Achievement2 dari @cekbram Tugas : Basic Security on Steem

in Newcomers' Community2 years ago

IMG_1664529077505.jpg

Alhamdulillah setelah saya memperkenalkan diri dan menyelesaikan achievement1 saya di newcomers community, sekarang saya di arahkan oleh greeter @radjasalman untuk tahap berikutnya, yaitu harus menyelesaikan achievement2 sesuai dengan kutipan yang dirangkum oleh akun @cryptokannon

Di sini. Saya akan menjelaskan bagaimana cara saya menjaga akun saya agar tetap aman.
Dan saya akan menjelaskan juga mengenai apa fungsi dan kegunaan dari kata sandi masing2 yang sudah saya dapatkan sebelumnya.

Sebelumnya, tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada senior steemian semua, saya menginginkan sedikit banyak rujukan atau bimbingan agar postingan saya ini mendapatkan dukungan dari steemian semua.

Oke langsung saja mari kita masuk dalam pembahasannya...
Pada umumnya, setelah kita mendaftar akun di @steemit, secara langsung kita di berikan beberapa kata sandi oleh pihak steemit dalam bentuk "pdf" Untuk memudahkan kita dalam menyimpan kata sandi tersebut. Karna kata sandi tersebut akan kita gunakan nantinya pada saat kita login, transfer steem juga lain sebagainya.

*Untuk pertanyaan yang pertama.
(Apakah saya sudah mendapatkan semua kata kunci saya di steemit?

IYA.... saya sudah mendapatkannya di awal pertama kali saya berhasil mendaftarkan akun saya @cekbram di steemit. Sandi yang di berikan adalah meliputi.

  1. Master key
  2. Owner key
  3. Posting key
  4. Active key, dan
  5. Memo key

IMG_1664535036408.jpg

  • Untuk pertanyaan ke- 2.
    (Apakah saya tahu masing masing fungsi dan batasan utama ini?)
    Di sini saya akan menjelaskan sedikit tentang masing-masing fungsi dari kata kunci yang sudah saya dapatkan. Dan akan saya jelaskan satu persatu agar mudah untuk di pahami.

Inilah fungsi dari masing-masing kata kunci tersebut :

A. Private posting key.

Sesuai namanya. Private posting key, tentu kegunaannya adalah kata kunci agar saya bisa login ke akun saya untuk membagikan postingan, berkomentar dan memberikan jejak pendapat dalam blog saya, mengedit dan memberikan vote atau bahkan untuk mengikuti akun lain. Dengan kata lain, private posting key adalah, kunci yang pertama kali yang saya gunakan dalam ber steemit sehari- hari.

B. Private Active key

Untuk kata sandi yang satu ini, yaitu kata sandi Active key saya gunakan untuk tugas saya yang bersifat sangat sensitif, kenapa begitu, di karenakan kata sandi yang satu ini adalah kata sandi yang saya gunakan pada saat melakukan tugas seperti melakukan power-up, kemudian ketika saya mentransfer dana, mengganti foto profil saya. Dan tugas lainnya yang bersifat sangat pribadi.

C. Private owner key

Untuk kata sandi owner key saya hanya menggunakan pada saat-saat tertentu saja. Karna ini sandi yang paling kuat diantara semua sandi, jadi saya sangat berhati_hati dalam menggunakannya. Karna dengan sandi owner key ini kita dapat mengubah sandi/kata kunci yang lainnya.

D. Memo key
Dan kata sandi ini saya gunakan untuk mendekripsikan memo pada saat mentransfer dana saya.
Demikian beberapa fungsi utama dari masing-masing kata sandi.

*untuk pertanyaan ke -3
(Bagaimana cara saya berencana menyimpan kata sandi master key saya?)

Pada tahapan kali ini, sebagai bentuk antisipasi saya dalam mencegah hal-hal yang tidak saya inginkan, terutama dari pihak yang tidak bertanggung jawab, saya tidak menyimpan kata sandi saya secara online. Karna biasanya sesuatu yang bersifat online itu mudah di retas. Oleh sebab itu kata sandi yang sudah saya dapatkan saya simpan di dalam flashdisk yang jarang saya gunakan di pc/komputer atau pada laptop yang sering orang pakai. Seperti tempat rental, karena rentan masuk virus.
Kemudian, sebagai langkah keduanya saya sudah menyimpannya di kertas dengan cara saya print. Agar nanti mudah untuk di scant ulang.

*untuk pertanyaan ke-4
Apakah saya tahu bagaimana cara mentransfer steem saya ke akun lain.

IYA..... Setelah saya membaca beberapa artikel dari pengguna steemit lain yang sudah berpengalam di steemit, dan saya juga belajar di beberapa channel youtube yang membahas seputar steemit akhirnya saya mengerti beberapa hal dalam bersteemit, salah satunya adalah bagaimana cara mentransfer steem ke akun lain. Dan saya berhasil melakukannya.

Ini adalah bukti transfer steem ke akun lain
IMG_1664548273076.jpg

Dan untuk pertanyaan terakhir /ke -5
(Apakah saya tahu cara Power-up/down steem saya?)
Ya saya sudah mempelajari dan melakukanya.ini adalah buktinya yang saya screenshot.

IMG_1664550029571.jpg

Demikian tentang achievement2 yang saya tulis, dan sedikit banyak saya sudah mempelajari mengenai fungsi dari masing-masing sandi dan juga hal yang akan saya lakukan ketika sandi saya hilang. Alhasil, saya yakin. Saya sudah menyiapkan itu semua.
Saya @cekbram

IMG20220930220701.jpg

Inilah achievement2 saya.
Terimakasih banyak yang sudah membantu dan membimbing saya.

Sort:  

Terimakasih telah menyelesaikan tugas achievement 2, silahkan melanjutkan ke tugas achievement berikutnya.
R2

 2 years ago 

Terimaksih banyak @radjasalman.
Boleh kirimkan saya link untuk panduannya bg.

Hi, @cekbram,

Your post has been supported by @radjasalman from the Steem Greeter Team.

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 67974.72
ETH 3841.39
USDT 1.00
SBD 3.74