Steemit Engagement Challenge Season 8-Week 3: "Silver Lining"

png_20230315_142208_0000.jpg

Latar Belakang
Ini Minggu ke-3 saya berpartisipasi di komunitas Steemit Philippines dengan subtema yang menarik perhatian saya. Seperti tema judul Silver Lining yang menjadi istilah kata dalam kehidupan kita sebagai makhluk individu tentunya menarik untuk saya sajikan di sini sebagai kisah yang pernah saya jalani selama ini, pahit dan manis sudah bercampur aduk seperti tepung adonan begitulah yang saya pahami tentang tema ini. Lebih jelasnya saya akan uraikan sebagaimana petunjuk topik ini!

3 My Personal Story

Saya seorang pengusaha di bidang industri perkayuan yang selama ini menjadi sektor utama dalam ekonomi sehari-hari saya yang hampir berjalan lebih dari 10 Tahun. Banyak cerita yang menarik di awa menjadi penerus usaha milik keluarga saya ini, ia walaupun pada saat itu masih dalam pendidikan di salah satu "Universitas Malikussaleh (Unimal)" yang membuat saya sedikit terhambat awal memulai di bisnis saya ini.

Karena menjadi seseorang pengusaha bukanlah perkara yang mudah pada saat itu dengan jurusan yang saya ambil tidak sesuai dengan bisnis yang saya kelola selama ini. Iya, pada masa itu lebih memilih mengambil kuliah di jurusan politik yang menjadi daya tarik sejak masih sekolah menengah atas (SMA). Meskipun jurusan yang saya jalani di masa-masa itu tidak di setujui orang tua saya yang namun keinginan saya tetap pada prinsip diri sendiri karena yang menjalani kehidupan di sini adalah diri saya sendiri meskipun pahit dan manis sudah menjadi racik kan umum yang sering terjadi pada kita.

Teardrops Tahun 2016

Awal tahun 2016 saya kehilangan sosok wanita yang selalu memberikan banyak motivasi dalam kehidupan saya dan dia adalah ibu kandung saya, dia seorang wanita yang tidak pernah lelah dalam memberikan sebuah nasehat agar saya terus semangat dalam jalani kehidupan di dunia ini, baik dalam segi perkuliahan, kerja dan sebagainya! Sejak saat itulah saya merasa hidup saya begitu hampa tanpa lampu lagi dan dari sini saya coba menghidupkan kembali lampu yang sudah lama padam dalam jiwa saya dengan terus mengingat motivasi beliau berikan untuk saya selama ini.

Impact of Covid-19 on my business

Tahun 2019 menjadikan catatan dunia sebagai tragedi wabah virus corona /covid-19 yang mematikan seluruh dunia dan hal ini berdampak pada sektor bisnis, terutama bisnis perkayuan milik saya yang turun angka omset penjualan kayu. Sejak berlakunya Lock down di beberapa di daerah khususnya Indonesia provinsi Aceh yang membuat para pedagang mengalami angka kerugian di sektor bisnis mereka dan hal ini, terus memberikan dampak yang berbahaya ke semua pebisnis khusus dalam usaha saya sendiri yang menurun drastis sejak covid-19.

My valuable lesson

Dari 3 point stories di atas memiliki banyak pelajaran yang berharga yang dapat saya rangkul sebagai kutipan hikmah untuk kedepan-Nya. Seperti poin terakhir mengenai kasus Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia sehingga sebagian Negara mengambil peranan yang begitu ketat untuk mencegah virus agar tidak menyebar lebih luas lagi dan itu sangat positif.

Tapi, hal ini sangat tidak efektif ketika pemerintah memberlakukan langkah tersebut kepada masyarakat terutama untuk mereka yang mendapat tekanan dari sebagian perusahaan dalam melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan hal ini membuat mereka terpuruk dalam ekonomi mereka sehingga pemerintah tidak mengambil sikap dengan profesional yang membuat emosional terhadap mereka yang mendapat keputusan dari perusahaan mereka.

