Achievement 1: Introduction by @choccomagma Lebih Dekat dengan Nanad Yuk

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

PicsArt_05-25-12.24.24.jpg
Haii, Nanad di sini:)

Bismillah, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Hai, Steemian.

Kita kenalan dulu ya. Saya Nadiati Husna. Biasanya orang yang baru kenal manggilnya Nadia. Kalau mau akrab ya panggilnya Nanad saja. Saya gadis Minang kelahiran Pariaman, 18 September hampir 19 tahun yang lalu. Domisili di Kabupaten Padang Pariaman, tepatnya di ujung Kecamatan Sungai Limau Provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Saya merupakan alumni SMA N 2 Pariaman tamatan 2020 dan sedang melanjutkan pendidikan S1 jurusan Sastra Indonesia Universitas Andalas. Sebenarnya saya lebih menaruh minat dan ketertarikan dibidang jurnalistik ketimbang sastra. Untuk itulah selain kesibukan kuliah, saya juga aktif bergerak di bidang jurnalistik fakultas di kampus. Menulis dan melaporkan berita merupakan hobi yang sedang saya usakan menjadi passion ke depan. Media cetak seperti koran dan majalah merupakan incaran saya dari dulu. Meski begitu, saya kurang menyukai dan menghindari menulis tentang hal yang berbau politik. Entah kurang menaruh minat di sana, atau saya yang memang susah memahami segala hal berbau politik. Saya sadar, ketika ingin mendalami ilmu jurnalistik kita memang harus paham mengolah berita dengan segala jenis modelnya. Itulah yang sedang saya usahakan pula sekarang.

Untuk membantu dan mengasah kemampuan di bidang kepenulisan, awalnya saya bergabung dalam Sanggar Bahasa dan Sastra (Klub Sahara) tahun 2017 lalu, sekaligus yang menyadarkan saya bahwa 'ini tuh gue banget'. Disusul awal tahun 2020 dibentuknya Pelita Dwipa yang merupakan ekstrakulikuler sastra pertama di SMAN 2 Pariaman dan saya tergabung pula di dalamnya.

IMG-20181028-WA0031.jpg
(Ini lhoo anak-anak Sahara itu, belum semua ya, hehe)

Lalu, bagaimana dengan kemampuan saya di bidang sastra? Tentu sebagai mahasiswa sastra perihal menulis merupakan kemampuan yang rasanya harus dimiliki setiap mahasiswanya. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir semenjak saya mulai menyukai dunia sastra, saya lebih sering mengikuti pembukuan karya bersama. Diawali dengan pembukuan pertama bersama anggota Klub Sahara di awal bergabung tahun 2017, antalogi puisi 'Jejak Waktu' tahun 2019, antalogi kisah inspiratif 'Yang Tak Pernah Kehilangan Candu pada Buku' tahun 2020.

Beberapa kesempatan perlombaan saya ikuti dan kebanyakan secara online. Tak jarang tulisan saya gugur dalam seleksi. Namun tak mematahkan semangat saya untuk menulis, perihal menang merupakan bonus atas segala usaha. Pengalaman dan semangat berkompetisi lah yang menjadi poin penting mengapa kita harus terus mengejar apa yang kita perjuangkan.

IMG-20191103-WA0046.jpg
(Alhamdulillah ada kenang-kenangan buat sekolah:), maaf ya burik karena fotonya udah malam)

Untuk buku ataupun bahan bacaan, saya tidak memiliki patokan harus menyukai tulisan fiksi saja ataupun non-fiksi saja. Bacaan saya terkadang menuruti apa yang rasanya bagus untuk dibaca. Saya membaca novel, kumpulan puisi, beberapa buku psikologi, terkadang buku-buku motivasi, sedikit filsafat, dsb.

