SEC-S10W4: ''A terrible day of my life''steemCreated with Sketch.

in Steem For Bangladeshlast year

Hai sahabat steemians dimanapun anda berada, apa kabar hari ini? Semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, Aamiin.

IMG_3441.jpeg

Saya merasa sangat berbahagia karena pada minggu ini dan di detik-detik terakhir ini saya berkesempatan meluangkan waktu untuk berpartisipasi dalam tantangan yang diselenggarakan oleh Tim Komunitas Steem For Bangladesh dengan tema : “A Terrible day of my life" yang dipublikasikan oleh @steem4bangladesh.

Kondisi berbahaya selalu mengganggu setiap aktivitas manusia, apa yang terjadi ketika manusia berada dalam situasi yang dapat mengancam kehidupannya? Tentu saja cara yang tepat adalah dengan menggunakan sesuatu yang bisa berguna untuk kelangsungan hidup, sejauh keadaan memungkinkan.

Apa hari yang mengerikan dalam hidupmu? Apa yang terjadi padamu hari itu?

Ada beberapa kali hal yang mengerikan yang pernah terjadi dalam hidup saya, namun disini saya akan menceritakan sebuah peristiwa yang pernah terjadi sangat mengerikan saat konflik bersenjata berkecamuk di negara saya antara pasukan pemerintah Indonesia dengan gerakan Aceh Merdeka. Dimana pada hari tersebut saat berangkat kerja saya terjaring razia atau sweeping dari tentara pemerintah.

Dalam sweeping tersebut ada beberapa orang yang diinterogasi bahkan salah seorang diantaranya langsung ditembak mati karena memberi keterangan berbelit-belit setelah diseret ke semak-semak. Waktu itu saya dituduh sebagai pasukan pro kemerdekaan yang sedang menyamar dan pernah memegang senjata. Sambil berbisik-bisik dengan rekannya pasukan pemerintah mengatakan bahwa saya adalah target yang dicari sesuai informasi yang ada pada mereka berupa foto-foto pelatihan militer pasukan pemberontak dan masuk dalam kategori A1. Dan itu berarti saya harus dilenyapkan atau dibunuh.

IMG_3442.jpeg

Source

Saya menjawab setiap pertanyaan yang mereka ajukan dengan penuh kehatian-hatian dan mengatakan bahwa saya tidak termasuk seperti yang mereka tuduhkan karena kegiatan saya sehari-hari sibuk sebagai tenaga kerja pada satu perusahaan kontruksi. Alhamdulillah, Allah masih memberikan kepada saya umur panjang karena terdengar teriakan salah satu pasukan pemerintah dalam semak-semak di pinggir jalan mengatakan bahwa saya tidak termasuk target yang mereka cari, hanya memiliki kemiripan saja dengan wajah yang ada di foto.

Pernahkah peristiwa mengerikan serupa terjadi berulang kali dalam hidup Anda? Bagaimana Anda menjauhkan diri darinya jika itu terjadi? Dan apakah Anda masih bergidik saat mengingat hari yang mengerikan itu?

Setelah selamat dari peristiwa mengerikan tersebut, beberapa minggu kemudian saya kembali lagi terjaring razia atau sweeping ditempat lain dengan pasukan yang berbeda. Dan ini terjadi setelah baku tembak antara pasukan pemerintah dengan gerilyawan Aceh Merdeka. Saya kembali lagi dituduh sebagai pasukan pemberontak kemerdekaan yang melawan pemerintah kala itu.

Tidak ada kata-kata lain yang keluar dari mulut selain pembelaan diri bahwa saya tidak termasuk dalam pasukan pemberontak yang melawan pemerintah. Untuk menguatkan pernyataan saya tersebut, pasukan pemerintah mengharuskan kepada saya wajib lapor selama satu bulan kedepan tentang keberadaan dan kegiatan saya sehari-hari dan saya pun menyanggupi permintaan tersebut.

IMG_3443.jpeg

Source

Secara manusiawi saya pasti ketakutan dan bergidik bila mengingat hari-hari tersebut karena resikonya adalah kehilangan nyawa.

Pelajaran apa yang telah Anda pelajari dari peristiwa mengerikan dalam hidup Anda itu dan apa yang ingin Anda ceritakan kepada orang lain tentang hal itu?

Dari peristiwa mengerikan tersebut dapat saya ambil pelajaran bahwa pertikaian antara pasukan pemerintah dan pasukan pemberontakan kemerdekaan tidak hanya merenggut korban dari pihak mereka saja namun seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat akan ikut menjadi korban.

IMG_2899.jpeg

Hindari sejauh mungkin tempat-tempat yang sedang terjadi pertikaian agar terhidar dari kejadian-kejadian mengerikan yang akan menimpa kita. Jika terjaring dalam sebuah razia ataupun sweeping usahakan memberi keterangan sejujur-jujurnya jangan berbelit-belit atau berbohong demi keselaman kita sendiri maupun keselamatan bagi orang lain.

Demikian yang dapat saya sampaikan, dan inilah keikutsertaan saya dalam Steemit Engagement Challenge S10W4 tentang: “A Terrible day of my life” Semoga anda menyukainya, sekian dan terima kasih atas waktunya.

Saya turut mengajak dan mengundang teman-teman steemians @teukuipul87 @abialfatih @ridwant @chefdanie agar sudi kiranya berpartisipasi dalam challenge ini :

SEC-S10W4 : A Terrible day of my life

Best Regard,
@yuswadinisam

Steem.png

Melaluli postingan ini saya ingin mengajak sahabat steemians semua untuk mendukung dan memilih @pennsif.witness sebagai witness pada akun steemit anda Klik Disini

Steem.png

About Me

Sort:  

pemaparan yang luar biasa bang...saya juga sedikit ngeri membacanya di cuplikan awal...semoga selalu sukses

 last year 

Terima kasih @teukuipul87 atas tanggapan dan dukungannya

 last year 

Sebuah pengalaman yang benar benar mengerikan. Ini mengingatkan kita pada masa konflik dimana nyawa manusia tidak lagi berharga.
Semoga kejadian ini tidak terulang lagi kedepannya dan kita berharap kedamaian akan terus terjaga dengan baik.
Semoga sukses dalam Tantangan ini my brother..

 last year 

Iya, pengalaman yang mengerikan yang pernah terjadi semoga pengalaman seperti ini tidak terulang kembali. Terima kasih atas tanggapan dan dukungannya

 last year 

Bagi masyarakat Aceh dan pendatang yang hidup dimasa konflik pasti ikut merasakan betapa sulitnya berada dalam situasi yang tidak menentu, posisi masyarakat Aceh lmati kutu" untuk memberikan kepercayaan dam pembelaan diri meskipun tidak terlibat secara politik..

Sukses untuk kontesnya pak.

 last year 

Begitulah keadaan yang pernah dialami oleh sebagian besar masyarakat Aceh pada saat itu. Terima kasih atas tanggapan dan dukungan yang selalu anda berikan pak @ridwant

Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 58705.75
ETH 2588.87
USDT 1.00
SBD 2.45