Achievement 2 @imamhumani : Basic Security on Steem

in Newcomers' Community3 years ago

WhatsApp Image 2021-11-08 at 21.32.24.jpeg

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, selamat malam stemians, gimana kabarnya? saya harap teman-teman selalu sehat dan selalu dimudahkan dalam segala urusan ya, baik urusan dunia maupun akhirat.

Sebelumnya, alhamdulillah saya sudah di verifikasi oleh bang @radjasalman beberapa hari yang lalu, dan saya juga mohon maaf baru bisa membuat achievement 2 sekarang karena kebetulan dalam beberapa hari ke belakang saya sedang mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) di perkuliahan jadi saya fokus kesana dulu.

Pada postingan ini saya akan menuliskan beberapa pengetahuan sesuai dengan panduan dan arahan yang diberikan oleh @radjasalman pada postingannya, yakni tentang pengetahuan dasar keamanan dalam Steemit (Basic Security on Steem).

Steemit ini merupakan sebuah platform digital yang berguna untuk berbagi informasi antar sesama penggunanya. Informasi ini meliputi segala hal, baik fotografi, edukasi, teknologi, dan masih banyak lagi. Lalu, menurut saya pribadi Steemit merupakan salah satu platform digital yang memiliki tingkat keamanan SUPERTOP.

WhatsApp Image 2021-11-08 at 22.57.51.jpeg

Mengapa demikian? karena kata sandi dari masing-masing akun pengguna Steemit sangat banyak dan memiliki fungsi masing-masing dari setiap katasandi tersebut demi menjaga keamanan akun pengguna. Saya selaku pengguna Steemit sudah mendapatkan kata sandinya dalam bentuk pdf sejak pertama kali membuat akun. Lalu, demi keamanan dan kenyamanan, saya menyimpan filenya di dalam laptop dan juga di hp agar ketika filenya hilang di hp, maka sudah ada backup-an file di laptop, begitupun sebaliknya.

Berikut saya jelaskan beberapa kata sandi yang ada di Steemit beserta fungsi dari masing-masing katasandi tersebut.

1. Posting Key
Posting Key merupakan kata sandi akun Steemit yang berguna untuk membagikan, mengirim, berkomentar postingan atau melakukan vote/upvote, follow/unfollow, dan lain sebagainya. Kata sandi ini kerap digunakan dalam keseharian kita menggunakan Steemit.

2. Active Key
Acitve Key merupakan kata sandi akun Steemit yang berguna untuk mengoperasikan Steem atau SBD yang ada dalam akun, misalnya melakukan Power Up/Down, transfer dana, konversi dollar, atau juga dapat digunakan untuk login ke wallet.

3. Owner Key
Owner Key sering disebut juga dengan kata sandi pemilik. Artinya, owner key ini merupakan kata sandi yang memiliki kekuatan yang kuat dalam mengelola akun. Hal ini dikarenakan owner key dapat digunakan dalam memulihkan akun yang berguna untuk mengubah kata sandi.

4. Memo Key
Memo Key merupakan kata sandi akun Steemit yang digunakan untuk mengenkripsi memo ketika melakukan aktivitas transfer

5. Master Key
Sebagaimana namanya, Master Key merupakan master dari kata sandi yang lain. Artinya master key memiliki kekuatan kata sandi yang paling kuat diantara kata sandi yang lain. Mengapa demikian? karena master key ini dapat digunakan untuk menemukan kata sandi yang lain dan biasanya digunakan juga pada saat pemulihan akun.

WhatsApp Image 2021-11-08 at 22.57.51 (1).jpeg

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa kata sandi yang ada di Steemit beserta fungsi masing-masing dari setiap kaa sandinya. Lalu, beralih pada beberapa pertanyaan.

(Pertanyaan 1)
Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci/kata sandi kamu di Steemit?

(Jawaban 1)
Iya, sudah. Saya sudah mendapatkan semua kunci/kata sandi di Steemit

(Pertanyaan 2)
Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?

(Jawaban)
Iya, sudah. Saya sudah mengetahui dan memahami masing-masing fungsi dan batasan utama ini

(Pertanyaan 3)
Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi Master Key kamu?

(Jawaban 3)
Karena Master Key ini merupakan kata sandi yang paling kuat, maka saya menyimpannya di tempat yang sangat aman, yaitu di penyimpanan laptop dan HP. Jika salah satu tempat penyimpanan tersebut filenya hilang, maka sudah terbackup pada tempat lainnya.

(Pertanyaan 4)
Apakah kamu tau cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna Steemit lainnya?

(Jawaban 4)

Iya, saya tau. Berikut saya berikan tutorialnya.

Pertama, klik Wallet

Screenshot (43).png

Kedua, klik Steem pada bagian kanan gambar sesuai dengan yang saya kolom

Screenshot (44).png

Ketiga, klik Transfer lalu masukan nama pengguna yang ingin ditransfer, jumlah Steem yang ingin ditransfer, dan Memo. Selanjutnya klik Next, lalu klik OK

Screenshot (45).png

(Pertanyaan 5)
Apakah kamu tahu cara Power Up/Down Steem kamu?

(Jawaban 5)
Iya, tahu. Berikut saya berikan tutorialnya.

TUTORIAL MELAKUKAN POWER UP

Pertama, klik Wallet

Screenshot (43).png

Kedua, klik Steem lalu klik Power Up pada bagian kanan gambar sesuai dengan yang saya kolom

Screenshot (46).png

Ketiga, masukkan jumlah Steem yang ingin di Power Up, lalu klik Power Up

Screenshot (47).png




TUTORIAL MELAKUKAN POWER DOWN

Pertama, klik Wallet
Screenshot (43).png

Kedua, klik Steem Power lalu klik Power Down pada bagian kanan gambar sesuai dengan yang saya kolom

Screenshot (48).png

Ketiga, masukkan jumlah Steem yang ingin di Power Down, lalu klik Power Down

Screenshot (49).png

Demikianlah postingan saya pada achievement 2 ini, mohon arahan dan masukan, terimakasih atas kesempatan yang diberikan dan mohon maaf atas segala kekurangan maupun kesalahan. Saya akan terus belajar di Steemit ini agar dapat memberikan kontribusi terbaik bagi semuanya sesuai dengan aturan-aturan yang telah diatur oleh pihak Steemit.

Sort:  
 3 years ago 

Lanjutkan ke achievement berikutnya

R: 3

 3 years ago 

Makasi banyak bang sudah diverifikasi 🙏Ketentuan achievement 3 liat dimana bang?

 3 years ago 

Assalamualaikum bang @irawandedy, Saya telah membuat postingan Achievement4, tolong abang acc.🙏🙏🙏

https://steemit.com/hive-172186/@steemcepat/achievement4-task4-by-steemcepat-task-applying-markdowns

 3 years ago 

@radjasalman bang ini saya belum bisa lanjut achievement 3 ya?

Iya, belum. Tunggu Diverifikasi dulu oleh Helper Greeter @nadilchairi atau @irawandedy

 3 years ago 

Biasanya berapa hari baru diverifikasi bang?

Tidak tentu waktu

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 61420.98
ETH 3276.21
USDT 1.00
SBD 2.47