Achievement2 by @faiz4 | Tugas : Basic security on steem

in Newcomers' Community2 years ago

key-249048_640-picsay.jpg
sumber dasar gambar


Halo semua teman-teman dan senior saya di komunitas ini, sebelumnya saya telah menyelesaikan Achievement #1 dan hari ini saya akan melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu Achievement #2 dengan tugas : Basic Security on Steem.

Sebelum kita terjun terlalu dalam ke sebuah platform, tentunya kita harus terlebih dahulu memahami apa dan bagaimana sistem dan keamanan yang ada di dalamnya, begitu juga dengan platform Steemit, hal pertama sekali yang harus kita pahami adalah tentang kunci atau keamanan akun, setelah itu baru yang lainnya, dan saya telah mempelajarinya, hari ini saya akan menjelaskannya kepada teman-teman semua, jika nanti ada kesalahan atau penjelasan yang kurang lengkap dari penjelasan saya, mohon berikan masukan agar saya juga bisa menjaga keamanan akun saya.

Oke baiklah sekarang saya akan menjelaskan sedikit dari banyaknya hal yang telah saya pelajari mengenai dengan keamanan dasar pada akun steemit.

KUNCI DAN KEGUNAANNYA :

Singkatnya, Steemit memiliki 4 kunci yang harus kita ketahui yaitu MASTER KEY, ACTIVE KEY, POSTING KEY, dan terakhir MEMO KEY, dimana setiap key (kunci) memiliki fungsi yang berbeda tentunya dari yang sangat penting sampai yang biasa-biasa saja (bukan tidak penting, karena setiap kunci pasti penting semua)

Untuk lebih jelasnya saya akan membedah satu persatu tentang 4 fungsi dari kunci yang saya sebutkan diatas.

  • MASTER KEY (KUNCI UTAMA)

Dengan master key kita bisa mengganti key yang lain, dan yang terpenting kita bisa memulihkan akun jika terjadi sesuatu.

  • ACTIVE KEY (KUNCI AKTIF)

Kunci ini berfungsi untuk aktivitas transaksi, seperti saat mengirim token kita akan dimintai kunci ini dan juga saat melakukan Power UP dan Power Down.

  • POSTING KEY (KUNCI POSTING)

Saat membuat postingan kita bisa menggunakan kunci ini, selain itu kunci postingan juga bisa digunakan untuk berkomentar dan melakukan UPVOTE & DOWNVOTE.

  • MEMO KEY (KUNCI MEMO)

Kunci ini dapat digunakan untuk melihat atau mengirim pesan terenkripsi.


APAKAH ANDA TELAH MENDAPATKAN SEMUA KUNCI YANG TELAH SAYA SEBUTKAN DI ATAS ?

Jika Anda belum menemukan atau menyimpan 4 kunci, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka walet, lalu tekan di bagian kunci & izin, dan Anda akan menemukannya di sana.

Anda dapat melihat contoh di bawah ini :


Langkah 1

Screenshot_20220611-133405_Chrome-picsay.jpg

Langkah 2

Screenshot_20220611-133427_Chrome-picsay.jpg

Langkah 3

Screenshot_20220611-133527_Chrome-picsay.jpg

Langkah 4

Screenshot_20220611-133614_Chrome-picsay.jpg


SIMPAN KUNCI STEEMIT ANDA DI TEMPAT YANG AMAN

Untuk keamanan dalam menyimpan password, tentunya setiap orang memiliki caranya masing-masing, dan saya yakin setiap orang akan mempertimbangkan di mana menurut mereka aman untuk menyimpan kunci penting mereka, yang biasa dilakukan orang adalah menyimpan di Google Drive, Email, dan masih banyak lainnya. dan saya juga menyimpannya di salah satu yang saya sebutkan di atas.


CARA MENTRANFERS STEEM KE PENGGUNA LAIN

Di platform Steemit kita bisa mengirim token yang ada pada akun kita ke pengguna yang lain, begitu juga sebaliknya, sekarang saya akan mencotohkan cara mengirim Steem dari akun saya ke pengguna yang lain.

Simak baik-baik penjelasannya ada di gambar :


Langkah 1

Screenshot_20220611-142432_Chrome-picsay.jpg

Langkah 2

Screenshot_20220611-142441_Chrome-picsay.jpg

Langkah 3

Screenshot_20220611-142559_Chrome-picsay.jpg

Langkah 4

Screenshot_20220611-142612_Chrome-picsay.jpg


CARA MELAKUKAN POWER UP (menyalakan steem)

untuk melakukan POWER UP sangat mudah, kita hanya perlu melakukan beberapa langkah saja, dibawah ini saya akan mencontohkannya.


Langkah 1

Screenshot_20220611-145537_Chrome-picsay.jpg

Langkah 2

Screenshot_20220611-145615_Chrome-picsay.jpg


CARA MELAKUKAN POWER DOWN (mematikan steem)

langkah untuk mematikan steem juga sangat mudah, perhatikan contoh dibawah ini.


Langkah 1

Screenshot_20220611-145721_Chrome-picsay.jpg

Langkah 2

Screenshot_20220611-145745_Chrome-picsay.jpg


Oke teman-teman, itulah sedikit penjelasan dari saya tentang keamanan dasar pada akun steemit, semoga teman-teman semua dapat memahaminya dengan mudah, dan jika ada terdapat kekurangan kita bisa berdiskusi di kolom komentar.

Terimakasih terutama sekali kepada teman baik sekaligus mentor saya @longhendra dan terimakasih juga kepada seluruh tim komunitas yang telah bekerja dengan maksimal, anda semua luarbiasa.


cc : @heriadi @radjasalman

Sort:  

selamat tugas pencapaian 2 anda telah di verifikasi, silakan melanjutkan ke tugas pencapaian 3. anda dapat membaca panduan berikut : https://steemit.com/hive-172186/@radjasalman/panduan-achievement-3-bagi-pendatang-baru

R2

catatan :
anda sudah dapat menulis postingan di komunitas lain sebelum melanjutkan pada tugas pencapaian berikutnya dan bergabung club dengan melakukan power up setidaknya 50 % dari hadiah pada setiap postingan

 2 years ago 

Terimakasih banyak pak 😊🙏

 2 years ago 

Hi, @faiz4,

Your post has been supported by @wilmer1988 from the Steem Greeter Team.

Congratulations !!!

You got upvote from the Steemit Travel community.

Join the Steemit Travel community. We are here for you travelers.

We are also collaborating with @steem-database who has reached with 12 K SP to increase the value of your posts.

Share your travel stories with us.

Join Us:
Steemit Travel
https://steemit.com/trending/hive-163291

"Share Your Travel and Earn Money"

DELEGATION

We are very open to receiving delegations from anyone who wants to support the community. if you are interested in becoming a delegator for Steem-Database you can give any delegation you like :

Alternative links delegates to @hive-163291

50100200300400500
1000200030004000500010000
 2 years ago 

Hi friend. You have done this well. Congratulations to you. Your explanation is very good. Congratulations on other achievements as well.

 2 years ago 

serious? thank you very much, but I'm still waiting for a MOD response about my ACHIEVEMENT 3 post.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 58566.25
ETH 2542.89
USDT 1.00
SBD 2.48