Achievement 2 @fuad92 Tugas: Basic Security On Steem

in Newcomers' Community3 years ago

Hay steemian semua, Salam kenal dan apa kabar semuanya saya selalu mendoakan semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiaat. Setelah saya selesai menyelesaikan tugas pada Achievment 1, ternyata saya baru tahu ada tugas lainnya lagi yang harus dikerjakan, jadi untuk selanjutnya saya akan menyelesaikan tugas yang diberikan pada Achievment 2. Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada Greeter Indonesia Newcomers Community @heriadi yang telah membimbing saya dari Achievment 1 dan sekarang melanjutkan ke Achievment 2 tentang Basic Security On Steem.

Jadi pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Basic Security On Steem dan beberapa fungsi dari kunci-kunci tersebut, kunci itu diberikan setelah kita mendaftarkan diri kita pada steemit dan diberikan dalam bentuk PDF. Setelah saya mendapatkan semua key sandi yang diberikan kepada saya tersebut, semua key sandi itu sekarang sudah saya simpan di email pribadi saya supaya aman karena itu bersifat sangat rahasia dan tidak boleh diketahui oleh siapapun kecuali sang pemilik akun.

Ada beberapa kunci yang memiliki fungsinya masing-masing sesuai dengan apa yang ingin kita gunakan pada steemit ini. Marilah kita bahas fungsi semua key sandi tersebut satu persatu supaya mudah dipahami dan dikelola saat hendak digunakan pada platfrom steemit ini.

IMG_20210603_214839.jpg

IMG_20210603_214926.jpg
sumber Gambar

seperti :

  • posting key
    Sandi postingan ini digunakan untuk masuk ke akun steemit.com, ruang lingkupnya hanya sebetas memposting, mengirim,mengedit,berkomentar, memberikan vote, dan follow.

IMG_20210603_215348.jpg
sumber Gambar

-Active key
Active key ini digunakan pada jalur transaksi seperti, melakukan transfer aset,mengonversi steem ke dollars, melakukan power up atau power down dan juga untuk memperbaharui profil atau gambar pada akun steemit.

IMG_20210603_215406.jpg
sumber Gambar

-Owner key
Penggunaan owner key ini sebagai sandi yang dapat di gunakan untuk mengubah sandi apapun termasuk sandi owner key jika sandi kita terkena hacker atau disusupi.

IMG_20210603_215323.jpg
sumber Gambar

-Memo key
Key ini hanya dapat di gunakan pada saat mendekripsi memo saat mentransfer dana, Untuk mendekripsi memo pakai tanda / # sebelumnya.

IMG_20210603_215437.jpg
sumber Gambar

Fungsi masing-masing dari semua key tersebut sudah saya pelajari dan pahami satu persatu, semua key itu sudah saya salin dalam bentuk printout dan sudah saya simpan di dokumen penting saya secara ofline, mengingat penyimpanan di alat media sewaktu-waktu bisa saja terjadi kerusakan atau bahkan bisa hilang yang membuat saya kesulitan untuk mengambil dan mendapatkan key saya kembali.

Berikut adalah cara untuk mentransfer steem ke akun steemit lainya yaitu:
-login terlebih dahulu ke akun steemit
-pilih menu wallet
-login steemit wallet
-pilih menu transfer
-pilih akun steemit yang ingin kita kirimkan steem
-input nominal
-pilih koin yang akan kita kirem ke steem
-isi memo untuk si penerima
-lalu tekan Next

IMG_20210603_220615.jpg
sumber Gambar

Cara berikutnya adalah untuk power up dan power down STEEM.
Langkah pertama :
-Saya masuk ke steemit wallet
-Memilih menu power up
-Isi berapa STEEM yang akan di convert
-Selesai power up
Maka STEEM power up akan bertambah.

Cara selanjutnya untuk power down
-Masuk ke steemit wallet
-pilih kolom steem power
-tekan angka di steem power
-tuliskan jumlah STEEM yang ingin di power down.

IMG_20210603_221015.jpg
sumber Gambar

Demikianlah ulasan singkat saya tentang keamanan dasar akun steemit ini. Semoga dapat bermanfaat bagi saya dan juga teman steemian semuanya. Meskipun masih banyak kekurangan saya mengenai pengetahuan tentang menjelaskan sesuatu dalam bentuk tulisan mudah-mudahan dapat dimaklumi dan saya berupaya agar terus menambah wawasan serta pengetahuan saya mengenai Steemit ini secara lebih detil dan rinci lagi, besar harapan saya kepada Greeter @heriadi dan @radjasalman @nadilchairi dan @irawandedy untuk terus membimbing saya sampai saya menjadi The Next pronewcomers selanjutnya.
Amin ya rabbal alamin.

Salam Saya
@fuad92

Sort:  
 3 years ago 

Congratulations you have completed this achivement task.
R3

 3 years ago 

Thank you

 3 years ago 

Hi, @fuad92,

Your post has been supported by @nahela from the Steem Greeter Team.

 3 years ago 

Thanks

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.17
JST 0.033
BTC 63989.15
ETH 2749.61
USDT 1.00
SBD 2.66