SEC-S6W2: "I Am a Teacher | Menjadi Guru di Pesantren"steemCreated with Sketch.

in Steem For Bangladeshlast year

PhotoCollage_20221128_150047199.jpg

4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg

I Am a Teacher

Assalamualaikum Sahabatku...

Selamat siang sahabat steemians semuanya dimanapun berada di seluruh dunia.....
Semoga hari ini, Senin 28 November 2022, kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat, dan dapat menjalani berbagai aktivitas yang telah kita rencanakan dengan sukses dan lancar dan tetap semangat serta nikmatilah hidup anda dan menebarkan kebaikan dan manfaat untuk orang lain

Mari terus berkarya di Platform Steemit dan mengikuti setiap sesi Steemit Engagement Challenge Dengan Baik. Siang ini saya ingin mengikuti Steemit Engagement Challenge sesi yang ke enam yang hari ini sudah memasuki Minggu yang kedua yang diselenggarakan oleh komunitas Steem For Bangladesh yang bertema I Am a Teacher

Pendahuluan

Guru merupakan salah satu profesi yang mulia yang ada di seluruh penjuru dunia, kita semua berhutang Budi dengan jasa besar guru yang telah mendidik dan membina kita, mengajarkan kepada kita berbagai ilmu, sehingga kita dapat terus berkembang dan menjadi manusia yang maju dan berguna

Saya menjadi guru adalah cita-cita kecil saya dan merupakan panggilan jiwa saya, sehingga saya rela melakukannya walaupun tidak dibayar sama sekali, Dalam postingan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya menjadi seorang guru dengan berbagai pengalaman, yang saya jalani dengan penuh kebahagiaan dan keikhlasan setiap malam di pesantren Dayah MadinatutDiniyah Babul Huda Desa Meuria Kecamatan Syamtalira Aron, Location

IMG_20220531_194634.jpg

Guru siapa kamu? Apakah Anda mengajar untuk mencari nafkah?

Setiap hari saya bekerja di Kantor Urusan Agama Kecamatan lapang Kabupaten Aceh Utara sebagai seorang pegawai pencatat nikah dan malam harinya saya berprofesi sebagai guru yang mengajarkan ilmu agama kepada anak-anak yang biasa disebut dalam bahasa Indonesia dengan santri yaitu belajar yang khusus belajar ilmu agama di pesantren atau lembaga pendidikan Islam

Murid-murid saya umumnya berumur antara 6 tahun sampai dengan 20 tahun yakni mereka yang masih di sekolah dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas dan malam harinya mereka belajar ilmu agama di pesantren

IMG_20220313_195232.jpg

Saya menjadi guru di pesantren tersebut tidak dalam rangka mencari nafkah karena saya sudah mempunyai pekerjaan tetap tetapi saya hanya ingin mendapatkan pahala dan bermanfaat untuk orang lain dengan menebarkan ilmu dan kebaikan, kami semua para guru yang mengajar di pesantren tersebut tidak mendapatkan upah ataupun gaji karena semuanya dilakukan secara sukarela untuk mendidik anak-anak dengan ilmu agama

IMG_20220313_195221.jpg

Tantangan apa yang pernah Anda hadapi sebagai guru?

Setiap profesi tentu saja mempunyai tantangan masing-masing yang harus siap kita hadapi dan harus kita selesaikan dengan bijaksana menjadi guru, Seperti yang saya rasakan ada tantangan internal yaitu kesibukan saya sendiri yang harus membagi waktu kadang saya merasa lelah setelah seharian bekerja dan malam harinya harus mengajar anak-anak

IMG_20220313_220231.jpg

IMG_20220315_204318.jpg

Sedangkan tantangan dari eksternal atau dari anak-anak murid kami di antaranya adalah kenakalan anak-anak yang malas mengikuti pelajaran, atau mereka yang dari rumah keluar untuk menuju ke pesantren namun dalam kenyataannya mereka tidak ke pesantren malah pergi bermain ke tempat lainnya, atau juga sering terjadi pertengkaran sesama anak-anak yang menjadi murid kami, Hal ini dapat dimaklumi karena umur mereka yang masih belum dewasa

Tantangan lainnya adalah kekurangan fasilitas belajar mengajar seperti ada murid yang tidak sanggup membeli kitab-kitab atau buku untuk mereka pelajari namun semuanya dapat kami atasi karena banyak juga warga yang bersedekah atau bila ada kelebihan uang langsung saya beli untuk kebutuhan para murid agar mereka dapat belajar dengan lebih baik

Bagaimana Anda menciptakan lingkungan belajar yang merangsang dan mendukung?

