Achievement 2 by @ayupermatasari Tugas : Basic Security On Steem

in Newcomers' Community3 years ago


NV_0298_Marston_Social.jpg

Sumber


Assalamualaikum steemians. Tugas pertama saya berupa postingan perkenalan diri telah diverifikasi dan saya diminta membuat tugas kedua ini. Alhamdulillah hari ini hari Minggu dan saya bisa mencicil pengerjaan tugas kedua ini sedikit demi sedikit. Setelah saya baca panduan yang dikirimkan oleh Pak @heriadi saya langsung mencoba membuatnya. Mari kita eksekusi !


Jujur saya sedikit bingung diawal setelah selesai membuat akun. Ternyata saya mendapatkan banyak sekali password yang panjang dan sudah pasti akan susah diingat. Setelah saya tanyakan ke @fajrihasan12 dan mendapatkan penjelasan darinya barulah saya paham bahwa memang luar biasa platform Steemit ini dalam melindungi akun penggunanya. Sekarang tugas kita untuk bisa memahami setiap fungsi dari passsword tersebut serta menjaga semua password tersebut dengan baik. Baiklah, saya akan mulai mendeskripsikan apa yang saya pahami dari Basic Security System On Steemit ini.


  • Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci (password) di Steemit ?

Benar sekali, setelah selesai membuat akun dan masuk kedalam akun saya semua password tersebut sudah terasedia dan siap digunakan untuk beraktivitas dalam Steemit. Cara menemukannya masuk ke "Wallet" dan LOG IN menggunakan ACTIVE KEY kamu yang bisa kamu dapatkan dalam PDF berisikan semua password. Posisi semua password itu adalah seperti gambar dibawah



Posisi kunci.JPG

Semua pasword kita ada disini


  • Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan pasword - password tersebut?

POSTING KEY. Kunci ini digunakan untuk melakukan aktivitas yang mungkin paling sering dilakukan yaitu membuat postingan, memberikan vote, mem-follow akun lain / unfollow akun lain serta berkomentar / membalas komentar. Tampilannya sepeti gambar dibawah ini.



Posting key.JPG

Tampilan Posting Key saya


ACTIVE KEY. Kunci ini berfungsi ketika kita akan melakukan aktivitas pengaktifan wallet seperti melakukan transfer steem, transfer dana, power up / down, menukarkan SBD menjadi uang, mengatur vote untuk witness, mengupdate profil. Sudah jelas kunci ini sangat penting karena berkaitan dengan WALLET kita. Tampilannya seperti gambar ini.



Active Key.JPG

Tampilan Active Key saya


OWNER KEY. Ini adalah kunci super yang bisa digunakan untuk mengganti semua password bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi semoga tidak terjadi dan kita harus menyimpan dengan baik kerahasiaan semua kunci-kunci ini, termasuk siowner key ini sendiri. Keberadaan kunci ini ditunjukan oleh gambar dibawah



owner key.JPG

Tampilan Owner key saya


MEMO KEY. Kunci ini digunakan untuk menuliskan sesuatu atau pesan atau memo ketika kita melakukan transfer dana misalkan kepada akun lain. Sehingga akan muncul pada penerima dana bahwa dana ini dari siapa dan untuk apa. Kira-kira mirip kita mentransfer uang antar rekening Bank. Tampilan Memo Key ditunjukan oleh gambar berikut



Memo Key.JPG

Tampilan Memo Key saya


  • Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?

Setelah mendapatkan semua KEY saya langsung membuat keamanan berlapis. Saya menyimpan dan meng-copy semua password itu kebeberapa file dan lokasi penyimpanan. Semoga semuanya aman disana.


  • Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain?

Saya beruntung mendapat panduan dari suami saya @fajrihasan12 tentang cara melakukan transfer STEEM. Awalnya dia mengirimi saya 2 STEEM, lalu menyuruh saya mengirim balik STEEM tersebut sehingga saya bisa langsung PRAKTEK. Langkah pertama, masuk ke wallet. Pada STEEM klik segitiga kecil dan pilih transfer. Lalu masukan nama akun tujuan pengiriman dan besar STEEM yang akan dikirim. Lalu ikuti aja proses selanjutnya dan jangan lupa masukan ACTIVE KEY untuk menyukseskan step ini. Saya jelaskan via gambar dibawah ya, check it out



langkah 1.JPG

saya mendapat kiriman 2 STEEM untuk praktek ini dari @fajrihasan12


langkah 2.JPG

klik segitiga kecil lalu pilih transfer


langkah 3.JPG

Isikan akun penerima, besar STEEM yang akan dikirim dan memo/pesan (saya kembalikan lagi 2 STEEM tadi ke @fajrihasan12)


langkah 4.JPG

Jumlah STEEM saya kembali kebentuk awal setelah praktek mengirim STEEM


  • Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu?

Selain dipandu cara melakukan transfer STEEM, saya juga dipandu cara melakukan power up / down oleh @fajrihasan12. Saya kembali dimodali 2 STEEM untuk bisa MEMPRAKTEKAN langsung langkah-langkah Power Up. Power Up bertujuan agar STEEM POWER (SP) bertambah jumlahnya. Pertama klik lagi segitiga disebelah STEEM, lalu pilih POWER UP, Isikan jumalh STEEM yang akan di POWER UP, kemudian ikuti aja proses selanjutnya. Saya gambarkan prosesnya seperti berikut ini



Kondisi SP awal saya.JPG

STEEM POWER awal saya


klik segitiga kecil dan pilih PU.JPG

klik segitga kecil dan pilih POWER UP


PU saya.JPG

Isikan jumlah STEEM yang akan di POWER UP kan sesuai keinginan kita (saya POWER UP kan semua STEEM yang ada


Hasil akhir.JPG

Hasil akhirnya, STEEM saya menjadi 0.000 dan STEEM POWER menjadi 2.001


Untuk melakukan *POWER DOWN langkahnya sama. Klik saja segitiga kecil pada STEEM POWER, lalu pilih POWER DOWN. Ini berlaku jika anda mau melakukannya, namun disini saya tidak melakukan itu. Berikut saya gambarkan lagi prosesnya.



power down.JPG

Klik segitiga kecil pada STEEM POWER, lalu pilih POWER DOWN jika ingin melakukan ini


Demikianlah Achievement 2 ini saya tuliskan sesuai dengan yang saya pahami dan simpulkan. Semoga apa yang saya jabarkan telah tepat sesuai fungsi dari setiap password. Terimakasih saya ucapkan kepada @fajrihasan12 yang memandu dengan sabar sehingga saya mulai memahami fungsi PASSWORD dan langkah melakukan Transfer STEEM - POWER UP - POWER DOWN.


Terimakasih juga kepada Pak @radjasalman @heriadi yang telah menilai Achievement 1 saya serta memberikan link panduan untuk tugas kedua ini.


Kumpulan Tugas Saya


Achievement 1

Sort:  

Hi i am Sumit one of the team member of Steem Greeter.

I am happy to announce that i have successfully verified your achievement 2 post. Now you are eligible for performing your achievement 3 which is about content etiquettes. You can refer this post for your next task.

Note:

Rate:2

 3 years ago 

thanks you Mr @sumit71428 , I will try to understand it

 3 years ago 

Good ... Pahami dulu panduan tugas ketiga 👍👍👍

 3 years ago 

Ok Sir...

 3 years ago 

Hi, @ayupermatasari,

Your post has been supported by @damithudaya from the Steem Greeter Team.

 3 years ago 

Hi, thank you very much Sir @damithudaya

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 56422.84
ETH 2981.82
USDT 1.00
SBD 2.19