Achievement 2 @bangneo Tugas: Basic Security on Steem

in Newcomers' Community3 years ago

3zpz8WQe4SNGWd7TzozjPgq3rggennavDx3XPY35pEAVnq1HT8VsfCmcdmVs8tpN9kun3F77aT8AhetqYAKVbm3XnLmshMSb9ZMGRgyTFeia6GD2rKkTFaLsfamYCMojQk9MHV2er1Dm8S85Ahm8.jpeg

source

Halo sahabat steemians semua, apa kabar?
Setelah beberapa hari yang lalu saya sudah menyelesaikan tantangan Newcomers yang pertama tentang Achievement 1 Introduce, maka di kesempatan kali ini saya akan melanjutkan tantangan yang kedua yaitu achievement 2 tentang Basic Scurity on Steem atau Keamanan Dasar Pada Steemit.

Keamanan yang ada pada Steemit terdiri dari beberapa rangkaian yang berbeda, yaitu:

  • Master Key
  • Owner Key
  • Aktif Key
  • Posting Key
  • Memo Key

1. Apakah saya sudah mendapatkan semua kunci yang ada di Steemit?

Jawaban: Yeah! Saya sudah mendapatkan semuanya, baik itu Master Key, Owner Key, Aktif Key, Posting Key maupun Memo Key.

2. Apakah saya sudah mengatahui fungsi dan batasan utama dari semua kunci ini?

jawaban: Yeah! Saya sudah mengatahui semuanya.

2N61tyyncFaFVtpM8rCsJzDgecVMtkz4jpzBsszXjhqan9w6LUrCL9sTnj67jsoQh7ZhPMDaYRTn1C9PhERgv3qQK6RD2W7WMzGicQa1EJacYGYTQzWKF4f6bEKgMEG1gTQKiAJ1gpwQ.jpeg

source

  • Master Key

Master Key adalah kunci yang kita dapatkan saat pertama kali mendaftarkan steemit, yang berfungsi untuk menemukan semua kunci-kunci yang lain.

  • Owner Key

Adalah kunci yang sangat penting dan kuat, karna bisa digunakan untuk mengubah atau memulihkan semua kunci yang lain, disaat terjadi penyesupan akun kita guys.

Jika kunci ini hilang atau diambil oleh orang lain maka akun kita juga akan hilang dan aset kitapun juga akan dicuri oleh orang lain. Jadi kita harus menyimpan kunci ini ditempat paling aman dan rahasia guys.

  • Aktif Key

Kunci yang satu ini berfungsi untuk melakukan power up/down, pentransferan dana, mengkonversi Steem Dolar, memperbaharui profil dan gambar dan juga untuk memberikan suara untuk witness.

  • Posting Key

Kunci ini tidak bisa di gunakan untuk memoneter, jadi jangan takut jika kunci ini di ambil orang lain karna tidak berpengaruh pada aset anda. Kunci ini hanya berfungsi untuk jejaringan sosial saja, seperti memposting, mengedit, memberikan suara dan follow/unfollow terhadap akun lain.

Namun kunci ini juga bisa di gunakan untuk masuk ke jejaring sosial lain yang didukung Steem seperti Busy, esteem, Dan Steemit.

  • Memo Key

Jika kita ingin melakukan pendekripsian pesan pribadi yang dikirim melalui blockchain, maka kita bisa menggunakan Kunci Memo ini.

3. Bagaimana saya berencana menyimpan Master Key saya?

jawaban: saya sudah menyimpannya di tempat paling rahasia yang hanya saya sendiri yang mengetahuinya jadi saya tidak akan membocorkannya di sini.

4. Cara melakukan pentransferan STEEM ke akun lain

Untuk melakukan transfer Steem ke akun lain, kita memerlukan Aktif Key.
Caranya: kita buka Wallet
Klik pada panah kecil yang mengarah kebawa, klik transfer setelah itu isi nama akun penerima, dan jumlah yang akan di transfer dan yang terakhir klik next.
Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini.

PicsArt_06-09-10.54.05.jpg

5. Cara melakukan Power up/down STEEM

Sebenarnya ini hampir mirip dengan cara pentransferan yang sudah saya sebutkan tadi, namu disini kita harus memilih Power UP pada tanda panah kecil menu Steem, dan untuk melakukan Power Down klik pada tanda panah menu Steem Power dan geser tanda bulat kesamping kanan untuk berapa jumlah Steem Power yang ingin kita Power Down. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

PicsArt_06-09-11.22.53.jpg

PicsArt_06-09-11.21.56.jpg

Semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk para steemians pemula semua terutama untuk saya pribadi.

Sort:  
 3 years ago 

Hi, @bangneo,

Your post has been supported by @tocho2 from the Steem Greeter Team.

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 59056.49
ETH 2597.22
USDT 1.00
SBD 2.44