Achievement 6 By @elweyraiser Task: Understanding Curation and Community

in Newcomers' Community2 years ago

20220207_233526.jpg

Hai steemian,,
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin melanjutkan Achievement terakhir yang diberikan oleh Tim Steemit kepada para pendatang baru yaitu Achievement 6 : Understanding Curation and Community. Mari di simak sampai habis pemaparan saya mengenai achievement ini. Selamat membaca !

1. Apakah Anda memahami cara kerja voting dan kurasi di steemit ?


Tentu saja saya sangat mengerti dan paham betul mengenai cara kerja voting dan kurasi di steemit. Hal ini telah dijelaskan secara panjang lebar oleh @cryptokannon dan @heriadi pada postingannya beberapa bulan yang lalu, dan dipublikasikan pada komunitas Newcomers' Community.

Voting adalah suara (upvote) dari pengguna steemit lainnya, yang memberikan suaranya kepada postigan orang lain yang dianggap berkualitas, guna memberi hadiah kepada pembuat postingan tersebut. Hal ini biasa disebut sebagai Reward.

Selain itu, orang yang memberi suaranya kepada postingan orang lain juga mendapatkan hadiah reward (Kurasi) sebesar 50% dari hadiah reward yang mereka bagikan tadi. Hadiah reward 50% ini bergantung kepada seberapa besar SP (Steem Power) yang dimiliki orang tersebut (pemberi suara).

Semakin besar Steem Power yang anda miliki, maka semakin besar pula Hadiah suara yang dapat anda bagikan, dan semakin besar pula hadiah reward (kurasi) yang akan anda peroleh.

Untuk lebih memperjelas, hadiah yang kita terima terbagi menjadi 2 yaitu Author Reward dan Curation Reward. Dan saya sertakan screenshot hasil dari postingan saya sebelumnya, yang telah mendapatkan hadiah.

Author Reward adalah hadiah yang kita dapatkan dari postingan yang kita buat atau publikasikan.

Curation Reward adalah hadiah yang kita dapatkan dari meng upvote postingan orang lain. Kita mendapatkan 50% dari hasil hadiah yang kita bagikan kepada postingan orang lain.

Bisa kita lihat, hadiah Author sebesar $1.87 tersebut masuk dalam wallet saya (dibagi lagi), sedangkan hadiah Curators $2.33 tersebut dibagikan kepada pemberi suara terhadap postingan saya. Hadiah dialokasikan sehingga 50% dari pembayaran masuk ke penulis posting / komentar, dan 50% ke kurator.

Untuk melihat lebih jelas tentang hadiah Author dan Curator yang telah kita peroleh, kita bisa langsung menuju pada tool yang telah disediakan oleh steemit yaitu steemworld.org.

Perlu diingat bahwa, semakin banyak anda melakukan upvote terhadap postingan, maka kekuatan voting mana anda semakin berkurang. Sebuah voting dengan 50% voting mana maka akan tersisa 1/2 voting mana dari jumlah yang diberikan dengan 100% voting mana.

Namun anda tidak perlu merasa khawatir. Karena jaringan akan mengisi ulang voting mana anda sebesar 20% setiap hari secara automatis.


2. Apa yang terjadi jika Anda memilih posting sebelum 5 menit setelah posting ?


Dalam memberikan suara anda (upvote) pada postingan orang lain, anda harus memperhatikan waktu dari publikasi postingan tersebut. Mengapa demikian ? karena hadiah kurator 50% dari 100% hadiah pemungutan suara, akan tetapi, kurator akan menerima kurang dari 100% hadiah, jika kurator memberikan suara dalam 5 menit pertama.

Pembagian 50% yang diterima kurator selama 5 menit pertama dihitung secara linier berdasarkan waktu pemberian suara. Untuk lebih jelas, mari kita lihat tabel yang akan saya tunjukkan di bawah.

Waktu PostinganKeterangan
< 1 menit100% hadiah kurasi berada di kumpulan hadiah.
1 menitKurator menerima 20%, dan 80% kurasi berada di kumpulan hadiah.
2 menitKurator menerima 40%, dan 60% kurasi berada di kumpulan hadiah.
3 menitKurator menerima 60%, dan 40% kurasi berada di kumpulan hadiah.
4 menitKurator menerima 80%, dan 20% kurasi berada di kumpulan hadiah.
5 Menit / LebihKurator menerima 100% hadiah kurasi.

3. Siapa yang akan Anda pilih untuk Steem Witness ? dan mengapa ?


Untuk sekarang saya belum memilih satupun Steem Witness. Namun saya memikirkan untuk 2 kandidat yang sering muncul dalam aktivitas steemit saya yaitu @steemchiller dan juga @justyy.

Saya memilih mereka karena saya melihat pada steemdb.io, mereka menjadi top steem witness yang dipercayai oleh banyak orang. Selain dari steem witness yang lain.


4. Komunitas mana yang akan Anda ikuti di Steemit, dan mengapa ?


Sebagai pendatang baru yang belum penuh 2 bulan, saya memilih untuk bergabung dengan komunitas yang memiliki visi dan misi yang sama dengan saya. Serta saya mengerti dengan bahasa yang digunakan dalam komunitas tersebut seperti bahasa indonesia.

Intinya saya dapat mempublikasikan postingan yang saya suka dan diterima oleh komunitas tersebut. Seperti Steem SEA, Steem Enterpreuner, dan juga Steem Betterlife. Dimana pada komunitas tersebut saya dapat membuat postingan diary game, usaha (bisnis) yang sedang saya lakukan, dan lain sebagainya.

Untuk sekarang saya akan fokus terhadap komunitas tersebut, namun saya tetap untuk berkunjung kepada komunitas lainnya. Dan saya mencoba untuk lebih aktif kedepannya dengan berbagai macam komunitas.

Demikianlah ulasan saya mengenai Achievement 6 ini, semoga terjawab semua pertanyaan yang telah diberikan oleh tim steemit. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi saya sendiri dan bagi teman-teman sekalian.

Salam hangat dari saya @elweyraiser

Salam hormat saya kepada Tim Steemit dan Tim Greeter Helper,
@steemcurator01
@steemcurator03
@radjasalman
@irawandedy
@heriadi

Sort:  

Selamat tugas pencapaian 6 ini telah di verifikasi, harap menulis postingan tugas kompilasi di komunitas pendatang baru sebagai tugas terakhir dalam program prestasi pendatang baru

 2 years ago 

Bagaimana dengan kurasi postingan ini bg @heriadi ?

Kami mohon maaf 🙏karena kami melewatkan kurasi posting pencapaian ini, saya telah upvote posting Anda (https://steemit.com/hive-161179/@elweyraiser/my-childhood-favorite-anime-or-cartoon-character-fairy-tail-or-delegate-50-steem-power) untuk mengejar ketinggalan vote.

Salam @heriadi

Coin Marketplace

STEEM 0.21
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 67096.35
ETH 3509.27
USDT 1.00
SBD 3.22