Seorang guru harus kreatif dan bisa menciptakan lingkungan dan suasana belajar yang merangsang dan mendukung anak-anak untuk giat belajar, untuk menciptakan suasana yang nyaman dalam belajar yang pertama sekali saya memastikan kebersihan tempat Kami belajar, suasana harus nyaman dan jauh dari kebisingan sehingga anak-anak dapat konsentrasi belajar dan menghafal

IMG_20220531_194557.jpg

Dalam mengajar saya juga berusaha untuk santai dan tidak membuat anak takut, tetapi berusaha merangkul mereka agar mereka merasa nyaman dengan gaya saya dalam mengajar, saya juga sering membuat lelucon dan menceritakan cerita yang lucu sehingga suasana belajar menjadi lebih santai dan mereka dapat tertawa tidak tegang dalam belajar

IMG_20220531_194542.jpg

Saya juga membuat kompetisi kecil di antara mereka, membuat lomba dengan memberikan hadiah yang walaupun nilainya tidak besar namun dapat membangkitkan semangat para murid untuk belajar lebih giat dan menghafal pelajaran lebih banyak lagi

Peluang pengembangan profesional apa yang telah Anda kejar untuk meningkatkan praktik mengajar Anda?

Menjadi guru adalah hobi dan panggilan jiwa saya sejak kecil dan saya berkomitmen untuk menjadi guru yang profesional sehingga saya terus belajar, untuk mengembangkan profesionalisme Saya bahkan saya mengikuti kuliah pascasarjana agar kompetensi dan ilmu saya dapat terus meningkat yang dapat saya untuk para murid-murid saya

IMG_20210608_135941.jpg

Selain itu saya juga selalu membaca baik itu buku maupun di Media elektronik lainnya, dan juga menonton video tentang metode pembelajaran terbaru yang lebih efektif dan efisien dalam mendidik anak-anak sehingga semakin hari profesionalisme saya sebagai guru semakin meningkat

Saat ini, pendidikan tinggi sangat mahal. Apa pendapat Anda tentang ini, atau apakah ada alternatif untuk itu?

Memang benar bahwa pendidikan tinggi Saat ini semakin mahal, namun tidak boleh membuat kita putus asa karena pendidikan merupakan jalan untuk mengubah nasib setiap orang, maka harus dipastikan setiap orang memiliki akses pendidikan sampai dengan pendidikan tinggi di berbagai kampus yang memiliki kualitas yang baik

Dalam hal ini Pemerintah berkewajiban untuk menjamin setiap warga negara mendapat pendidikan dan saya kira Hal ini dapat diatasi dengan menggratiskan biaya pendidikan, bagi negara-negara yang memiliki dana yang cukup seperti Indonesia bahkan membuat kebijakan 20% dari anggaran negara untuk pendidikan

IMG_20210608_162739.jpg

Selain itu pemerintah dan juga berbagai pihak lainnya seperti swasta dan perusahaan dapat memberikan pelatihan dan juga membuka Balai Latihan Kerja, dan memberikan beasiswa sebanyak mungkin untuk para mahasiswa sehingga mereka dapat menikmati pendidikan sampai dengan perguruan tinggi agar masa depan mereka semakin cerah

4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg

Demikian postingan saya dengan tema I Am a Teacher, semoga bermanfaat untuk semuanya, terima kasih kepada sahabat semuanya yang berkenan membaca dan memberikan dukungan untuk saya, dan pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengajak rekan-rekan saya @kouba01, @f2i5, @fantvwiki, @waterjoe, @anroja, @ridwant, @radjasalman, @emsonic, @inspiracion, @irawandedy, @fredquantum @nadiaturrina, @sailawana dan lain lain untuk ikut dalam kontes ini

