmu yang saya dapatkan ini bisa menjadi ladang amalan bagi saya dan juga bisa menjadi salah satu faktor dalam perkembangan hidup saya tentunya bisa bermanfaat bagi kalian semua, dan ucapan terima kasih saya tidak lupa kepada semua senior-senior disini semoga saya bisa seperti mereka semua seperti :
@cryptokannon
@irawandedy
@heriadi
@adeljose
@radjasalman

Salam hangat dari saya seorang pemula @maulanafirnanda

Sort:  
 3 years ago 

Lanjutkan ke achievement berikutnya

R: 2

 3 years ago 

terimaksih bang @irawandedy

 3 years ago 

Hi, @maulanafirnanda,

Your post has been supported by @dilchamo from the Steem Greeter Team.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 60097.61
ETH 3373.26
USDT 1.00
SBD 2.51