Pencapaian 2 @abdulazizz Tugas: Keamanan Dasar pada Steemit

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

Pencapaian 2 @abdulazizz Tugas: Keamanan Dasar pada Steemit

IMG_20210510_063036.jpg

Steemit merupakan media sosial, atau jejaring sosial dan blogging, yang berbasis sistem blockchain (rantai blok) mata uang digital (cryptocurrency). Dua orang pencetus BitShares, Ned Scott dan Daniel Larimer, menggagas media sosial gaya baru itu lewat Steemit Incorporated yang berkantor pusat di Virginia, Amerika Serikat.

Meski masih banyak hal yang harus diketahui di platform ini, bagi saya cukup beruntung karena ada rekan-rekan steem yang bersedia berbagi ilmu di sana. Pada tahap ini, banyak hal yang masih harus saya pelajari tentang kegunaannya. Namun dengan dukungan teman saya telah mempelajari fitur-fitur penting dari platform ini terutama kunci keamanan. Karenanya, saya beruntung dan berterima kasih kepada para senior yang dengan sabar membimbing dan tanpa henti mendukung kami untuk mencapai tujuan bersama.

Pertanyaan 1
Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di steemit?
Jawaban: iya. Saya mendapat semuanya kunci steemit dari master key (kunci utama steemit), posting key, aktif key, owner key dan memo key. Alhamdulillah saya bisa bermain ke steemit dengan support dari teman-teman steemian. Dalam waktu singkat saya bisa mendownload key yang berupa pdf dan menyimpan nya dengan baik, karena key di steemit Sangat berharga sekali

3zpz8WQe4SNGWd7TzozjPgq3rggennavDx3XPY35pEAVnqFCdc2FCaFNy2Df6cUGEa9T1xhwLDRk77bNbh8xmX5Z4CLX89sMQnx91oWqRpdtNwCaUcRe8SDPfLaWzL5VjLYiZNnRYvo6Us1yKwa6.jpeg

Pertanyaan 2
Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?
Jawaban: iya, saya sudah mempelajari sedikit demi sedikit baik itu referensi dari steemian dan bacaan artikel di kawan kawan steem SEA.
Di steemit kita pasti tahu tentang bagaimana fungsi kunci² tersebut.

•Master key
Merupakan kunci utama dari akun steemit kita. Master key kita dapatkan setelah mendaftar akun steemit dan akun mulai aktif. Jadi segala hal yang mengandung rahasia atau pribadi harus dijaga dengan baik, begitu juga dengan Master key ini.

•Posting key
Posting key ini adalah kunci yang selalu digunakan untuk posting, komentar dan voting. Akses dari posting key sangat terbatas dan berbeda dengan active key. Maka dari itu steemit menyediakan posting key pengganti dari master key (kunci utama steemit). Jadi untuk menjaga lebih aman akun anda gunakan saja posting key untuk berbagi.

•Active key
Active key ada kunci aktif yang bisa digunakan untuk wallet/permision untuk mentransfer steem dan pemesanan di pasar internal market steem. Berbeda kegunaan active key dan posting yang hanya bisa memposting, komentar dan voting. Selain itu active key bisa juga digunakan sebagai posting, komentar, upvote dan bisa juga untuk mentransaksi dari akun wallet anda dan biasa juga bisa dilakukan transaksi ke pihak ke 3.
Itu sebabnya anda harus memahami bahwa ACTIVE KEY juga bukan MASTER KEY yang anda pegang secara utuh, pihak ke 3 terpercaya Steemconnect sudah menjamin akan keamanan penggunaan Active Key, sedangkan Master key ada pada tangan anda.

•Owner key
Owner key adalah kunci pemilik akun dan berbeda dengan Master key yang ada ketika awal mendaftar akun kita dan itu bersifat Rahasia. Sedangkan owner key kunci yang bersifat public yang akan kita gunakan setelah menggunakan Master key, maka dari itu kita akan menggunakan Owner key ini untuk hal bersifat public.

•Memo key
Dari keseluruhan memo key digunakan untuk mengakses tingkat pemograman. Dan jika anda paham dengan blockchain dan API / perkembangan tentang Bitcoin. Bisa menggunakan memo key tersebut. Kemungkinan sedikit bagi kita yang awam tentang pemrograman untuk menggunakan memo key.

Pertanyaan 3
Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?
Jawaban: saya menyimpan semua kata sandi saya di gmail pribadi saya. Karena ada saran juga dari @Sukhoi untuk menyimpan nya dengan aman karena master key sangat berharga terhadap akun kita. Dan juga master key merupakan suatu pondasi akun kita jika pondasi roboh maka Bangunan juga ikut, artinya kita menjaga sebaik-baiknya master key akun steemit.

Screenshot_2021-05-10-05-02-34-29.png

Pertanyaan 4
Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain?
Jawaban : saya perlu mentransfernya ke salah satu orang yang saya percayai, karena dia tahu dan terus memantau dunia cryptocurrency. Yang pertama saya lakukan adalah masuk dengan kunci aktivasi saya untuk mentransfer, lalu masuk ke dompet steem, dan klik menu drop-down.

Klik transfer yang langsung ke tabel dan pilih transfer lalu ketikkan nama akun tujuan transfer, dengan memastikan telah menulis nama pengguna yang benar dan isikan jumlah yang ingin di transfer.

Pertanyaan 5
Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu?
Jawaban: iya saya tau, karena tidak terlalu rumit untuk melakukan power up. Pertama, Anda perlu masuk, langsung ke dompet lalu pilih pada drop-down di samping steem dompet Anda, pilih power up, lalu ketik jumlah yang ingin Anda nyalakan, dan klik OK.
Untuk menunjukkan apresiasi saya, saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar -besarnya kepada semua pihak yang telah ikut sumbangsih ilmu dan pengalaman berharga.
Semoga kita selalu dalam lindungan Allah dan diberikan keberkahan dan hidup.
Thanks for all ❤️

Salam Hormat,
@cryptokannon
@steemitblog
@steemcurator03
@anroja
@radjasalman
@el-nailul
@muzack1
@nazarul
@Sukhoi

Sort:  
 3 years ago 

Sukses terus Tgk

Terimakasih atas support dan bimbigannya Tgk
Semoga kita sama² sukses 😊

 3 years ago 

👍👍👍

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 64400.67
ETH 3506.16
USDT 1.00
SBD 2.53