Selain dunia kepenulisan ada minat yang tak banyak orang lain tau tentang saya, untuk pertama kalinya saya terang-terangan di sini. Awal memasuki kuliah sepertinya waktu yang pas bagi seorang mahasiswa untuk giat-giatnya mengasah bakat dan kemampuan mereka dalam mempersiapkan kehidupan luar kampus. Beberapa bulan belakangan saya mulai menaruh ketertarikan di bidang multimedia, seperti editing dan design. Meski masih pemula, saya sangat antusias sekali jika belajar mengedit dan ngedesain. Saya pikir di era sekarang memiliki kemampuan atau softskill dibidang multimedia merupakan suatu keharusan. Selain menambah keahlian juga mempermudah pekerjaan yang pastinya akan terpakai.

Tak ingin menyia-nyiakan minat saya dibidang kepenulisan tadi, bergabung di Steemit merupakan salah bentuk pengaplikasian ilmu menulis yang saya dapat dari pengalaman sebelumnya. Untuk pertama kalinya sekaligus pengalaman pertama saya mengenal Steemit, crypto, dsb. oleh orang-orang kreatif pemuda/i Pariaman 03 Mei lalu, colek dulu hehe @naufal @goresanpenaanfal, dan tentunya bersama-sama melangkah dengan Klub Sahara.

IMG-20210503-WA0040.jpg
(Potret pertemuan pertama dan pengenalan Steemit sekaligus buka bersama Klub Sahara)

Selain menulis menjadi hobi, saya tau menulis bisa menjadi bahan untuk menambah penghasilan atau ekonomi. Steemit sepertinya perpaduan yang asik antara saya yang suka menulis dengan bonusnya kita bisa menghasilkan uang.

Saya akan menikmati Steemit sebagai media untuk berbagi berbagai jenis cerita dan pengalaman menarik versi saya sendiri. Membagikan momen-momen yang unik dan seru, serta mencari ide ataupun pengalaman melalui bacaan teman-teman di sini.

Semoga saja ada banyak teman-teman yang saya temukan yang memiliki minat dan ketertarikan yang sama dibidang kepenulisan serta multimedia. Saya pun ingin menjadikan Steemit salah satu wadah untuk menampung hasil tulisan saya untuk bisa dinikmati publik nantinya. Harapan saya tentu bisa benar-benar konsisten dan berproses di sini. Apalagi masih awal-awal itu sangat membutuhkan dukungan dan ilmu dari orang-orang terdekat yang sedikit banyaknya memengaruhi saya dari luar. Akan ada nantinya saya temukan diri sendiri merasa jatuh dan kesulitan dalam berproses, karena sejatinya tidak ada hasil yang maksimal untuk usaha yang minimal. Hasil akan sangat berbanding lurus dengan proses. Saya memercayai jika ada hasil yang mengkhianati proses, berarti ada yang salah dengan proses ketika mencapainya.
"...Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya...." [QS. 73:20].

Mungkin sekian dulu ya, Steemian. Terima kasih sudah menyempatkan diri membaca tulisan perkenalan saya. Ayo kita sama-sama berkarya dan juga.... Mohon bimbingannya;).

Wassalamualaikum.

Sort:  

Hai @choccomagma
Selamat datang di Komunitas Steemit ♨️ Tugas Anda telah di periksa dan di verifikasi oleh Tim Greeter Indonesia🇮🇩 dan Anda dapat melanjutkan ke tugas Achivement 2. Untuk panduan penulisan Achivement 2 dapat Anda lihat di sini 👉 Panduan Penulisan Achievement 2
Terimakasih

Greeting @heriadi

Curators Note : Rate 3

Gunakan #tag baru, baca Attention : Penggunaan Tagar (tag) Khusus Untuk Newcomers Indonesia

 3 years ago 

Selamat bergabung di steemit, semangaaattt 💪🏻

 3 years ago 

selamat bergabung di steemit @choccomagma enjoy your day with steemit

 3 years ago 

Terima kasihh^^

 3 years ago 

Selamat bergabung @choccomagma..