Silahkan buka tautan berikut ini, Link, untuk ikut serta dalam kontes ini

Terimakasih Untuk Admin, Mod dan Seluruh Anggota Steem For Bangladesh dan Sahabat Steemians Semuanya dimanapun Berada

Best Regard,

@abialfatih

Aboutme


4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg


Sort:  
 last year 
CategoryRemarkScore
Verified User1/1
#steemexlusive1/1
Plagiarism Free1/1
Bot Free1/1
Club status2/2
Quality Content2/2
Markdown Style2/2
Total10/10
CategoryRemark
Support #burnsteem25
Voting CSI19.6 ( 0.00 % self, 189 upvotes, 102 accounts, last 7d )
Period (Club Status)8/27/2022 To 11/27/22
Transfer to Vesting1376.074 STEEM
Cash Out0 STEEM
 last year 

Thanks for verification

 last year 

Semoga ilmu yang di ajarkan menjadi ladang amal shalih di akhirat nanti dan bermanfaat bagi para santri nya..
Goodluck untuk kontes nya
I will drop my entry soon

 last year 

Terima kasih atas doa dan dukungannya memang hidup harus bermanfaat untuk semua luar biasa Bunda menjadi seorang guru yang setiap hari mengajar anak-anak pahalanya Pasti sangat banyak sukses selalu untuk bunda @sailawana

 last year 

Aamiin.. sukses juga buat abi..

semangat abi sebagai pengajar.

 last year 

Amin, semua yang kita kerjakan harus semangat.... Kapan pulang kampung?

aminnn,, doa manteng beu sukses abi baroe tawoe u gampong

 last year 

My respect for you brother has increased. Allah infinite mercy will shower upon you for the education you are imparting to the children inshallah. I am fully confident that every child will grow up well in this education. Best of luck for this contest.

 last year 

Alhamdulillah, I am grateful to be a teacher who teaches children religious knowledge, Thank you for your prayers and support. My best regards to you and your family

 last year 

You are doing a great job.🥰 Keep it up my brother.

 last year 

Thank you very much my brother... Wish you all the best

 last year 

What a nice post. I absolutely agree with your point of view teacher should be creative and it helped students more, they creative skill be more flourish in learning environment. Every fields has its own challenge and everyone has to face it for better grow.
Best of luck

 last year 

you are absolutely right a good teacher is a teacher who can make students comfortable and has creativity in teaching, Thank you for your support and attention my best regards to you and your family

 last year 

Pahlawan tanpa tanda jasa. Itulah yang sering kita dengarkan. Apalagi dengan ilmu yang berurusan dengan agama.

Luar biasa @abialfatih

Semoga kontesnya berhasil

 last year 

Amin, terimakasih atas doa dan dukungan yang terus menerus untuk saya..

 last year 

Greetings to you, my friend, for what you are already doing. Teaching the fundamentals of religion has a great reward that is incomparable with material. Regarding everything you wrote about the role of the teacher and your method of teaching, I was impressed by this and your ambition to develop your style is a joyful thing. I wish you success.

 last year 

Thank you for the prayers. Hopefully we can be useful for others, religious knowledge is very important to be taught from an early age to children as a provision for their happy life in this world and the hereafter. My best regards to you and your family my brother...

TEAM 5 CURATORS

This post has been upvoted through steemcurator08. We support quality posts anywhere and with any tags. Curated by: @frafiomatale

 last year 

Thank you very much SC08 and @frafiomatale

My pleasure, greetings 😉👍!

Guru tidak hanya dibidang pendidikan umum, tapi guru juga ada di bidang pendidikan agama. Saya mengenal anda cukup lama dan saya tahu anda adalah guru dibidang agama.

 last year 

Terimakasih tgk... Doakan saya dan kita semua bahagia dunia akhirat

 last year (edited)

Great that you are fulfilled in your work. I have a question for you. Did you always want to become a teacher? Would you change jobs if you could?

Coin Marketplace

STEEM 0.31
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 64852.72
ETH 3178.07
USDT 1.00
SBD 4.20