Achievement 3 oleh @lingkar-photo Tugas: Kode Etik Konten

in Newcomers' Community3 years ago

IMG_20211224_095954.jpg

Assalamualikum sahabat steemians dimanapun kalian berada, pada kesempatan ini saya akan melanjutkan tugas Achievement saya pada komunitas Newcomers' Community, yang sebelumnya saya sudah menyelesaikan tugas Achievement 2 tentang "Basic Security on Steem", baiklah kita langsung ke pembahasan dimana disini saya ingin menyelesaikan tugas Achievement 3 tentang "Kode Etik Konten" mengenai plagiat atau sering kita dengar dengan plagiarisme.

Sebelum saya menulis, tentunya saya terlebih dahulu membaca panduan pada postingan bapak @radjasalman, dimana postingan tersebut diberi judul "Panduan Achievement 3 Bagi Pendatang Baru", dan disana memberikan tugas Achievement 3 yaitu menjelaskan apa itu plagiarisme, dan bagaimana menerapkannya serta beberapa contoh kutipan dan sumber yang saya bisa saya ambil dari media ataupun website lainnya yang tersedia dengan ketentuan masing-masing.

Apa itu plagiarisme ?

Dari sebuah kata dalam pembahasana yang mengambil pengertian yang coba saya pahami yang disebut "plagiat atau plagiarisme" sebuah tindakan pengambil gambar atau tulisan milik orang lain tanpa sepengetahuan / izin dengan tidak menyertakan sumber pada gambar atau tulisan yang diambil oleh seseorang tersebut dan menjadikannya postingan pengambil gambar dan tulisan tersebut.

Pada saat saya mencoba pada pencarian "Google" dengan kata mengunakan kata kunci "plagiarisme" adalah ? disana saya menemukan pengertian "plagirisme" pada link wikipedia, disana dijelaskan dengan lebih detail, bahwa :

plagiat.png
Sumber Images

"Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah atau universitas. Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator. Singkat kata, plagiat adalah pencurian karangan milik orang lain. Dapat juga diartikan sebagai pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain yang kemudian dijadikan seolah-olah miliknya sendiri. Setiap karangan yang asli dianggap sebagai hak milik si pengarang dan tidak boleh dicetak ulang tanpa izin yang mempunyai hak atau penerbit karangan tersebut. Sesudah 2 × 24 jam berita surat kabar tersiar, maka seseorang dapat mengambil alih dengan syarat harus menyebutkan sumbernya. Plagiarisme juga tidak mengacu ke pada hasil karya tulisan saja melainkan juga hasil karya musik, desain, dll. Sumber Wikipedia

Dari apa yang saya baca pada beberapa contoh postingan blog sahabat-sahabat steemians lain yang telah menyelesaikan tugas Achievement 3 disana disebutkan juga bahwa plagiarisme dibagi menjadi 2 bagian, diantaranya adalah"plagiarisme secara langsung" maupun "plagiarisme secara tidak langsung", dari apa yang saya lihat dan baca serta saya mencoba untuk pahami antara keduanya adalah: sebuah kesalahan yang sama, yang mana tindakan tersebut sama-sama tidak diperbolehkan dan menjadi sebuah pelanggaran pada kode etik sebuah konten seseorang yang mengambil tampa membuat pemilik dan tujuan utamanya.

Kesimpulan

Mari bersama-sama kita ketahui bahwa yang disebut kreatif adalah sebuah ide yang kita miliki dan juga, meng-ekspresi-kan tulisan yang kita buat sendiri dengan tanpa mengambil sumber dari orang lain, dan kita harus mengakuinya itu baru sebagai hasil karya kita sendiri, sebuah tindakan tersebut sungguh sebuah kesalahan besar dan sangat tidak baik sebagai penulis pemula dan yang sudah lama sekalipun, dari itu kita harus mengambil sedikit pelajaran dan kesimpulan bahwa kita jangan pernah mengakui karya orang lain sebagai karya kita sendiri. Karena hal itu dikatakan sebagai tindakan baik atau sebagai "pencuri" karya milik orang yang disebut dengan pengertian dari Plagiarisme. Maka lebih baik setiap karya yang dipublikasikan pada "Platform Steemit" ini adalah pastikan itu dari hasil karya anda sendiri, dan juga ini demi kemajuan diri anda pribadi dan juga sebagai ladang memulai pekrjaan yang bisa menghasilkan rezeki yang biak untuk anda nikamatinya secara baik dan juga halal, dan juga perlu sahabat steemians coba untuk ketahui juga bahwa tindakan plagiarisme akanbumerang untuk anda sendiri nantinya, maka sebelum itu terjadi anda berubah dengan drastis dan jadilah penulis yang baik dan penuh dengan ide cemerlang.

Demikianlah untuk "Achievemet 3" saya ini, semoga saya bisa menjadi yang lebih baik dengan mengikuti aturan Steemit yang dibuat oleh Komunitas ini, dan saya juga ingin mengucapkan terimakasih untuk beberapa orang yang sudah lama dan juga sebagai penerus Steemian dalam melihat kinerja pemula seperti saya ini, dan mohon untuk sebuah rujukan atau juga arahan yang bisa membuat saya bisa berkiprah lagi dalam Steemit ini.

Terimakasih kepada:
cc:
@cryptokannon
@irawandedy
@heriadi

WhatsApp Image 2021-11-01 at 15.28.12.jpeg

Salam Hangat
Dari @lingkar-photo

Sort:  
 3 years ago 

Lanjutkan ke achievement berikutnya

R: 2

 3 years ago 

Thank you brother

 3 years ago 

Hi, @lingkar-photo,

Your post has been supported by @wilmer1988 from the Steem Greeter Team.

 3 years ago 

Thank you so much suport my post it @wilmer1988, and @steemcurator03

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 58572.58
ETH 2551.35
USDT 1.00
SBD 2.47