Mungkin akan sangat positif apabila pemerintah dapat mengambil langkah agar tiap karyawan di (PHK) mendapat beberapa uang untuk biaya kehidupan mereka dalam berapa bulan " saya rasa langkah ini sangat efektif apabila pemerintah bisa lakukan hal itu".

Silver lining sharing

Iya pastinya saya membagikan pengalaman yang pernah saya alami seperti yang sudah saya uraikan di atas. Walaupun tidak semua orang akan mendengar jika dalam situasi sulit, Tapi tidak salahnya juga jikalau saya memberikan arahan yang positif kepada mereka dan itupun terlepas untuk mereka dengarkan atau pun tidak ia setidaknya hal ini dapat saya berikan masukan penting kepada mereka yang mendengar nya.

Dan secara tidak langsung saya pernah berada di posisi ini yang pernah diberikan beberapa masukan oleh orang terdekat dan itu dalam situasi yang tidak saya terima. Sehingga seiring berjalan waktu, hal kembali saya ingat dan dari poin yang pernah diberikan dapat saya terima secara pelan-pelan sampai detik ini.

Outlook in 2023

Dari semua kisah pahit yang pernah saya rasakan ia pastinya di tahun 2023 ini dapat menjadi manis meskipun tidak mudah untuk saya lakukan. Namun saya percaya dari segala kemampuan yang saya miliki mampu melakukan lebih baik lagi dari pengalaman yang sudah pernah saya terjadi. Sehingga dapat dijadikan sebagai langkah awal yang baik untuk dapat mengubahnya___ yang penting keyakinan dan pendirian tetap harus teguh pada prinsip.

Kesimpulan
Dapat saya simpul kan dari poin penjelasan saya dalam topik "Silver Lining" yang menjadi pengalaman saya yang pernah terjadi dalam kehidupan saya selama beberapa tahun yang menjadi kisah yang pahit yang saya alami di kehidupan saya. Tapi hal ini dapat mengubah langkah saya lebih baik lagi ketika saya mendengar nasehat dari orang-orang terdekat, Jadi tidak perlu berputus asa dari kisah yang pernah terjadi kepada kita karena tiap-tiap manusia memiliki kisah yang menarik untuk itu Anda dapat mengambil pelajaran berharga dari kisah Anda sendiri.

Dalam tema ini saya pun ingin mengundang rekan steemian dari indonesia untuk meramaikan kontes ini @f2i5 @muzack1 @sailawana.



png_20230225_075727_0000.png

Sebelum Anda meninggalkan postingan ini kami harap Anda telah memberikan dukungan kepada saksi kami @pennsif.witness. Jika Anda belum memberikan vote silahkan kunjungi link Steemworld.org satu suara positif steemians aktif maka harapan besar untuk kami.

Sort:  

Entrepreneurship sometimes moves you towards a lot of profit and sometimes movie your life towards a lot of losses and you have to face both these situations in your life because up and downs are the part of life but when there are losses in your life then behind these losses there are also Silver linings as you have also understood the silver lining behind the losses you have in your life.

Your conclusion reflects your whole article that you want to share with us. You are right that when we realise about the silver lining in our life then we forget all the bitter reality and difficulties that we already faced.

Thank you so much for sharing your 3 extensive stories with us and also concluding all these stories in your beautiful words. You have shared outlook of your next year 2023 in a very good way. Thank you so much again for sharing all these information with us

@afrizalbinalka greetings
Dear friend your silver lining impressed me you started entrepreneur timber business it was not easy as your mother's support was not with you and you felt you have no light in your way.

In life we need the support of our close relationship to move forward, although pandemic situations affected business and lives of everyone.
But you gave a strong message of silver lining is passef and we should listen to others sometimes.
Best wishes

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 64544.47
ETH 3417.27
USDT 1.00
SBD 2.48