 3 years ago 

Makasii Kak Nila ^^

 3 years ago 

Congrats. Ahlan wasahlan. Semoga bisa betah di Steemit @choccomagma 💕

 3 years ago 

🔥✊✊

 3 years ago 

Selamat bergabung kak 😊

 3 years ago 

Terima kasih Kak Arini^^

 3 years ago 

Hey I am Founder Of :

Open The World Community.


Your post is really good in steemit platform.

I appreciate your great work✅

So I invite you to my community because you make awesome post in steemit I will support your post in our community so come here & make post as you like anything.

Hey my dear friend, how are you, I hope you're fine & you need more vote & money in steemit if you need " we have a new community name Open The World.

If you need more vote please come our community & make post (photography,The dairy game,Movie review, Science,Daily life, Story & if you like anything)

The steemit team said us that if we have active user then they will give us community or booming Support, so if you Wanna booming support then please come to our community & subscribe this community,vote and post here..you will get booming support within e very short time.

& We will try to give vote every quality post in this community, So I hope you will check our new community.

This community is open to all Steemian ❤️

Subscribe Click this link below :

https://steemit.com/trending/hive-151614

 3 years ago 

Selamat datang dan selamat bergabung di Steemit Nanad

Selamat datang di komunitas Steem @choccomagma!
Kami sangat berharap Anda menemukan semua yang Anda cari dan telah menemukan rumah baru di sini.

Tujuh saran untuk dipertimbangkan:

  1. Lindungi sandi Anda dengan hati-hati, dan hanya terbitkan dengan kunci postingan,
  2. Gunakan kunci aktif Anda hanya untuk transaksi dompet, gantungan kunci dan Keychain,
  3. Sandi pemilik hanya digunakan untuk menyetel ulang sandi yang disusupi,
  4. JANGAN kehilangan password Anda; salin dan simpan offline,
  5. Jangan mempublikasikan karya orang lain, baik itu foto atau tulisan, tanpa kredit, dan pastikan untuk menjadi sumber semua karya Anda, meskipun itu milik Anda sendiri.
  6. Sebuah tag perkenalan diri hanya digunakan sekali, dan
  7. Jangan Tidak membuka link di memo atau komentar yang Anda tidak tahu siapa pemiliknya. Jika kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin itu benar, begitu pepatah lama. Tidak ada yang gratis di sini.

Saya menemukan Anda karena @brittandjosie dan @jamerussell dari @heyhaveyamet mempresentasikan dan mempromosikan publikasi Anda untuk mendapatkan lebih banyak eksposur dan membantu Anda tumbuh lebih cepat.

Jika Anda merasa kewalahan dan membutuhkan bimbingan, atau jika Anda memiliki pertanyaan, tersedia Steemian yang dapat membantu Anda; Anda dapat mengklik untuk pergi ke The Terminal in Discord di sini:



Selamat bersenang-senang dan selamat, Steeming!

halo @choccomagma, penulisan achievement 1 sudah bagus tapi ada beberapa hal yang perlu di tambahkan agar mendapat nilai tinggi silakan panduan ini : https://steemit.com/hive-172186/@radjasalman/panduan-perkenalan-achievement-1-bagi-pendatang-baru

harap balas komentar ini jika sudah menambahkan beberapa poin dalam panduan tersebut agar saya memberi penilaian dan memverifikasi tugas achievement nya

Terimakasih

Salam @heriadi

 3 years ago 

Terima kasih sudah mengingatkan, sudah saya tambahkan. @heriadi 🙏🙏

Tolong masukkan :
Saya mengenal steemit dari teman saya @namaakun

Sayang kalau mendapat nilai 2 kalau langsung saya verifikasi, krn tulisanya sudah bagus seharusnya dapat nilai 3 untuk kurasi 5$

 3 years ago 

Baik, Pak. Sudah saya masukkan, Pak @heriadi

Coin Marketplace

STEEM 0.25
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 63202.55
ETH 3085.17
USDT 1.00
SBD 3.85