Achievement 2 @hobs22 Tugas : Basic Security on Steem

in Newcomers' Community2 years ago

6370F531-9727-4DB7-A7B3-7C3FAADC70AE.png

Hallo sahabat Steemit !!!!

Hari ini adalah hari kedua saya mempelajari Steemit. Saya masih harus banyak membaca dan harus banyak memahami tentang seluk beluk Steemit sebagai seorang newbie.

Untuk pertama kali nya saya membaca dan mempelajari tentang cara kunci (key) di dalam Steemit. Saat ini saya sudah mendapatkan 6 kunci (key) yaitu 2 kunci (key) untuk TRON => TRON Public key, TRON Private Key dan 4 kunci (Key) untuk Steemit Private Key => Private Posting Key, Private Memo Key, Private Active Key dan Private Owner Key.

35E99C69-0613-4D5A-ABE0-D336C09F46BC.png

Dimana setiap kunci (Key) ini memiliki fungsi masing -masing. Berikut ini saya ingin menjelaskan fungsi dari setiap key yang kita dapat saat membuat akun Steemit pertama kali.

Kunci (Key) untuk Tron
~ TRON Public Key berfungsi untuk mentransfer. TRON Public Key adalah alamat kamu untuk mengirimkan token.

~ TRON Private Key berfungsi untuk masuk dalam setiap transaksi di dalam TRON baik itu mentransfer token, membekukan ataupun memvote. TRON Private Key juga merupakan otoritas tertinggi di dalam akun TRON pribadimu.

Kunci (Key) Steemit Private Key
~ Private Posting Key berfungsi untuk masuk ke akun Steemit pribadimu dan menampilkan aktivitas akun mu seperti postingan, comentar dan volting.

~ Private Memo Key berfungsi untuk mendeskripsikan catatan transfer pribadi.

~ Private Active Key berfungsi untuk berbagai aktivitas keuangan dan dompet pribadi mu seperti mentransfer token ataupun menambahkan kekuatan Steem mu ataupun mengurangi kekuatan Steem pribadimu.

~ Private Owner Key berfungsi untuk mereset ataupun mengatur ulang kembali semua kunci (Key). Disarankan untuk menyimpan nya secara aman setiap saat. Dan jika akun mu dalam tahap dikompromikan gunakan Private Owner Key ini dalam waktu 30 hari pada situs https://steemitwallet.com.

Setelah mengerti dan memahami tentang apa itu fungsi dari kunci (Key). Maka saya berinisiatif untuk menyimpan nya di tempat yang aman yaitu saya simpan di dalam akun Googledrive saya dan kemudian saya print dan saya simpan di dalam lemari rumah saya. Mungkin ini adalah cara yang paling efektif menurut saya karna apabila hp saya hilang maka saya masih punya hard Copy dari semua Kunci (Key) yang saya simpan di lemari saya dalam bentuk print kertas.

Untuk mentransfer Steem kamu ke akun pengguna lain nya kamu harus masuk ke Wallet. Di dalam halaman Wallet kamu perhatikan kalimat BUY Steem, setelah kamu dapatkan kamu hanya perlu memilih Steem dengan tulisan warna hijau muda. Maka akan terlihat halaman sebagai berikut

B20B2223-E90B-4B83-808D-EEB23E8FF2F6.jpeg

Setelah itu maka akan terlihat tulisan transfer, klik tulisan transfer maka anda akan di bawa ke jendela pop up yg baru seperti ha mabar di bawah ini.

AAE22529-D09E-4EA3-9AA2-A6B98DF0ACF2.jpeg

Di halaman ini kamu dapat melakukan transfer Steem ke akun lain dengan mengikuti setiap proses nyaa.

Untuk proses melakukan power up di dalam Steem itu hampir sama seperti saat kita akan melakukan transfer Steem antar pengguna Steem lain nyaaa hanya saja memiliki arti yang berbeda yaitu untuk menambahkan power akun Steem. Semakin besar power akun Steem makan semakin baik.

Sekian penjelasan singkat dari saya mengenai tugas 2 ini. Semoga apa yang saya jelaskan secara singkat ini memberikan manfaat dan edukasi untuk sahabat - sahabat Steemit lain yang mungkin belum mengetahui macam - macam kunci dan fungsinya, cara menyimpan sandi master Key, cara mentransfer serta power up/down.

Tak lupa pula saya ucapkan Terimakasih banyak kepada @ikmalhariamuna @radjasalman dan seluruh sahabat Steemit lain nyaa.

Hormat saya
@hobs22

Sort:  

Terimakasih telah menyelesaikan tugas achievement 2, silahkan melanjutkan ke tugas achievement berikutnya

R1

 2 years ago 

Baik pak @radjasalman. Terimakasih arahan nyaa. 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

Hi, @hobs22,

Your post has been supported by @radjasalman from the Steem Greeter Team.

 2 years ago 

Thanks for your kind attention @steemcurator09

 2 years ago 

Nice

 2 years ago 

Thanks bro @abdulwasay

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 64296.25
ETH 3182.70
USDT 1.00
SBD 2.55